Are You a Zetizen?
Show Menu

Menakjubkan! Ini Loh 3 Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan!

Menakjubkan! Ini Loh 3 Surga Tersembunyi di Sumatera Selatan!

Zetizen.com - Banyak orang yang waktu ditanya mau liburan kemana, jawabannya nggak jauh-jauh dari Singapura, Maladewa, Jepang, atau Eropa. Emang sih tempat-tempat itu punya pesona alam yang indah. Tapi tahu nggak sih kalau Indonesia juga punya kok wisata alam yang nggak kalah eksotis.

Nggak, bukan cuma Bali, Lombok, Raja Ampat, dan tempat-tempat lainnya yang emang udah terkenal di Indonesia. Kali ini kita akan membahas surga dunia yang ada di Bumi Sriwijaya. Yup, Provinsi Sumatera Selatan!

Provinsi yang terkenal akan Pempek, Jembatan Ampera, dan Kerajaan Sriwijaya ini memiliki segudang tempat eksotis. Yuk, langsung saja kita lihat apa aja tempat eksotis tersebut. Check it out!

 

Danau <a href= Ranau yang indah lengkap dengan gunung Seminung dari kejauhan" width="1200" height="798" />
Danau Ranau yang indah dengan latar Gunung Seminung dari kejauhan (sumber: 4.bg.blogspot.com)

Danau Ranau dan gunung Seminung

Ngomong soal Danau di pulau Sumatera, rasanya kebanyakan orang bakal langsung membayangkan Danau Toba. Padahal ada loh, Danau lain yang nggak kalah indah. Kayak Danau besar nan indah bernama Danau Ranau ini. Danau Ranau terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung, sekitar 7 jam perjalanan dari Kota Palembang. Oh ya,  Danau ini merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba, loh! Kalau kamu kesini, dijamin gak nyesel deh. Soalnya, selaian disuguhi hamparan air tawar yang luas, kamu juga bakal dimanjakan pemandangan gunung Seminung yang tinggi di seberang danau.

Buat kamu yang mau kesini, jangan khawatir masalah akomodasi deh. Di sepanjang pesisir Danau ini udah banyak penginapan maupun wisma. Selain Danau Ranau dan gunung Seminung, kamu juga bisa menikmati pemandangan air terjun, pemandian air panas, dan sebuah pulau bernama Pulau Marisa. Recommended banget buat masuk bucket list mu!

 

 

Kota Pagaralam, kota sejuta pesona (sumber: panduanwisata.id)
Pagaralam, kota sejuta pesona di barat Sumatera Selatan (sumber: panduanwisata.id)

Kota Pagaralam

Puas menikmati keindahan Danau Ranau, sekarang saatnya pindah ke bagian barat Sumatera Selatan, tepatnya Kota Pagaralam. Kota Pagaralam ini merupakan destinasi favorit bagi warga Sumatera Selatan. Soalnya, Pagaralam menyimpan sejuta pesona yang tak akan pernah habis untuk ditelusuri. Mulai dari gunung Dempo, perkebunan teh yang sangat luas, air terjun yang sangat banyak, hingga megalit yang sangat bersejarah.

Untuk mencapai Pagaralam, diperlukan sekitar 6 jam dari Kota Palembang. Oh iya, Kota Pagaralam merupakan salah satu kota yang berkembang di Sumatera Selatan loh. Jadi, jangan khawatir untuk masalah akomodasi. Banyak pilihan penginapan maupun villa di kota yang dijuluki "Kota Besemah" ini.! So, tunggu apa lagi, keindahan Pagaralam menanti kamu sekarang juga!

 

Pulau Maspari, surga tersembunyi Bumi Sriwijaya (sumber: jalan2.com)

Pulau Maspari

Dari segudang pesona Sumatera Selatan, kayaknya tempat ini yang paling sedikit diketahui, bahkan oleh orang Sumsel itu sendiri. Iya, belum banyak yang tahu kalau Sumatera punya pulau kecil yang sangat indah bernama pulau Maspari.

Terletak di pantai timur Sumatera, pulau ini masuk di Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Untuk mencapai pulau ini, perlu waktu setidaknya 6 jam perjalanan air dari Kota Palembang.

Emang lumayan lama sih. Tapi, lamanya perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang menyambut kamu begitu mendarat di pulau ini. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang dihias formasi batuan eksotis di sekelilingnya. Karena letaknya yang belum banyak diketahui, pulau ini juga masih sepi wisatawan. jadi keindahan alamnya benar-benar belum tercemar kehadiran manusia.

 

Nah, kira-kira itu deh 3 tempat wisata super indah yang ada di Sumatera Selatan. Jadi kalau kamu bosan sama tujuan wisata yang itu-itu aja, explore aja Sumatera Selatan! Explore your South Sumatra!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article