Are You a Zetizen?
Show Menu

Kesalahan dalam Penyajian Makanan yang Masih Sering Dilakukan

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 24 Feb 2017
Kesalahan dalam Penyajian Makanan yang Masih Sering Dilakukan

Zetizen.com – Selain cara memasak, cara penyajian makanan penting diperhatikan juga, loh. Emang sih nggak mempengaruhi rasa masakan. Tapi, kalau kamu nggak memperhatikan foodgrade, kesehatan kamu bisa berdampak di masa depan! Berikut beberapa cara penyajian makanan yang salah, tapi masih sering dilakukan. Check this out!

 

Memasak Mie dengan Bungkusnya

Di beberapa warung, masih ada pedagang yang merebus mie sekaligus bungkusnya. Alasannya sih sebagai patokan agar porsinya sama. Meskipun kamu tau itu salah, hal tersebut sering dianggap lumrah dan wajar-wajar aja. Padahal dalam bungkus mie tersebut terdapat banyak sekali bahan kimia yang bisa tercampur ke mie kamu dan bikin tubuh kamu dalam bahaya. Hati-hati ya, guys!

 

Foto: Katinilmu

Menggunakan Botol air mineral Berulang

Sadar nggak sih, kalau botol air mineral yang kamu pakai berulang-ulang itu ternyata hal yang salah? Dalam botol air mineral, terdapat tanda '1 pete'. Artinya untuk digunakan dalam sekali pakai saja. Hal ini dikarenakan akan banyak bakteri yang berkembang jika dipakai berulang. Jika digunakan terus menerus, bisa menjadi karsogenik alias pemicu kanker loh!

 

foto: Aliexpress

Gelas Plastik untuk Minuman Panas

Jika kita membeli kopi atau teh panas di pinggir jalan, biasanya penjual akan menggunakan gelas sekali pakai. Fatalnya lagi, mereka menggunakan gelas yang bukan khusus untuk air panas. Melainkan gelas-gelas seperti air mineral ukuran kecil. Padahal, gelas tersebut sangat tidak diperbolehkan digunakan untuk air panas. Itu sebabnya kenapa ketika diberi air panas mereka akan memunculkan putih putih dan akan terkesan kempes. Bahayanya lagi, campuran plastik bisa ikut larut juga loh kedalam minumanmu.

 

Menggunakan styrofoam untuk makanan panas

Siapa yang sering beli nasi goreng atau bakmie menggunakan styrofoam? Ternyata, uap panas yang tercampur dengan styrofoam bisa berbahaya, loh. Contohnya bisa menyebabkan anemia. Styrofoam digolongkan jenis HDPE dan LDPE. Artinya, hanya boleh dipakai sekali dan tidak aman jika bersentuhan dengan makanan langsung. Tapi, karena harganya yang murah dan praktis, styrofoam masih banyak dipakai penjual makanan. Sebagai pengganti, lebih baik menggunakan kertas minyak aja, ya.

Editor: Fanny

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article