Zetizen.com - Kita semua pasti punya pandangan masing-masing tentang orang asing. Entah bule atau oppa-oppa Korea. Tapi, pernah kepikiran nggak sih gimana tanggapan mereka soal orang Indonesia? Apa yang ada dalam bayangan mereka tentang orang Indonesia yah? 

Buat menjawab rasa penasaran kalian, tim Zetizen pun mewawancarai beberapa orang asing yang pernah tinggal dan berinteraksi langsung sama orang Indonesia. Apa kata mereka?

Orang Indonesia itu Super Perhatian

Daria ketika menjadi volunteer dalam program lingkungan (foto:dok. Earth Heroes AIESEC )

"Selama satu bulan lebih berada di Indonesia untuk mengikuti proyek lingkungan, aku benar-benar terkesan dengan sikap orang Indonesia. Dari banyak artikel yang aku baca, aku sudah tahu kalau orang Indonesia adalah orang yang ramah dan murah senyum. Ternyata, mereka lebih dari itu!

Selama tinggal di Indonesia, aku ditemani oleh beberapa mahasiswa yang care banget sama kau. Tiap malam, mereka selalu bertanya tentang kegiatanku keesokan harinya. Nggak cuma itu, mereka juga mempedulikan perasaan dan kondisiku. Misalnya, nanyain apakah aku capek, lapar, atau butuh sesuatu."

Daria Barcari, 18, Canada


Kagum dengan Semangat Orang Indonesia

Cris Bersama Salah Seorang SIswa SMP (foto:dok. Earth Heroes AIESEC )

"Datang ke Indonesia sebagai volunteer mempertemukanku sama orang-orang yang bikin aku heran. Cuaca panas nggak menghalangi orang-orang Indonesia buat terus bersemangat. Makanya selama tinggal di Indonesia sebagai volunteer, rasanya aku nggak pernah capek. Soalnya, aku seperti dapat suntikan energi dengan melihat semangat mereka.


Contohnya, aku pernah berdiskusi dengan orangtua asuhku mengenai impian dan cita-citaku. Nggak cuma jadi pendengar yang baik, beliau juga memberikan saran tentang apa saja yang harus aku lakukan untuk mencapainya. Beliau juga menyarankan langkah-langkah biar aku nggak pernah menyerah. Terimakasih Indonesia.."

Cristian Achim, 20,Rumania


Ada yang Pintar, Pemalu, dan Banyak Alasan!

Jason di gedung Graha Pena Jawa Pos (foto:Instagram)

"Walaupun sama-sama dari Asia, tapi aku heran melihat sifat orang Indonesia yang unik. Selama hampir dua bulan tinggal di Indonesia, aku menemukan beberapa tipe sifat.

Pertama adalah orang-orang yang ambisius. Walaupun pintar dan punya banyak pengalaman, tapi mereka nggak ragu buat membagikan ilmunya. Kedua adalah orang-orang yang pemalu. Nah, mereka ini yang kelihatannya biasa-biasa aja, tapi cerdas luar biasa. Dan ketiga, orang-orang humoris. Biasanya, mereka ini orang yang sering datang telat dari janjian. Tapi mereka punya banyak alasan dan pintar banget mencairkan suasana tegang.

Oh! Tipe terakhir adalah orang-orang lovable yang menyenangkan untuk dijadikan teman, atau mungkin juga kekasih. Yap! Cewek-cewek Indonesia benar-benar imut dan cantik!" - Zhong XiangHai (Jason), 22, China

Wah, bener nggak nih sifatmu emang seperti yang diomongin orang-orang asing di atas? Jangan-jangan, kamu malah termasuk orang yang banyak alasan tuh!

Editor: Fahri Syadia

 


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!