Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Hal yang Cuma Ada di Antartika

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 14 Jan 2017
5 Hal yang Cuma Ada di Antartika

Zetizen.com – Sebagai daratan yang ditemukan paling akhir oleh para penjelajah dunia, antartika adalah satu satunya benua yang nyaris nggak tersentuh tangan manusia. Luasnya yang hampir dua kali benua Australia, cuaca yang ekstrim serta minimnya kehidupan membuat antartika sangat terpencil. Meski begitu, antartika punya begitu banyak keindahan dan keadaan alam yang nggak bisa ditemui di wilayah lain Bumi. Contohnya, 5 hal berikut ini.

 

Mc murdo Dry Valley merupakan daratan terkering di bumi (foto:wikimedia)

 

Gurun Terluas di Bumi 

Apa sih gurun terbesar di Dunia? Kalau jawabanmu adalah gurun Sahara, bisa dibilang kamu salah. Soalnya, meski memang Gurun Sahara adalah gurun paling dikenal, gurun terluas justru berada di Antartica. Luasnya mencapai 14,2 juta km2. Jauh lebih luas dari gurun Sahara yang 'hanya 9 juta kilometer peregi'. Nah selain menjadi gurun terluas, di antartika juga ada daratan terkering dibumi yaitu Mc Murdo Dry Valley. Dinamakan demikian karena kelembaban disana sangatlah rendah serta minimnya salju atau lapisan es.

 

meteorite bisa jadi oleh-oleh paling memorable dari sini (foto:sciencefriday)

 

Tempat Paling Mudah Menemukan Meteorite

Meteorite merupakan suatu batuan yang langka berasal dari luar bumi. Nah, jika kamu ingin menemukannya dengan mudah, maka antartika lah yang bisa kamu kunjungi. Pasalnya, disana ada banyak sekali dark meteorites yang hanya tertutup salju dan debu tanpa tertutupi olehe tumbuh-tumbuhan. Beberapa dari meteorite disana terlindungi oleh es dan membuatnya tetap menjadi satu dan tidak berhamburan.

 

Cadangan Fresh Water Terbesar Dunia

Tahukah kamu kalau antartika menyimpan 70% cadangan freshwater alias air tawar dunia? Jika didistribusikan dengan merata, harusnya jumlah air tawar sebanyak itu bisa menghapuskan kekurangan air bersih yang saat ini masih sering terjadi di Dunia. Namun, sayangnya, seluruh air tersebut ternyata berwujud es abadi berketebalan rata-rata 1,6 kilometer yang menutupi 98% luas benua ini. Dan jika es itu meleleh, air laut akan naik setinggi 60 meter, yang berarti, hampir seluruh dataran dunia bakal tenggelam.

 

selain dihuni manusia, Antartica juga dihuni berbagai hewan (foto:iacpublishinglabs )

 

Daratan Es yang Kokoh

Mentang-mentang terdiri dari es yang mengapung, bukan berarti antartika lantas nggak bisa dipijak. ketebalan es yang mencapai berkilo-kilometer bahkan bisa menampung stasiun penelitian hingga kota kecil diatasnya. Nggak heran kalau sekitar 1000 orang tiap tahunnya mondar-mandir ke dan dari benua ini untuk melakukan penelitian. Coba, dimana lagi kamu bisa menemukan es sekuat dan sebesar itu?

 

antartika menjadi spot menikmati aurora terindah (foto:breathtaking-places)

 

Spot aurora di Mana-Mana

Kalau wilayah utara punya aurora Borealis, maka antartika juga nggak mau kalah. aurora Australis yang terkenal indah itu bisa disaksikan hampir sepanjang tahun di benua satu ini. Selain itu, fenomena cahaya kayak Sun Dog pun bisa kamu temui karena es yang begitu banyak memantulkan hampir seluruh sinar matahari yang datang. 

 

Pingin ke antartika? Nah, untuk bisa ke sana, kamu harus pergi ke melbourne terlebih dahulu baru bisa terbang ke sana menggunakan AntarticaFlights. Total, jika dari jakarta kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 25 Juta per orang hanya untuk perginya saja. Jadi, siapa yang ingin liburan anti mainstream?

 

Edited by: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article