Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Pesona Norwegia, Negeri Indah Eropa Utara yang Belum Banyak Dilirik  

Fahri Syadia Fahri Syadia 28 Feb 2017
4 Pesona Norwegia, Negeri Indah Eropa Utara yang Belum Banyak Dilirik   

Zetizen.com - Negara-negara di Eropa memang selalu punya daya tarik wisata. Selain negara-negara yang udah mainstream kayak Inggris, Prancis, atau Belanda, Eropa masih menyimpan destinasi lain yang belum banyak kita tahu. Salah satunya terletak di sisi utara, yaitu negara Norwegia. Negara yang terkenal dengan 'Midnight Sun' ini nggak cuma punya pesona alam yang menarik, tapi juga bangunan-bangunan yang artistik. Kalo kamu punya keinginan ke Norwegia, tempat-tempat ini nggak boleh kamu lewatin!

 

 Hamparan Salju di Tromso

Salah satu event musim dingin di Tromso (Foto: Custom Publish)

Kalau bicara tentang Norwegia, maka yang pertama terbesit tentu saja adalah hamparan salju. Tempat yang menjadi primadona salah satunya di kota Tromso. Tromso terletak di Norwegia utara, yang berarti lebih dekat ke kutub. Makanya kota ini dingin banget hingga mencapai -12º celcius. Selain pemandangan eksotis, ada juga Tromso International Snow Festival tiap bulan Februari. Selain itu, terdapat berbagai festival salju seperti balapan ski serta balapan rusa di arena salju!

 

Northern Light di Tromso (Foto: Jan Holthe)

Selain pemandangan dan aktivitas yang berhubungan dengan salju, Tromso juga menawarkan aktivitas outdoor lainnya. Misalnya fenomena northern lights alias Aurora yang kerap muncul di akhir tahun. Selain itu, Tromso juga punya spot wisata bahari dimana pengunjung dapat menyaksikan ikan paus bermigrasi dan muncul ke permukaan pada bulan Oktober hingga Februari. So, kalo mau ke Tromso pilih ketika musim salju karena banyak event. Dan jangan lupa bawa bekal baju hangat yang banyak yah guys!

 

Tata Kota Artistik di Oslo 

Foto: Multiconsult

 

Pesona Oslo selaku ibukota Norwegia juga nggak bisa diremehkan. Pasalnya, banyak bangunan budaya khas Norwegia yang bisa dinikmati. Sebut aja Gedung Opera Norwegia, National Theatre Oslo, serta National Museum of Art, Archipelago, and Design. Ciri khas Oslo lainnya adalah bangunan-banguannya yang berdesain artistik. Budaya kontemporer juga terwadahi di Oslo. Terbukti banyaknya konser-konser musisi mancanegara yang tentu saja diadakan di ibukota negara ini. Bahkan, Oslo merupakan kota lahirnya salah satu tren musik cadas paling seram, yaitu Black Metal!

The National Theatre (Foto: Thatoneguywhotravles)

Fyi, waktu terbaik buat mengunjungi Oslo adalah ketika musim panas. Soalnya bangunan-bangunan artistiknya bakal kelihatan clear tanpa tertutup salju. Selain itu, berbagai konser musik juga mayoritas diadakan pada musim Panas (pertengahan tahun). So, kehidupan di Oslo bakal bener-bener hidup baik siang maupun malam!

 

Bangunan Klasik di Trondheim

Foto: Live with Julia

 

Trondheim merupakan kota terbesar ketiga di Norwegia. Namun, termasuk salah satu kota yang ikonik dan wajib banget dikunjungi kalau kamu ke negara ini. Selain dijuluki kota pelajar karena dihuni oleh 30.000 lebih siswa, Trondheim juga menjadi tuan rumah event-event rohani terbesar Norwegia. Seperti St. Olav Festival. Di sini juga terdapat salah satu gereja tertua, yakni Catedral Nidaros yang udah berumur 1000 tahun.

Image result for Catedral Nidaros
Catedral Nidaros di Trondheim. Foto: Wanderant

Cara terbaik buat menikmati Trondheim adalah dengan sepeda. Sepeda memang mendapat track khusus dan prioritas pada sepanjang jalanannya. Terlebih, deretan rumah khas Norwegia yang kotak dan berwarna warni pun bakal terbentang di kanan kirimu! Makanya, banyak-banyak olahraga ya sebelum ke sini, biar kuat menjelajah keindahan Trondheim.

 

 Ladang Hijau Vertikal di Geirangerfjord

Foto: Camperreiverslagen

Susah untuk tidak mencantumkan Geirangerfjord ke dalam daftar ini, sesusah mengejanya. Yap, daerah ini mendapat pengakuan dan perlindungan langsung dari UNESCO. Daya tarik utamanya adalah 3 buah air terjun indah, serta tebing-tebing hijau nan terjal di sisinya. Ketika musim dingin, hamparan hijau vertikal itu bisa berubah menjadi dinding salju raksasa yang nggak kalah memukau!

Geirangerfjord ini pun memiliki sajian makanan dan minuman yang amat menarik. Daerah ini memiliki menu kuliner khas misalnya meringues manis serta bir khas Geiranger. Sajian itu bisa dinikmati para turis. Banyak kedai maupun di boathouse di pinggir sungai di sisi tebing yang menyajikannya. Kamu pun bisa menyusuri sungai dengan perahu kayak. 

 

Kota mana yang menjadi faforitmu?

 

Source: Visit Norway, Lonely Planet, Trip Advisor

Editor: Fanny

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article