Are You a Zetizen?
Show Menu

Beri Terapi Melalui Alunan Musik

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 23 May 2022
Beri Terapi Melalui Alunan Musik

MUSIK memiliki efek komprehensif di semua level kehidupan manusia. Siapa yang kalau lagi galau, jenuh, atau bad mood selalu memutar musik buat menenangkan hati? Yaps! Musik memang bisa menjadi salah satu alternatif terapi untuk mengatasi berbagai masalah sosial, emosional, dan perilaku. Eitss, terapi musik nggak bisa dipraktikkan secara sembarangan! Harus dipandu sosok profesional, yakni music therapist!

Terapis musik merupakan profesi yang unik. Sebab, nggak cuma butuh keahlian di bidang seni musik, tetapi juga pengetahuan klinis dan kemampuan interpersonal. Setting kerja dan kliennya sangat beragam. Mulai bayi, anak-anak berkebutuhan khusus, dewasa dengan isu kesehatan mental, pasien pascaoperasi, lansia dengan demensia, hingga orang-orang yang berada di paliatif dan end of life care.

“Secara garis besar, tugas dari music therapist adalah mendukung tim interdisipliner di berbagai setting demi meningkatkan kualitas hidup klien. Baik itu dari segi fungsi kognitif, sosial, emosional, fisik, komunikatif, maupun spiritual,” tutur Kezia Putri, certified music therapist.

Ketertarikan Kezia untuk menjadi terapis musik dimulai saat dia pengin masuk jurusan psikologi. Di sisi lain, Kezia yang belajar musik sejak kecil merasa sayang kalau nggak diperdalam. Dia pun memutuskan untuk mengambil peminatan terapi musik di Universitas Pelita Harapan. Seorang terapis musik perlu memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai kasus klinis yang akan dihadapi. Kamu juga harus mampu mengadaptasi pengetahuan musik yang dimiliki dan merancang kegiatan sesuai kebutuhan klien. Meski terdengar sederhana, nyatanya itu nggak mudah, lho! Apalagi, terapi musik belum umum di Indonesia.

“Dari pengalaman saya belajar terapi musik, skill yang sangat dibutuhkan adalah interpersonal skill, skill musik, dan pengetahuan klinis. Mampu membaca situasi, merasakan mood seseorang/ruangan, tekun, dan tidak mudah menyerah. Selain itu, tingkatkan skill bermain alat musik piano dan gitar serta kemampuan vocal,” ungkapnya.

Satu-satunya jalan buat jadi terapis musik adalah lulus dari program kuliah terapi musik. Hal itu sesuai standar yang ditetapkan federasi dunia terapi musik. Meski profesi tersebut terbilang masih sangat muda di Indonesia, tidak berarti lapangan kerjanya nggak ada. Justru, Kezia mengaku menerima banyak permintaan sebagai tenaga terapis musik selama masa pandemi.

’’Malah, saya kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut karena kurangnya SDM terapis musik. Kalau mau berusaha, apa pun bidangnya pasti ada pekerjaannya. Musik bukan hanya hiburan atau pajangan, melainkan juga berpengaruh dalam hidup manusia. Jangan malas membaca literatur dan menutup diri dari pembelajaran!’’ pesan Kezia. Cause music can heal you! (arm/c12/lai)

The Power of Music

TERAPI musik bisa dilakukan dengan mendengarkan musik, bernyanyi, menggerakkan badan sesuai irama, meditasi dengan iringan musik, dan memainkan instrumen musik. Berikut jenis musik yang bisa kamu gunakan untuk terapi sesuai kebutuhan! (Healthline/c12/lai)

Musik Meditasi buat Kurangi Stres

Kalau kamu pernah mengikuti kelas yoga, pasti udah nggak asing sama iringan musik yang calming. Tipe musik meditasi seperti itu mampu mengurangi stres. Nggak hanya itu, tetapi juga mampu meredakan serangan panik, meningkatkan memori otak, mengurangi nyeri, sampai menurunkan kadar kolesterol.

Musik Pop dan Jaz untuk Terapi Saraf

Sebuah studi berjudul Do Music Therapies Reduce Depressive Symptoms and Improve QOL in Older Adults with Chronic Disease (2017) menyebut terapi musik selama 30 menit dengan digabungkan pengobatan tradisional dapat mengurangi nyeri akibat operasi tulang belakang. Terapi juga digunakan dalam proses rehabilitasi dan memperbaiki saraf setelah kecelakaan. Terapi dilakukandenganmendengarkanhinggaolah tubuh mengikuti irama musik pop dan jaz.

Musik Klasik untuk Mengatur Pernapasan

Terapi yang dicetuskan Helen L. Bonny PhD ini dikenal dengan Bonny Method. Musik klasik digunakan untuk mendorong perkembangan seseorang meliputi kesadaran dan transformasi psikologisnya. Musik klasik juga efektif mengatasi insomnia, mengurangi anxiety, dan mengatur penapasan, lho!

Musik Rock Meredakan Rasa Sakit

Mana suaranya para pencinta musik rock! Well, mendengarkan musik rock beberapa menit dapat menambah semangat dan  meredakan rasa sakit. Ketukan beat-nya bisa mengalihkan fokusmu dari rasa sakit.

RELATED ARTICLES

Please read the following article