Are You a Zetizen?
Show Menu

ODADING, Jajanan Lokal Tak Kalah Viral

Narendra Mg Narendra Mg 18 Jan 2023
ODADING, Jajanan Lokal Tak Kalah Viral

Zetizen-Viralnya Odading Mang Oleh membuat kita bertanya-tanya, makanan apa sih yang katanya bikin kita serasa jadi Iron Man ini? Ternyata setelah diselidiki, odading adalah salah satu jenis kue yang kerap kita temukan di daerah mana pun. Hanya, penyebutannya berbeda-beda bergantung pada daerah tersebut. Dengan cita rasa yang serupa, yuk intip nama lain odading yang tersebar di penjuru Nusantara ini! (c12/lia)

Warga Jogjakarta pasti nggak asing dengan jajanan yang satu ini. Galundeng adalah kue empuk yang terbuat dari tepung terigu. Sama dengan odading, galundeng memiliki tekstur yang crunchy di luar, tetapi tetap lembut di dalam. Dengan harga murah meriah, jajanan ini sangat mudah ditemukan karena kerap dijajakan penjual pinggir jalan.

Iya, odading itu roti goreng! Kue yang kita lihat selalu berdampingan dengan cahkwe. Di Jawa Timur seperti Malang atau Surabaya, warga sekitar menyebut roti berwarna cokelat ini dengan sebutan roti goreng. Dengan cita rasa yang manis serta taburan biji wijen di atasnya, bentuk roti goreng ini cenderung kotak atau memanjang. Biasanya roti goreng juga terlihat lebih gemuk di bagian atasnya. Soal rasa, nggak kalah saing!

Berbeda dengan odading, golang-galing memiliki warna yang sedikit lebih pekat. Ini karena golang-galing memakai gula jawa asli sebagai pembentuk rasa manisnya. Selain itu, walaupun memiliki bahan baku yang sama, jajanan dengan nama lain donat jawa ini merupakan salah satu makanan dengan resep tradisional yang ada sejak zaman dulu, loh. Di resep aslinya, golang-galing tidak dihidangkan dengan taburan wijen. Jika pun ada, itu adalah salah satu bentuk kreasi pembuatnya.

Kue berbentuk kembung ini terkenal dengan nama kue bohong karena tampilan fisiknya yang nggak sesuai dengan ekspektasi. Yap, ketika dimakan, ternyata kue ini dalamnya kosong aka kopong. Karena itulah, masyarakat sekitar menamai kue tersebut dengan nama kue bohong. Padahal, untuk tampilan fisiknya tetap serupa dengan odading kok. Ternyata kue juga bisa bohong, ya. Hihi.

Kalau Jawa Barat punya odading, Manado nggak mau kalah dengan brot gorengnya, loh. Jajanan masa kecil yang satu ini gampang banget untuk dibuat sendiri di rumah. Perbedaan odading dengan brot goreng terletak pada isian kuenya. Karena brot goreng akan lebih nikmat jika diberi isian seperti cokelat atau gula merah di dalamnya. Saat digigit, lumeran isi brot goreng benar-benar bikin nagih deh.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article