Are You a Zetizen?
Show Menu

Sarang Burung Walet: Dari Ramuan Tradisional Jadi Minuman Sehat Kekinian

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 02 Jan 2023
Sarang Burung Walet: Dari Ramuan Tradisional Jadi Minuman Sehat Kekinian

Zetizen-Nggak cuma makanan sehat, healthy drink pun mulai banyak dilirik anak muda. Salah satunya, sarang burung walet. Minuman dengan segudang manfaat ini sekarang bertransformasi menjadi minuman sehat kekinian. Padahal, untuk mendapatkannya, kamu perlu merogoh kocek cukup mahal loh. Kira-kira se worth it apa sih minuman ini?

FYI, kamu beruntung kalau pernah mencicipi olahan sarang burung walet. Sebab, nggak semua orang bisa menikmatinya mengingat harganya cukup fantastis. Dilansir melalui YSC Agro Group, sejak 1500 tahun yang lalu, sarang burung walet secara tradisional selalu digunakan para bangsawan Tiongkok sebagai ramuan untuk kecantikan dan kebugaran tubuh. Karena itu, sampai saat ini, terutama di Asia, masih banyak anggapan bahwa sarang burung walet adalah salah satu makanan bergengsi yang kaya nutrisi. Tetapi ternyata, khasiat sarang burung walet ini bergantung jenis dan tempat berkembang biaknya juga loh.

Salah satu faktor yang membuat sarang burung walet memiliki harga mahal, cara pengambilan sarangnya yang sangat sulit. Walet pada umumnya akan hidup dan membuat sarang di sekitar gua- gua dekat laut. Karena itu, dibutuhkan keterampilan dan skill khusus untuk bisa mendapatkannya. BBC mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak gua yang menjadi salah satu sejarah perdagangan sarang burung walet sejak abad ke-17 loh. Sebab, habitat alami burung walet berada di kawasan tropis, terutama Asia Tenggara. Selain itu, pengambilannya harus hati-hati. Sebab, kalau sampai kita merusak habitat atau mengambil sarang yang berisi telur, walet bisa trauma dan nanti nggak membangun sarang lagi di tempat tersebut. Bisa baper juga kan? Hi hi.

Manfaatnya nggak perlu diragukan lagi. sarang burung walet mengandung dua zat gizi, yaitu makro dan mikro. Zat makro tertingginya adalah karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Zat mikronya terdiri atas macam-macam mineral seperti zat besi, zinc, natrium, kalsium, dan vitamin. "Dari kandungan tersebut, yang paling menarik adalah adanya kandungan asam sialat dalam karbohidratnya. Asam ini biasanya bisa ditemukan di ASI. Fungsinya, meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa sebagai antivirus," ujar Arizta Primadiyanti, ahli gizi.

Dengan mengonsumsi sarang burung walet, kebutuhan asam amino esensial yang kita perlukan namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh bisa terpenuhi. Selain itu, sarang burung walet bagus banget karena bisa menjadi sumber protein. "Dengan mengonsumsi secara rutin, khasiat sarang burung walet bisa kita dapatkan. Namun, penelitian tentang manfaat sarang burung walet saat ini masih dalam tahap laboratorium dan belum teruji secara klinis," ungkapnya.

Salah satu penelitian di US National Library of Medicine National Institute of Health menyebutkan, sarang burung walet kaya mineral dan tinggi protein. Anti-oksidan yang terkandung di dalamnya bisa mencegah penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker. Kolagen dan asam amino dalam sarang burung walet pun bisa menjadi anti-aging sampai menyehatkan rambut dan kuku. "Dari dulu, keluargaku memang sering minum sarang burung walet untuk menjaga kesehatan. Walaupun harganya memang mahal, menurutku, worth it banget. Apalagi untuk jadi prioritas kesehatan di masa pandemi gini," jelas Ferren Louisa, mahasiswa asal Surabaya.

Umumnya, sarang burung walet akan diolah dan dihidangkan menjadi sebuah sup. Tetapi, selain itu, sarang burung walet ternyata bisa diolah menjadi minuman menyegarkan. Saat ini juga sudah banyak beredar beberapa healthy drink sarang burung walet yang bisa kamu jadikan option. "Aku prefer minum buatan sendiri karena ngerasa lebih bersih dan aman. Cukup tambahkan air dan gula, minuman ini dijamin segar banget loh. Teksturnya pun jadi mirip seperti jelly," tuturnya.

Untuk semangkuk sup sarang burung walet, harus menyiapkan mulai dari Rp 250 ribu. Sementara itu, sepaket minuman healthy drink kekinian bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 600 ribu. Tertarik? (c20/lia)

Zetizen-Walaupun masuk sebagai bahan obat tradisional, sarang burung walet juga terkenal dengan rasanya yang lezat, loh. Buat yang pengin tahu sendiri rasa dan manfaat sarang burung walet, mending kamu cek beberapa olahannya di bawah ini. Setelah itu, jangan lupa siapin juga bujetnya, ya! (c20/lia)

Sup Sarang Burung Walet

Sup ini mudah kamu temui di beberapa restoran Tiongkok atau hotel berbintang yang menyajikan ragam Chinese food. Biasanya, sup ini akan disajikan dengan kuah kental yang kaya rasa. Buat yang pengin bikin sendiri di rumah, mengolah sarang burung walet tidak jauh berbeda dengan sup-sup pada umumnya kok. sarang burung walet yang sudah dibersihkan dan direndam air panas bisa langsung dimasak dengan menggunakan bahan tambahan lain seperti telur atau asparagus.

Heathy Drink

Akhir-akhir ini pasti kamu sering lihat influencer mempromosikan sebuah paket healthy drink kan? Nah, salah satunya pasti merupakan olahan sarang burung walet. Beberapa healthy drink ini sudah banyak diproduksi. beberapa brand. Harganya pun masih terbilang masuk akal karena sepaketnya bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. sarang burung walet memiliki rasa manis alami sehingga banyak orang lebih memilih olahan minuman ini sebagai alternatif olahan sarang burung walet.

Skin Care

Khasiat sarang burung walet juga bisa kamu dapetin dari beberapa produk skin care, loh. Skin care sarang burung walet juga aman untuk digunakan sehari-hari. Salah satu yang bisa coba kamu buat adalah masker sarang burung walet. Cukup kukus sarang burung yang sudah dibersihkan, lalu rendam dalam air hingga mengembang. Kemudian, haluskan dengan sendok dan campurkan bahan alami lainnya seperti madu. Jika dengan rutin, kulitmu akan terasa lebih bernutrisi, kencang, dan cerah.

RELATED ARTICLES

Please read the following article