Zetizen.com - Meski udah lewat 3 hari, hype kemerdekaan Indonesia masih terasa banget. Nggak hran masih banyak orang yang terus merayakan momen bersejarah ini. Salah satunya dilakukan oleh Aksa7 yang merupakan project film dokumenter berjudul Negeri Dongen yang menceritakan penjelajahan 7 puncak gunung tertinggi Indonesia.

Nah, setelah digarap mulai Desember 2014 sampai Maret 2015, pada 17 Agustus kemarin, Aksa7 mengadakan screening film Negeri Dongeng di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan.

Anggie Frisca, sutradara sekaligus penggagas Aksa7 mengungkapkan bahwa film ini menjadi kado bagi kemerdekaan Indonesia. “Harapan kami, film Negeri Dongeng bisa mengenalkan masyarakat pada alam dan budaya Indonesia,” ujarnya.

 

Anggie Frisca, sutradara sekaligus pendiri Aksa7Art ketika diwawancarai media dalam acara screening

 

Dibuat ala feature film khas Hollywood, Negeri Dongeng menyajikan keindangan Indonesia dari 7 perspektif yang berbeda. Film ini bakal membawa penonton lebih dekat dengan keindahan alam Indonesia lewat pemandangan puncak-puncak gunung ekstrem di seluruh Indonesia. Mulai dari Gunung Kerinci di Jambi, Gunung Semeru di Jawa, Gunung Rinjani di NTB, Gunung Bukitraya di Kalimantan, Gunung Latimojong di Sulawesi, Gunung Binaiya di Maluku, sampai Gunung Cartens Pyramid di Papua.

Perjalanan mendaki gunung yang sering disebut 7 Summit of Indonesia ini dibantu oleh Rivan Hanggarai (25), Teguh Rahmadi (32), Wihana Erlangga (31), Jogie K.M. Nadeak (25), dan Yohannes C. Pattiasina (24) Selain itu, ada juga guest expeditor seperti Nadine Chandrawinata, Darius Sinatria, serta Medina Kamil.

Uniknya, meski terhitung sebagai proyek yang luar biasa besar, film ini ternyata digagas secara independen loh! “Kami harus merogoh kocek sendiri untuk memproduksi film ini. Di pertengahan perjalanan, kami sempat kehabisan dana dan harus menghentikan project selama hampir 4 bulan. Tapi untunglah project dapat kembali berjalan dengan bantuan banyak pihak,” ujarnya.

 

Penonton membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa dalam  penutupan screening

Hambatan-hambatan yang muncul sepanjang proses produksi juga membuat tanggal perilisan film Negeri Dongen tertunda selama beberapa tahun. Namun, saat akhirnya rilis, screening film ini sekaligus menandai tanggal perilisan film yang direncanakan bulan September. Uniknya lagi, acara screening ditutup dengan membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam bioskop. So, sudah siap ikut mendaki gunung dalam Negeri Dongeng?

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!