Are You a Zetizen?
Show Menu

Menikmati Hari dengan Secangkir Kue

Narendra Mg Narendra Mg 12 Dec 2022
Menikmati Hari  dengan Secangkir Kue

Zetizen-Kalian pasti pernah tiba-tiba ingin makan yang manis-manis. Bingung mau makan apa atau nggak mau ribet siapin bahan dan bikinnya? Tenang, kali ini Zetizen bakal bahas makanan yang bisa jadi solusi craving kamu, lho! Yaps, kue ini lagi trending di platform TikTok. Yuk kita intip, kue apa sih yang lagi heboh saat ini.

Sesuai dengan namanya, kue cangkir adalah kue yang dibuat di dalam cangkir. kue cangkir sedang populer karena mudah dan praktis untuk dibuat. Apalagi, kreasi rasa kue cangkir menarik banget dan nggak terbatas. Banyak food enthusiast yang tertarik untuk mencoba dan membuat kreasi unik dari kue cangkir, bahkan sampai ada yang bikin kue cangkir jadi kue ulang tahunnya, lho!

Ternyata, kue cangkir kali pertama dibuat pada 1900- an. Dulu kue cangkir disebut sebagai ”test cakes” atau kue yang dibuat dengan jumlah sedikit untuk mengecek suhu oven. kue ini semakin populer ketika microwave mulai banyak digunakan di rumah tangga. Popularitas kue cangkir juga nggak terlepas dari konten kreator yang membagikan resep kreasi kue ini.

Bahan untuk membuat kue cangkir mudah didapatkan, bahkan bisa kamu temui di rumah, lho! Kamu hanya perlu menyiapkan cangkir, beberapa bahan dasar, dan microwave. Ada beberapa macam resep kue cangkir. Ada yang menggunakan bahan dasar tepung dan ada yang menggunakan biskuit. Jika menggunakan resep tepung, kamu perlu menyiapkan bahan dasar utama seperti tepung terigu, baking powder, susu, minyak, serta gula, dan sebagai bahan dasar tambahan kamu bisa menambahkan cokelat dan buah-buahan.

Saat ini resep biskuit lebih populer karena kamu hanya membutuhkan biskuit dan susu. Nggak perlu ribet, kamu tinggal mencampurkan bahan dan memasukkannya ke microwave selama 2–3 menit. Jadi deh! Lama microwave memang bergantung dari setiap microwave ya, jadi kamu bisa mencoba sampai berhasil. Eitss, kalau tidak punya microwave, no worries! Kamu bisa mengukusnya kok! Memang resep yang simpel deh pokoknya.

”Menurut aku, bikin kue cangkir itu nggak susah sama sekali, paling yang sulit kumpulin niat buat bikin aja, hehe. Bikin kue cangkir itu seru banget sih, soalnya aku bisa cobain banyak kreasi. Aku sendiri sudah pernahbikin kue cangkir dari biskuit Lotus Biscoff, Oreo, Roma Kelapa, Better, sampai Slai Olai, lho!” ungkap Agustina Fedalia, konten kreator TikTok dan food enthusiast asal Batam. Karena kreasinya itu, video TikTok-nya berhasil mendapatkan banyak penonton. “Oh iya, kuncinya itu jangan kebanyakan susu, tambahkan susu sampai teksturnya kental seperti adonan kue aja. Pasti berhasil,” tambahnya.

Ada beberapa tip nih untuk kamu yang mau coba bikin kue cangkir. Yang pertama, gelas yang disarankan adalah gelas keramik dan aman untuk digunakan di microwave, sebaiknya hindari gelas kaca, ya! Kedua, karena pembuatan kue cangkir nggak pakai telur, kamu bisa menambahkan sedikit baking powder agar kue cangkirmu lebih mengembang. Nggak perlu takut untuk mencoba bikin kue cangkir di rumah, kamu dapat mengikuti resep yang tersedia di berbagai platform. Selamat mencoba! (elv/c12/lai)

Try Another Recipe

Zetizen-Donat yang ukurannya besar sampai kecil pasti sudah nggak asing lagi. Tapi, pernah nggak kamu makan donat di cangkir? Donat ini dikenal dengan nama mugnut atau donut in a mug. Nggak berbeda dari resep donat biasanya, kamu perlu menyiapkan tepung terigu, butter, gula, susu, baking powder, dan satu kuning telur. Setelah semua bahan sudah tercampur rata dan di-microwave, kamu bisa tambahkan selai dan bubuk kayu manis sebagai topping mugnut-mu. Enjoy your dessert! 

Siapa bilang kalau kue cangkir cuman makanan manis, makanan asin seperti pizza ternyata juga bisa dibuat di cangkir, lho. Kamu perlu menyiapkan tepung terigu, baking powder, susu, dan minyak. Kemudian, aduk semua bahan hingga merata dan tambahkan topping saus pizza, sosis, dan keju mozzarella. Setelah dikeluarkan dari microwave, dijamin kelezatan makanan Italia ini bisa kamu nikmati di rumah.

Kue cangkir bisa jadi teman sarapan sehatmu, lho! Perpaduan manis alami dari pisang dengan oat yang kaya serat akan menunjang aktivitas kamu saat pagi. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan ke dalam cangkir, tambahkan dengan oat, tepung terigu, baking powder, dan bubuk kayu manis. Karena pisang sudah manis, kamu hanya perlu menambahkan sedikit gula. Setelah matang, nikmati sarapanmu dan selamat beraktivitas! (elv/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article