Are You a Zetizen?
Show Menu

Yummy! Inilah 5 Makanan Orang Korea Utara

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 16 Feb 2017
Yummy! Inilah 5 Makanan Orang Korea Utara

Zetizen.com – Hal-hal berbau korea utara memang bikin penasaran. Akses keluar-masuk ketat, mau eksplor sendiri dilarang, dan katanya telepon hotel disadap. Tapi, bukan berarti nggak ada yang menarik dari negara yang dipimpin Kim Jong-un ini. Apalagi makanan-makanannya. Apa saja makanan-makanan yang disukai masyarakat Korea Utara?

Injo Gogi Bap

Street food ini populer di kalangan masyarakat bawah Korea Utara. Sebab, saat kelaparan melanda, masyarakat nggak mau ada sisa makanan yang terbuang. Dari situlah injo gogi bap tercipta. Makanan ini diolah dari kedelai sisa yang dijadikan sosis. Saat ini, injo gogi bap disajikan dengan nasi putih dan saus pedas.

Injo Gogi Bap (Foto: vegiare)

Naengmyeon

Mie dingin asal ini merupakan makanan klasik Korea Utara. Saking lawasnya, sampai ada lagu yang berbunyi, ‘‘Naengmyeon, naengmyeon, Pyongyang (ibu kota Korea Utara, Red) naengmyeon!’’ Mie ini terbuat dari gandum hitam yang disajikan dalam air kaldu bening dan dingin. Biasanya, telur, beberapa potong daging, dan saus pedas juga ditambahkan. Para pengantin baru pasti disuruh makan naengmyeon biar langgeng. Menolak makan akan dianggap nggak sopan banget.

Naengmyeon (Foto:earth nutshell)

Soondae

Soondae adalah sosis khas Korea Utara. Sosis ini terbuat dari olahan jahe segar, biji wijen, usus kecil babi atau usus sapi, dan sedikit darah segar sapi atau babi. Oleh karena itu, warnanya sangat gelap. Meski penampilannya nggak oke, rasa soondae sangat gurih dan gampang dipadukan dengan makanan lain. Alhasil, soondae menjadi jajanan kaki lima yang digemari masyarakat Korea Utara.

Soondae (Foto: flickr)

Yubu Chobap

Kalau di Korea Selatan ada gimbap yang bentuknya seperti sushi, di korea utara ada yubu chobap. Makanan ini terdiri dari tofu berisi olahan beras yang dicampur dengan berbagai tambahan seperti cabai dan daging. Selain enak, street food ini menjadi favorit orang korea utara karena harganya sangat terjangkau.

Yubu Chobap (Foto: flickr)

Sinseollo

Sinseollo merupakan shabu-shabu ala korea utara yang cuma bisa ditemukan di Pyongyang. Berarti bisa dibilang sinseollo ini makanan orang kalangan menengah ke atas. Sinseollo terdiri dari sayuran mentah, daging, dan dumpling yang bisa dimasak sendiri dengan bara api dan kuah berkaldu.

Sinseollo (Foto: wikimedia)

Oh ya, orang korea utara juga suka banget makan kimchi. Kimchi sudah dianggap sebagai makanan pokok karena bahannya gampang didapat. Tapi, kimchi ala korea utara jauh lebih pedas dari Korea Selatan.

Mana yang kelihatan paling enak?

Baca juga halaman Zetizen 16 Februari:

  • Rekomendasi tempat makan makanan Korea
  • Cara masak makanan Korea (self-service)
  • Perbandingan makanan Korea dengan makanan sejenisnya

Sumber: Daily Meal | Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article