Are You a Zetizen?
Show Menu

Cuci Tangan: Senjata Utama Melawan Penyakit

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 14 Dec 2022
Cuci Tangan: Senjata Utama Melawan Penyakit

Zetizen-Akhir-akhir ini banyak banget ya yang jadi rajin cuci tangan? Budaya cuci tangan memang seharusnya digalakkan dan dilakukan secara benar. Dari mencuci tangan saja, ada segudang manfaat kesehatan yang bisa didapat tubuh kita, loh! Penasaran dengan fakta-fakta unik di balik aktivitas cuci tangan ini? Zetizen sudah punya rangkumannya, nih! (c20/kch)

Zetizen-Seberapa sering kamu mencuci tangan? Tanpa kamu sadari, kuman-kuman yang jahat dan bisa membuat tubuhmu sakit datang lewat tangan. Hal-hal yang kamu sentuh, pegang, dan angkat bisa jadi membawa kuman dalam jumlah besar. Hmm, lebih baik taruh dulu deh handphone-mu karena ada sesuatu yang menarik dari kegiatan mencuci tanganmu. Penasaran?

Coba tebak, barang apa yang kotor banget, tapi nggak pernah kita sadari sebelumnya? Yap, handphone (HP)! Dr Travis Stork, emergency physician, melalui channel The Doctors di YouTube, mempertanyakan, ’’Aku memang selalu mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, namun berapa banyak aku memegang handphone setelah membuka pintu, memegang keyboard, atau bahkan memberikan high five atau tos?’’

Kebersihan handphone, keyboard, atau apa pun yang bersentuhan langsung dengan beberapa tangan manusia pasti perlu dipertanyakan. Bahkan, barang-barang tersebut sudah sering diteliti. Para ahli pun membuktikan bahwa mereka lebih kotor daripada tempat duduk toilet, eww.

Setuju nggak sih kalau kuman adalah sumber banyak penyakit? Biar kamu nggak ketakutan sama handphonemu yang penuh dengan kuman, Abraham melalui channel YouTube-nya, AbrahamThePharmacist, bisa kasih kamu saran. ’’Cukup gunakan kain microfiber setiap hari untuk mengelap layar handphone dan tombol-tombolnya. Itu akan cukup untuk menghilangkan sebagian besar kuman,’’ ujar Abraham.

Trik tersebut juga bisa kamu pakai untuk membersihkan keyboard atau barang-barang lain yang sering disentuh orang lain selain kamu. Jangan lupa juga selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan barang-barang tersebut. Nah, benar kan, kata orang tua? Kalau sakit, mungkin kamu kebanyakan main HP! (c20/kch)

RELATED ARTICLES

Please read the following article