Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Macam Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi di Musim Hujan

Nena Zakiah Nena Zakiah 20 Mar 2017
4 Macam Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi di Musim Hujan

Zetizen.com - hujan lagi, hujan lagi. Di musim hujan yang cuacanya nggak menentu kayak sekarang ini, rasanya males banget ya mau kemana-mana. Jangankan travelling ke tempat yang jauh, aktivitas sehari-hari aja sering terganggu gara-gara hujan dan angin kencang yang datang tiba-tiba. Akhirnya, daripada keluar rumah terus kehujanan dan masuk angin, mending selimutan di kasur sambil makan mie instan kuah pedas, ya nggak, Guys?

Wrong! Meski hujan emang enak banget buat anget-angetan di kasur sambil nontonin oppa-oppa Korea yang kece-kece itu, ada hal lain yang nggak kalah seru buat dilakuin, and it is outside. Bukan, bukan hujan-hujanan sambil main bola kayak anak kecil bahagia yang entah kenapa bisa nggak pilek setelahnya itu. Tapi, kamu yang suka travelling harus banget memanfaatkan musim hujan buat mengunjungi tempat-tempat berikut.

 

Daerah Perbukitan

Perbukitan Dieng (Sumber: Embun Pagi)

 

Meksi mendaki gunung emang sangat nggak disarankan saat musim hujan berlangsung, lain lagi ceritanya dengan berkunjung ke perbukitan atau dataran tinggi. Sebab, selain medan yang cenderung lebih aman, musim hujan bakal menyihir daerah perbukitan jadi berkali-kali lipat lebih indah. I mean, come on, Man. Siapa sih yang nggak suka dengan suasana perbukitan?

Pepohonan yang lebat, dedaunan yang rimbun, dipadu dengan udara yang sejuk, selalu menjadi candu bagi banyak orang (udah kayak lagunya aw aw aw ini sih). Anyway, musim penghujan bikin wilayah perbukitan jadi lebih hijau dari musim kemarau. Otomatis, pemandangan pun bakal jadi jauh lebih indah. Belum lagi, bunga-bunga datara tinggi juga bakal banyak bermekaran di musim hujan. Dipadau dengan cahaya mistis pagi hari yang dibiaskan kabut, rasanya kamu nggak bakal nyesal harus sedikit berbasah-basah demi mengunjungi daerah perbukitan ini.

Kamu bisa berkunjung ke daerah Puncak, Bogor (Jawa Barat), dan mengunjungi wana wisata kebun teh gunung Ciliwung, menantang adrenalin dengan paralayang di kawasan Agrowisata gunung Mas, atau sekedar bersantai menikmati hijaunya alam di Taman Bunga Nusantara, Bogor. Kunjungi juga dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dan jelajahi Telaga Warna, danau yang warnanya sering berubah-ubah, menengok keunikan Kawah Sikidang atau menikmati ketinggian di Bukit Seroja.

Di Jawa Timur, mampirlah ke kawasan Tretes, Pasuruan, atau bermain-main di hijaunya Bukit Teletubbies, Bromo. Di Sulawesi Selatan, berkunjunglah ke kawasan dataran tinggi Malino, kabupaten Gowa, dan nikmati magisnya suasana hutan pinus, segarkan pikiran di Lembah Biru, atau nikmati hijaunya kebun teh di Malino Highlands. Worth to visit!

 

Air Terjun

Air Terjun Madakaripura (Sumber: wisata Terbaru)

Menikmati keelokan air terjun ternyata lebih baik saat musim penghujan. Sebab, di musim ini, debit air terjun jauh lebih tinggi. Derasnya air terjun serta sejuknya udara akan membuat pikiranmu segar seketika. Pepohonan yang rimbun dan hijau pun seakan menambah cantik suasana. Namun, berhati-hatilah saat menuju air terjun, karena di beberapa wilayah, jalanan akan menjadi lebih licin, sering ada pohon tumbang dan rawan longsor di musim hujan. Kadang, pengelola air terjun juga bakal melarang pengunjung mendekat karena ancaman banjir. But, saat momennya tepat, air terjun bakal benar-benar indah dan menyegarkan buat disaksikan di musim hujan.

Coba kunjungi air terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo (Jawa Timur), air terjun Grojogan Sewu di Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), ataupun Curug Cikaso, di Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat). Di Kalimantan, ada air terjun Riam Dait, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat serta air terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Let’s visit them!

 

Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Ciater (Sumber: Aneka Tempat Wisata)

 

Gak suka tempat dingin? Yaudah, anget-angetan aja di pemandian air panas. Selain rasanya yang super enak, khasiat berendam di air panas sudah dibuktikan secara ilmiah. Beberapa diantaranya seperti bisa meredakan penyakit arthritis (nyeri sendi), menyembuhkan sakit otot, mengobati ruam kulit hingga menghilangkan stress! Banyak keuntungannya, kan?

Coba datangi pemandian air panas Ciater, Sukabumi (Jawa Barat), air panas Cangar, Batu (Jawa Timur), air panas Candi Umbul, Magelang (Jawa Tengah) atau air panas Cisolong, Pandeglang (Banten). Kalau kalian sedang di Pulau Bali, jangan lupa kunjungi air panas Banyuwedang di Kabupaten Buleleng atau air panas Penatahan di Kabupaten Tabanan. Nikmati air panas menjalari seluruh tubuhmu dan rasakan khasiatnya.

 

Wisata Petik Buah

Kusuma Agrowisata, Batu (Sumber: wisata Terindah)

Mau berwisata sekaligus menyantap buah-buahan segar? Mampir aja ke wisata petik buah dan rasakan sensasi memetik buah langsung dari tanganmu sendiri! wisata petik buah ini rata-rata berada di dataran tinggi, karena iklim dingin lebih cocok untuk menumbuhkan tanaman buah. Selain itu, buah-buahan pun kerapkali dipanen di musim penghujan, jadi cocok banget kalau kita datang di musim tersebut. Nggak cuma itu, kita juga bisa menikmati indahnya panorama dan sejuknya daerah pegunungan sekaligus.

Kunjungi saja Kusuma Agrowisata di Kota Batu (Jawa Timur). Ada berbagai jenis tanaman buah tersedia disini, seperti buah apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi hingga sayur-sayuran hidroponik! Atau datangi Taman Buah Mekarsari di Bogor (Jawa Barat). Berbeda dengan taman buah lain, koleksi buah di Taman Buah Mekarsari lebih condong ke buah-buahan tropis, seperti buah salak, belimbing, jambu, kakao (coklat) hingga buah pala. Untuk penggemar stroberi, kunjungi Bali Outbond and Farmstay di Kabupaten Tabanan atau Kebun Strawberry Ciwidey, Bandung. Let’s do fruit hunting!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article