Are You a Zetizen?
Show Menu

Di Balik Kelezatan Semangkuk Cereal

Narendra Mg Narendra Mg 30 Dec 2022
Di Balik Kelezatan Semangkuk Cereal

Zetizen-Apa sih yang membuat kamu memilih cereal sebagai teman sarapan pagimu? Rasanya yang enak, bentuknya yang lucu, atau nutrisi dalam semangkuk cereal? Walaupun pamor cereal saat ini tergeser yogurt dan snack bar, ternyata masih banyak kok yang menjadikan cereal sebagai alternatif sarapan atau sekadar camilan. Tapi, benar nggak ya cereal punya gizi yang cukup untuk aktivitasmu sehari-hari?

Cereal sebagai menu sarapan jadi tren karena praktis. Cereal sebagai salah satu karbohidrat dalam bentuk biji-bijian atau serealia ternyata memang memiliki nilai gizi yang baik, loh. Menurut ahli gizi Rachmawati Widyaningrum, kalori dalam per 100 gram nasi adalah 175 kalori. Sementara itu, per 100 gram cereal memiliki kalori yang lebih tinggi dari nasi. Dari segi serat, per 100 gram nasi memiliki 0,3 gram atau 0,3 persen serat dan cereal punya serat yang lebih tinggi sekitar 10 persen dari beratnya. ’’Kadar serat yang lebih tinggi, indeks glikemik yang lebih rendah, serta mengandung vitamin dan mineral yang tinggi membuat cereal menjadi referensi sumber makanan pengganti nasi,’’ ujarnya.

Unfortunately, nggak semua cereal yang saat ini beredar berasal dari biji serialia utuh. Beberapa produk memilih menambahkan gula dalam kadar yang tinggi. Dikutip dari healthline.com, di Amerika banyak anak muda yang lebih suka cereal dengan rasa manis untuk sarapan. Perusahaan riset bernama Mintel juga mengungkapkan bahwa 43 persen orang Amerika meng onsumsi cereal hanya sebagai camilan. Nggak heran kalau banyak perusahaan cereal yang justru menambahkan gula karena permintaan konsumen. Dengan gula sebanyak itu, apakah cereal masih dapat dibilang sehat?

’’Beberapa penelitian juga menuturkan, orang yang mengonsumsi cereal berkecukupan vitamin dan mineral. Tapi, kalau produk yang dipilih tinggi gula atau garam, justru berdampak buruk dan memicu terjadinya obesitas,’’ jelas Rachmawati. Jadi, pastikan kamu memilih cereal yang tidak banyak bahan tambahan seperti gula dan garam. Selain itu Kemenkes memberikan anjuran untuk mendapatkan kesehatan yang optimal dengan mengonsumsi menu bergizi seimbang. Nah, karena itu, mengandalkan cereal aja nggak cukup.

Supaya cereal yang kamu konsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi, pastikan kamu menyajikannya dengan cara yang baik seperti menambahkan susu dan jenis bahan makanan lain hingga gizinya seimbang. So, dengan cara makan yang benar, nggak cuma rasa enak yang akan kamu dapat dari semangkuk cereal. Seluruh nutrisinya juga. (lia/c20/kch)

Zetizen-Kalau sudah pertengahan hari atau malam, pasti bakal mager banget buat bikin cereal. Supaya kamu masih bisa menikmati cereal tanpa perlu repot-repot bikin sendiri, ada loh tempat-tempat di dunia yang menyajikan cereal sebagai menu utama mereka dan yang pasti siap kamu santap. Penasaran? (c20/kch)

Berawal dari kecintaannya terhadap cereal, PR & Marketing Associate Sunday Bowl cereal Club Helga Elvina bersama tim mendirikan kafe bermenu cereal di Kota Kembang. ’’Di Indonesia cukup sulit menemukan variasi cereal. Jadi, kami ingin membawa kebahagiaan masa kecil tersebut kepada masyarakat Indonesia,’’ ujar Helga. Dengan pilihan cereal lokal maupun internasional, kamu bisa mencampur dua jenis cereal dengan harga mulai Rp 25 ribu saja. Oh iya, Sunday Bowl cereal Club juga menyediakan topping seperti es krim yang siap membuat aktivitas makan cereal makin seru!

Buat kamu yang hobi banget makan cereal, pastinya sudah nggak asing dengan nama Kellogg’s, salah satu perusahaan penghasil cereal-cereal terbaik di dunia. Cara pemesanannya pun cukup unik. Saat memesan sesuatu, kamu akan mendapat nomor. Nanti pesananmu yang sudah selesai disiapkan akan dimasukkan ke loker-loker yang tersedia dan bisa kamu ambil sendiri. Untuk menunya, kamu dapat membuat campuranmu sendiri atau memesan menu yang sudah disiapkan Kellogg’s. Harganya mulai dari USD 6,5 atau sekitar Rp 95 ribu.

Pernah kepikiran buat mencoba cornflake chicken? ’’Kami nggak cuma menyediakan cereal. Kami menyajikan apa saja yang bisa dibayangkan dari sebuah cereal,” ujar Alan Keery, owner cereal Killer Café, dikutip dari wawancara Food Insider. Menyediakan lebih dari 50 varian cereal dari seluruh dunia, kamu cukup merogoh kocek GBP 6–7 atau sekitar Rp 120 ribu untuk bisa merasakan experience yang berbeda dalam memakan cereal.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article