Are You a Zetizen?
Show Menu

Suka Mendaki Gunung? Ini Loh 5 Aturan Tak Tertulis yang Wajib Kamu Tahu

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 18 May 2017
Suka Mendaki Gunung? Ini Loh 5 Aturan Tak Tertulis yang Wajib Kamu Tahu

Zetizen.com gunung selalu punya pesona yang mengundang manusia untuk menjelajahinya. Namun, nggak semua yang berkunjung tahu apa yang harus dilakukan. Padahal, tanpa kita sadari cukup banyak peraturan nggak tertulis yang wajib banget kamu taati saat mendaki. Misalnya kayak yang berikut ini nih.

 

 

 

Harus Sabar di Jalur Pendakian

Harus Sabar di Jalur Pendakian

jalur pendakian merupakan tempat yang sangat vital. oleh sebab itu kamu nggak boleh tergesa-gesa dan seenaknya sendiri. (collective evolution)

Mendaki gunun selalu tampak menyenangkan. Namun kamu perlu tahu, bahwa prosesnya itu nggak mudah. Untuk itu, berbagai rute pendakian biasanya udah disiapkan buat mengakomodasi pendaki sampai ke puncak. Masalahnya, dihari-hari tertentu, rute ini bisa jadi sangat ramai.

Bisa ditebak kamu pasti ngerasa nggak bisa menikmati alam dengan tenang. Nah, disinilah kamu diuji. Sebagai pendaki yang baik, kamu harus sabar dan nggak main serobot antar sesama pendaki. Makin nggak boleh lagi kalau kamu memutuskan buat memotong jalan dengan keluar dari jalur pendakian. Wah, kalau sampai kesasar, bisa bahaya loh!

Sumber Air Hanya Untuk Minum

Sumber Air Hanya Untuk Minum

sungai di gunung merupakan sumber air di lingkungan sekitarnya (riderdigest)

Ketika melihat sumber air, umumnya orang akan berpikir untuk masak atau minum. Namun, satu-satunya hal yang diperbolehkan sebenarnya hanya minum. Kamu nggak seharusnya memasak, apalagi berendam atau mencuci peralatanmu di sumber mata air. Sebab, kamu bakal mencemari aliran air itu dengan kotoran yang kamu bawa. Sementara, air tersebut harusnya benar-benar bersih dan murni sehingga bisa dipakai untuk minum.

Bertegur Sapa dengan Pendaki Lain

Bertegur Sapa dengan Pendaki Lain

dengan saling menyapa, kamu akan mengenal sekitarmu dan bahkan kamu bakal sering dibantu (Ryanandnoellaolynyk)

Kebanyakan pendaki pemula mungkin nggak tahu pentingnya bertegur sapa dengan pendaki lain. Padahal, hal ini sebenarnya penting banget. Ketika bertemu pendaki lain, usahakan untuk selalu bertegur sapa. At least, mereka tahu kamu mendaki bersama mereka. 

Ini penting, karena kamu atau mereka sewaktu-waktu bisa aja terjebak keadaan darurat atau malah nyasar di jalur pendakian. Nah kalau kalian udah bertegur sapa, seenggaknya ada orang yang mengerti keberadaan terakhir kamu dan bisa dimintai keterangan oleh petugas SAR.

Buang Air Nggak Boleh Sembarangan

Buang Air Nggak Boleh Sembarangan

kencing dan BAB sembarangan bisa mengganggu pendaki lain (bigfoto)

Meski emang nggak mungkin ada fasilitas toilet yang memadai di sepanjang jalur pendakian, kamu sama sekali nggak dianjurkan untuk buang air kecil atau besar sembarangan. Sebab, hal ini bakal sangat mengganggu pendaki lainnya, apalagi kalau terinjak.

Kalaupun kamu terpaksa, cari lokasi yang cukup jauh dari jalur pendakian dan pastikan kamu mengubur segala hajatmu dengan tanah. 

Jangan Memetik Bunga Edelweis

Jangan Memetik Bunga Edelweis

bunga abadi atau Bunga Edelweis merupakan bunga langka yang tidak boleh dipetik di alam liar (exploregunung)

Dikenal sebagai bunga abadi, Edelweiss cuma bisa tumbuh di ketinggian 2000 meter lebih. Keunikannya inilah yang seringkali bikin para pendaki 'gatal' buat memetik dan membawanya pulang. Sayangnya, keunikannya itu juga membuat Edelweiss termasuk bunga langka yang dilindungi. Jadi kalau kamu memetik, tandanya kamu udah ikut mempercepat kepunahan bunga ini. Jadi, jangan ya!

Source: backpacker,cohiker

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article