Are You a Zetizen?
Show Menu

"My Holiday in Baduy"

Dayangku Desia Dayangku Desia 30 Apr 2017
"My Holiday in Baduy"

Entahlah, seharusnya kehidupan ini kita serahkan pada takdir. Takdir tak selalu sama dengan apa yang kita impikan. Terkadang jauh dari keinginan dan membuat kita jatuh ke dalam lubang penderitaan. Sudah banyak mengalami nasib yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. ya beginilah liburan yang belum lama ini di jalannin..

 

liburunan aku begitu hampa ga ada kesan sama sekali, katanya sih liburan nyatanya di sekolah masih ada aja tugas mm.. pada akhirnya karna tugas di sekolah termasuk tugas non-formal "diluar dari jam sekolah" jadi aku putuskan buat berlibur ke rumh saudara aku yang ada di pandeglang. ga lama setelah bernegosiasi ke papa akhirnya papa ga bisa nganterin aku karna masih sibuk dengan pekerjaannya jadi, aku putuskan untuk bawa motor ke pandeglang *Sok bawa motor lu.. blm punya SIM aja udh sok belagu* oke jangankan SIM, KTP aja aku akuin aku blm punya tapi kalo kita ga melanggar rambulalulintas dan keamanan bekendara kenapa engga ? "Untuk bagian bawa motor tolong buat kalian semua yg blm memiliki KTP atau SIM kaya aku tolong tidak untuk di tiru" pada saat itu aku pikir Serang - Pandeglang deket jadi aku bisa bawa motor dan aku itu org yang kayanya keras kepala jadi apa yg aku mau harus aku dapetin jadi ya gitu ..

 

oke next ...

 

aku bawa motor ga seizin papa aku *wah berarti kabur dong !?* aku ga kabur juga karna aku izin mama dan mamaku  juga ngizinin malah ngedukung, dari dukungan mama aku semakin yakin buat bawa motor ke Pnadeglang. saat perjalanan kurang lebih 30 menit atau setara dengan setengah jam aku nyampe di rmh Hani saudara aku akhirnya aku langsung say haii dan penyakit gila aku mulai kumat lagi karna aku sudah bertemu saudara aku "jadi saudara aku ini cermin aku kita sama bedanya kalo aku versi Serang dan dia versi Pandeglang"

 

oke next ..

 

sekitar 5 hari aku nginep di rumah saudaraku, aku di sana kerjaannya Makan Tidur Ngobrol Solat terus menerus seperti itu akhirnya aku bertemu di satu titik di mana perasaanku begitu jenuh yang tadinya aku kira aku ke sana bakal bisa main sama si Haidir "sahabat Hani yang di kenalin ke aku dan akhirnya kita jadi sahabat" ternyata ga jadi main yang awalnya banyak banget planning di kepala aku akhinya ga ada satupun yang terwujud dan akhirnya aku pikir ngapain lama lama di rumah org toh aku gini gini aja, akhirnya aku balik ke kota asal gue yupsss kota Serang, kota kecil yang begitu banyak cerita di dalamnya. sebelum aku plg, aku sempet sms mamaku dulu

 

aku : mak aye pengen balik udh bt di sini kagak ada apa apa bosen

Emak : ente balik kenape ? udh kagak punya uang lagi ye buat jajan makanya balik ?

aku : ya ilah mak .. kagak gitu aye mau balik soalnya kangen emak babeh ..

Emak : yaudah ente balik dah besok, baliknya di atas jam 9 ya biar kagak macet, mama dan papa udh nyiapin kado nih ..

 

ya kurang lebih isi smsnya begitu 

 

akhirnya karna emak ku ngiming ngimingin kado / hadiah makin bikin terpicu buat balik tapi bener sih kata emak aku, kalo aku uangnya udh abis juga ..

keesokan harinya aku pamit plg ke ua aku dan pas aku baru nyampe rmh aku di infoin sama saudara aku, sebut saja Sifa kalo tgl 1 - 3 januari ada even ke baduy, mendengar info itu perasaanku seneng girang lompat lompatan roll depan roll belakang "oke itu terlalu di dramatisir / di buat buat" akhirnya karna denger info kaya gitu aku ngebet banget minta anter ke pandeglang aku minta anter kaka ku sambil kode kode ga jelas "maklum anak pramuka sok kode kodean" dan akhirnya kaka ku mau nganterin aku ke pandeglang  ..

 

aku tahun baruan di pandeglang, sepi sih ga ada apa apa dan aku mikir semakin dewasa aku semakin biasa aja ngadepin pergantian tahun, malah males dan akhirnya dari jam 8 tgl 31 des 2015 ampe tgl 1 januari 2016 aku tidur wow rekor kan tidur terlama * tidur 1 tahun dari 31 des 2015 - 01 jan 2016* oke next besoknya aku di jemput sama hani dan sifa langsung cuss ke alun alun pandeglang kita kumpul di alun alun pandeglang "jadi ceritanya aku ke bduy sama anak karate dari pandeglang" wel wel wel yang katanya otw jam 07.30 jadinya jam 10.00 oke fix jujur sebenernya benci banget menunggu tapi ya mau gimana lagi ga lama kita cuss otw ..

