Are You a Zetizen?
Show Menu

CATUR Olahraga Otak Bikin Makin Cerdas

Ratih Mg Ratih Mg 18 Jan 2023
CATUR Olahraga Otak Bikin Makin Cerdas

Zetizen-Udah pada nonton serial The Queen’s Gambit belum? Iya, film tersebut mengisahkan tentang cewek bernama Beth Harmon yang sangat terobsesi dengan catur. Kegigihannya pun membuat Beth Harmon menjadi pemain catur terbaik dunia dan susah sekali untuk dikalahkan. Pemain catur harus punya strategi yang kuat. Did you know orang-orang yang mahir bermain catur punya tingkat kecerdasan yang tinggi, loh. Kok bisa ya? (c12/lia)

Memerlukan Konsentrasi Tinggi

Karena harus fokus pada taktik dan strategi untuk memenangkan pertandingan, pemain catur dipaksa untuk terus berkonsentrasi dan fokus pada permainan. Karena itu,
kebiasaannya dalam melatih konsentrasi tersebut akan terbawa ke kehidupan sehari-hari. Which is, orang yang mahir bermain catur akan lebih mudah mengerti akan sesuatu hal dan terbilang sangat sabar dalam menghadapi sesuatu. Oleh karena itu, mereka akan lebih mudah untuk fokus pada suatu hal.

Sangat Mengasah Otak

 Salah satu penelitian mengatakan bahwa catur adalah salah satu olahraga yang tepat untuk merangsang kecerdasan. Sebab, catur adalah sebuah olahraga yang sangat mengasah kemampuan otak untuk berpikir. Karena itu, tidak jarang mereka yang menekuni profesi ini dengan waktu yang cukup lama pasti memiliki IQ yang tinggi.
Misalnya, Gary Kasparov, juara catur grand master Rusia-Kroasia terhebat sepanjang masa memiliki IQ 190 poin. Gary pun masuk menjadi 10 orang dengan IQ tertinggi di dunia loh.

 

Dituntut Cekatan dan Kreatif

Sadar atau tidak, seseorang yang bermain catur mau tidak mau harus memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Sebab, permainan ini memerlukan analisis dan ketajaman otak yang diimbangi dengan keterampilan memilih strategi kapan akan maju dan bagaimana risiko yang harus diambil ketika melangkah ke kotak demi kotak. Berbagai elemen dalam tubuh seperti emosi, otak, fisik, bahkan psikologi sangat terlibat pada permainan ini. Nggak heran kalau catur dijuluki sebagai olahraganya orang cerdas.

Harus Punya Ingatan yang Kuat

Nggak hanya bermain strategi demi strategi, pemain catur yang cerdas akan menghafalkan opening, segala taktik, pola permainan, kombinasi, strategi, bahkan ending
dari sebuah permainan tersebut. Sebab, mereka cenderung punya perhitungan panjang atau biasa disebut dengan teori catur. Dengan demikian, bermain catur akan
meminimalkan terkena risiko penyakit Alzheimer karena kinerja otak yang terus diasah selama bermain catur. 

Teknik Taklukan Lawan

WALAUPUN olahraga ini mungkin tidak memiliki aktivitas fisik yang berat jika dibandingkan dengan olahraga lainnya, tapi dijamin otak akan terperas setelah memainkannya. Untuk pemula, mungkin perlu sedikit berpikir keras untuk memahami bagaimana taktik yang tepat. So, yuk intip bagaimana tip dan trik bermain catur yang cocok untuk pemula. (c12/lia)

Manajemen Waktu, Emosi, dan Mapping
Karena catur butuh strategi yang melelahkan pikiran, kamu perlu tahu bagaimana memanajemen emosi dengan berpikir tenang. Lalu, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu dalam menentukan langkah demi langkah. Selain itu, aturlah sedemikian rupa strategi untuk memorak-porandakan benteng pertahanan lawan. Kalau kamu berhasil memetakan permainan, pasti strategi yang kamu gunakan bisa berjalan mulus.

Prediksi Langkah Lawan
Kamu wajib mengamati pergerakan lawan untuk mempersiapkan antisipasi langkah selanjutnya. Selain itu, kamu wajib mempertimbangkan mana yang harus berjalan terlebih dulu. Jangan terlalu sering memanfaatkan prajurit. Sebab, prajurit bisa dijadikan jebakan untuk melindungi pejabat.

Jangan Buru-Buru Skak
Sehabis melakukan skak, emang rasanya senang banget. Namun, skak yang terlalu berlebihan juga bisa mengacaukan permainan loh. Tunggu momen yang tepat terlebih dulu dan jangan sampai skak menjadi momen bumerang untukmu. Lebih baik, kamu membongkar benteng pertahanan sebelum mengakhiri permainan.

Lakukan Cara Ini untuk Cepat Pintar

PERNAH nonton sinetron di TV yang jumlah episode nya ngalah-ngalahin jumlah hari dalam setahun itu? Kalau iya, pastinya kamu nggak asing dong dengan adegan gegar otak dan hilang ingatan. Kerennya, meskipun nggak bisa mengingat masa lalu, mereka tetap mengu asai skill dasar seperti membaca, berhitung, bicara, dan pengetahuan umum lainnya. Kok bisa?

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article