Are You a Zetizen?
Show Menu

Belajar Itu Harus, Tapi Kalau Berlebihan, Hal-Hal Buruk Ini Bisa Terjadi

Rafika Yahya Rafika Yahya 10 Oct 2017
Belajar Itu Harus, Tapi Kalau Berlebihan, Hal-Hal Buruk Ini Bisa Terjadi

Zetizen.com - Sadar nggak sih kalau sesuatu yang berlebihan itu punya dampak yang nggak baik buat kesehatan? Mulai dari keseringan pacaran, keseringan makan gorengan, sampai keseringan belajar juga nggak baik tuh.

Meskipun emang banyak belajar bakal bikin kamu lebih pintar, tapi kalau sampai overworked, kamu juga bisa kena berbagai kondisi buruk ini. Nggak percaya? Yuk cari tahu penyebabnya

 

sumber: empowher

Insomnia

Taruhan, deh! Pasti banyak banget diantara kalian yang lebih memilih sistem belajar SKS atau Sistem Kebut Semalam sehari sebelum ujian kan? Sistem belajar yang satu ini emang cocok banget buat buat procrastinator atau orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. 

Sayangnya, sistem SKS bikin kamu gampang mengidap insomnia. Padahal, tubuh punya jam khusus yang mengatur waktu istirahat rata-rata 8 - 10 jam tiap harinya. Kalau kurang dari itu, daya tahan tubuh bakal memburuk. Alhasil, kamu jadi gampang sakit, deh. Nggak cuma itu, insomnia juga bikin kamu gampang capek.

 

sumber: womenshealth

Maag Akut

Idealnya, semua harus seimbang untuk hidup yang lebih baik. Misalnya, imbang dalam bermain dan belajar. Jadi, nggak cuma banyak main, tapi juga harus belajar, begitu pula sebaliknya. Tapi, kalau terlalu banyak belajar dan jarang main, kamu bisa jadi overworked. Nah, kondisi inilah yang bisa bikin tubuh merasa punya banyak tekanan. Kalau udah parah, kamu bisa aja sampai stress.

Tapi, efek stress ini beda sama orang dengan gangguan jiwa, ya. Tekanan yang terlalu banyak yang bikin tubuh jadi stress akhirnya menyerang lambung. Awalnya, lambungmu akan mengeluarkan asam yang terlalu banyak sebagai respon dari pikiran yang berlebihan itu. Kalau hal ini juga  diperparah dengan kebiasaanmu terlambat makan, sakit asam lambung yang kamu derita ini sebagai permulaan dari penyakit maag akut.

 

sumber: Five Star Urgent Care

Flu

Karena tubuh dibawah tekanan dan tuntutan untuk terus menyerap informasi, nggak heran kalau daya tahan tubuh jadi lemah. Hal ini makin parah ketika cuaca sedang berganti kaya sekarang, nih. Kemarin super duper panas, tiba-tiba hari ini hujan lebat. Alhasil, virus influenza bakalan gampang banget menyerang daya tahan tubuhmu yang sedang lemah.

So, jangan takut untuk mengambil jeda istirahat barang satu hingga dua jam waktu kamu sedang belajar. Selain mengistirahatkan kepala, kamu juga bisa melakukan gerakna-gerakan peregangan otot yang tanpa kamu sadari bakal membuat tubuh lebih relaks, sehat, dan jauh lebih berenergi dibanding sebelumnya.

 

sumber: job-like

Introversion

Ini dia kondisi terburuk kalau kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk belajar. Yap! Kamu kehabisan waktu untuk pergi dan bersenang-senang bersama teman. Hal ini bisa makin parah kalau kamu juga punya sifat ambisisus yang besar. Bisa-bisa, kamu belajar sampai menganggap semua temanmu adalah saingan yang nggak seharusnya kamu ajak berteman.

Dont be too serious! Coba, deh ingat-ingat lagi esensi utama dari belajar. Tentunya untuk jadi orang yang berguna buat sesama, kan? Pastinya kamu ngggak mau, dong kalau ilmu yang kamu punya Cuma tahan di kepalamu tanpa kamu bagikan ke orang lain? Nah, untuk mengawalinya, kamu bisa memperluas pergaulanmu dan mencari teman sebanyak-banyaknya. Good luck!

 

Editor: Bogiva

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article