 

nyampe sana kita di samput dengan patung selamat datang

 

sudah sampai di cibolengger aku , hani, doinya hani dan sifa beristirahat sejenak di salah satu rumah makan. ga lama kita lanjutkan perjalanan menuju baduy baru di depan aku udh di ucapain selamat datang lagi "udah berasa masuk minimarket aja"

 

next ya ..

ga lama kita lanjut perjalanan ga ada kepikiran buat foto foto yang di otak cuman nyampe nyampe dan nyampe, jujur aku awalnya ga tau trip yg aku hasapin gimia, aku kira biasa aja kaya naik gunung biasa ternyata trip yang aku hadepin cukup menantang cuman ada batu dan tanah yang cukup melelahkan bai ku. di tengah pejalanan kita di samput dengan hujan besar dan angin kencang alhasil kita harus berteduh sejenak akhirnya setelah aga reda kita lanjutkan perjalanan menuju baduy lagi, jujur aku semangat banget aku mau liat baduy kaya apa dan ini pengalaman pertama kalinya aku ke baduy. 

 

sebenernya cap,e kaki juga udah pegel pegel tapi saat lihat pemandangan yang indah itu semua rasa cape pegel itu ilang semua di tambah lagi ada sifa yang menjadi couple aku yang bikin tambah semangaat "sebenernya sifa itu cewe masih SMP dia saudara aku karan hani dengan doinya couplean jadi aku couplean sama sifa" setelah sapai di tujuan kita langsung beristirahat di sebuh rumah sudah beristirahat semalaman paginya kita bangun untuk bersiap menuju baduy dalam

 

rumah yang kita tinggalin hanya berlantaikan bambu dan atapnya daun, oh ya pas aku tinggal di sana aku mendengar suara air terjun tapi aku ga bisa liat air terjun itu dan di baduy aku banyak menemukan bahasa yang menurut aku baru kaya misalnya Samping, "samping adalah sebutan buat selimut atau sebuah kain untuk menghangatkan badan" ya pokonya banyak lah bahasa baru next jam 07.00 kita bersiap untuk menuju ke baduy dalam dan di sana ga bisa di dokumentasi karna sangat tertutup oh ya sebelum ke sana kita dapet nama baru seperti CUKUL sebutan buat SIFA, ODET sebutan untuk pacarnya hani, JABRIAH sebutan untuk HANI dan aku ga punya nama baru karna nama aku udh susah di ganti hihihi.. oke next kita langsung jalan menuju baduy dalam.. katanya sih baduy dalam perjalannya lebih WOW di banding ke baduy luar.

karna trip yang terjam ga bisa di dokumentasi karna kita udh lewat perbatasan antara baduy dalam dan baduy luar akhirnya kita ga bisa cekrek cekrek oh ya batas baduy dalam dan luar itu di batasi dengan jembatan mambu jadi kalo kita udh lewat jembatan itu kita ga boleh bawa hp atau harus mematikan hp dll.. 

 
 

karna lagi musim durian jadi kita di jalan pasti ketemu yg namanya durian dan akhirnya kita makan durian itu sejenak dari baduy aku yang tadinya ga suka sama durian, seketika jadi suka durian haha .. mungkin karna org makan durian dan aku cuman melongo, kalo aku ngaku ga suka yg ada aku di ledekin kaya hani dan doinya .. di jalan aku sempet nanya "mana sih trip yg kataya terjal" pas aku nanya gitu 5 menit kemudian aku ketemu tempatnya yang cuman ada tanah, batu juga ga terlalu kuat dan kemiringannya 90 drajat dan di sampinya jurang. pas saat itu aku bertanya tanya "ga ada jalan lain?" "aku lepas sendal yaa" "aduh serembanget" akhirnya mau ga mau kita naik dong ke sono bener deh sebenernya cape pegel, tahut dll tapi pemandangnanya indah banget dari sudut mana mana gunung gunung keliatan semua bagus banget pengennya mah moto tapi sayangnya udh berlaku hukum alam jadi ga boleh, kita juga kan harus meghargai hukum atau peraturan yang ada di situ jadi yasudah lah nyampe baduy dalem kita istirahat sejenak dan menikmati durian yups durian lagi lagi dan lagi di sana kita ngobrol bareng dan ternyata aku ketemu temen baru sebut saja alfi aku ga tau jelas siapa namanya yg jelas dia 1 sklh sama aku dan kls dia tetanggaan sama kelas aku, waw dunia sempit ya 1 sklh tapi aku kenalnya di baduy ceritanya gini awalnya 

"mana coba yang org serang" tanya embak embak

"saya..." jawab yayang

lalu mulai deh 1 keluarga itu nanya nanya 

"serangnya di mana ? rmhnya di mana ? sklh di mana ?"

