Are You a Zetizen?
Show Menu

Gunakan Maskermu, Lindungi Sekitarmu

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 20 Dec 2022
Gunakan Maskermu, Lindungi Sekitarmu

Zetizen-Beberapa dari kamu mungkin masih bingung sebenarnya penting nggak sih menggunakan masker dan kira-kira manfaatnya untuk apa? Well, di sini Zetizen bakal berbagi informasi buat kamu seputar masker. Beberapa data juga sudah Zetizen olah untuk memudahkan kamu dalam membaca.

Pahami Fungsinya

Masker yang biasa kamu gunakan sehari-hari untuk mencegah polusi itu termasuk surgical mask. Masker ini punya beberapa lapis filter yang bisa digunakan untuk menyaring partikel hingga ukuran 1 mikron atau sekitar ukuran satu butir garam. Untuk bagian luarnya, masker seperti ini menggunakan bahan dari polypropilene, polystrene, atau polyester dengan kemampuan yang baik untuk menyaring udara.

Menurut Federal Institute for Drugs and Medical Devices, masker ini sebenarnya berfungsi mencegah pemakainya menyebarkan droplet, baik ketika batuk maupun bersin. Sesuai dengan arahan dari WHO, kamu yang memiliki gejala seperti batuk dan bersin sangat dianjurkan menggunakan masker. Apalagi di masa seperti sekarang.

Makanya, kamu nggak boleh terlalu bergantung dengan masker. Sebab, salah satu yang membuat kamu tahan terhadap infeksi virus ataupun bakteri adalah daya tahan tubuh. So, selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarmu, kamu tetap harus menjaga kesehatan tubuh.

Efektif Nggak Sih Masker Kain?

Seperti yang kamu tahu, para tenaga medis sangat kekurangan alat pelindung diri (APD), termasuk masker. Untuk mengurangi kelangkaan surgical mask ini, masyarakat diimbau menggunakan masker kain. Tapi, pasti kamu bingung kan masker kain seperti apa yang cocok digunakan? Berdasar penelitian yang dilakukan Public Health England bersama University of Cambridge, masker yang terbuat dari 100 persen kain katun memiliki efektivitas yang hampir sama dengan surgical mask untuk mencegah persebaran pertikel-partikel pada droplet.

Untuk kemampuan penyaringan udara, masker dari kain katun ini memiliki kemampuan filtrasi hingga 70 persen loh. Emang sih kemampuan filtrasi dari surgical mask jauh lebih tinggi dan bahkan bisa sampai 96 persen. Tapi, untuk perlindungan diri dalam aktivitas sehari-hari, kemampuan masker kain sudah lebih dari cukup.

Keuntungan lain masker kain ini adalah kamu bisa mencucinya dengan deterjen dan air hangat agar bisa digunakan kembali. masker kain jauh lebih praktis daripada menggunakan surgical mask yang hanya boleh sekali pakai. Selain dari katun, kamu bisa membuat masker menggunakan bahan linen yang memiliki kemampuan filtrasi hingga 60 persen. (c20/fik)

RELATED ARTICLES

Please read the following article