"di ciracas .. di komplek *sensor* sklh di sma 2 serang" respon aku

"wih ko rumahnya sama blok apa? anma papa siapa ? nama mama siapa?" tanya 1 bapak bapak yg nama samarannya katanya Agus 

"blok *sensor* nama bapak ibu *sensor*" 

"oh.." jawab singkat 

di  lanjut lagi sama emba emba yang nanya 

"sekolahnya sma 2 serang ya ?"

"iya" jawab ku

"kenal alfi ga?"

"engga" jawab ku

"masa ga kenal sih !? yang aling badung itu loh anaknya"

aku jawab "ga tau ga kena, kls apa emangnya?"

"kls 10 mia 4, masa ga kenal"

"aih dayang ga tau soalnya ke mia 4 baisanya cuman ke si jessica doang" jawab ku 

aku ga tau kalo org yg kita omongi itu ada di situ ..  dan akirnya aku, cukul, sapriah, odet keluar dari ruangan itu dan duduk di depan ..

pas kita keluar emba emba itu nanya sama alfinya 

"alfi kenal dayang ga?" tanya dia 

"kenal" jawab dia

dari situ aku di setelin terus .. 

ga lama emba emba itu nawarin durian lagi 

"dayang abisin nih ya ampun dikit lagi udh di sisain geh malah ga di manakan"

"iya, tapi tadi dayang udh makan 2 biji kenyang" jawab aku

akhirnya si emba emba itu nyuruh alfi buat bawain durian dan nawarin ke aku

"nih mau ga abisin" ucap alfi sambil nyodorin durian ke aku

"iya, makasih nanti aja lah udh kenyang" jawab aku

 

yups dari situ aku di setelin terus ampe balik oh ya di sono aku, cukul dan anaknya senpai bikin geng namanya 3 ala ala cukul dan aku menurka virus ala ala ampe senapai "Guru silat" bilang "wah udh ini mah, pokonya sifa aja sama dayang" 

 

oke next ga banyak yg bisa aku ceritain karna percuma kalo cerita juga yg baca ga bisa ngebayangin jiah .. pokonya harus ngerasaan sendiri gimana serunya oke next setelah beberapa di hari di sana akhirnya kita plg oh ya kita di sana makan ikan asin dan sambel khas baduy dan itu rasanya mmm... enak banget .. "enak aja kalo lagi laper mah" di sana juga udaranya masih alam banget, oh iya kalo kita jalan kemana pun sama tim dari senpai kalo ada yg jatoh atau kepeleset dll itu biasanya di itungin udh kaya pertandingan gulet ae.. jiah ...  setelah bersiap pulang kita langsung jalan, kita mulai perjalanan pulang sekitar jam 02.00nyampe di cibolengger lagi sorean lah kita berteduh disana karna hujan sekalian makan dll ampe jam 08.00.. nah jam 08.00 itu kita plg, ya aku sih ga langsung plg aku sih harus ke rmh si hani dulu baru ke serang yups 3 hari berkesan banget .. 

 

mm.. bingung sih mau nulis apa lagi jadi di udhin aja kali ya .. info yang blm lengkap cek aja di google karana aku juga bingung .. 

 

oh iya masa ke badauy ga bawa apa apa, aku di sana sempet beli kain baduy, ikat kepala, baju dan lain lain, emang sih ga beli banyak tapi aku ga liat dari harga atau banyaknya barang melainkan gimana usaha aku buat ngedapetin itu semua dan yg paling berharga adalah PENGALAMAN yang aku dapetin yg mungkin ga semua org lain bisa melakukannya ..

 

 

bingung mau nulis apa lagi aku ucapin banyak terimakasih aja udh nyempetin buat baca cuap cuap aku yg ga terlalu penting ini semoga bermanfaat kalo ga bermanfaat yaudah lah ..

 

"Traveling bukan hanya sekedar jalan2 untuk menikmati alam yang begitu indah, tetapi saat kita traveling ke suatu tempat yang masih menyimpan banyak misteri untuk dipelajari itu juga merupakan pilihan traveling yang bijak. Perjalanan yang menantang ditemani masyarakat yang masih setia menjaga alamnya tentu membuat kita belajar banyak hal. Cara mereka dalam hidup, bermasyarakat dan setia terhadap leluhurnya, membuat kita untuk bisa lebih bersyukur. Disamping itu kita juga akan disuguhi banyak pemandangan yang masih segar tanpa tercemar oleh polusi yang sering kita jumpai." - @DayangkuDesia

RELATED ARTICLES

Please read the following article