Are You a Zetizen?
Show Menu

Dapatkan Inspirasi dari Festival Kreatif Ideafest 2017

Dapatkan Inspirasi dari Festival Kreatif Ideafest 2017

Zetizen.com - Ideafest sebagai salah satu festival kreatif tahunan di Indonesia kembali digelar tahun ini, dengan semangat Festival Of Collaboration. Ideafest mengundang puluhan sosok kreatif dari mulai musisi Yovie Widianto, Penulis buku Ika Natassa, hingga Youtuber kenamaan asal Amerika Serikat Casey Neistat. Acara ini berlangsung dari tanggal 5-6 Oktober 2017 di Jakarta Convention Center. Gimana keseruannya?

 

Jovial da lopez dan andovi da lopez yang memberikan giveaway dalam bentuk beasiswa (credit : Taufiq/Zetizen Team)

SkinnyIndonesian24 sebagai salah satu pembicara mengusung tagline dengan nama “Fearless, Intelligent”. Dari tagline tersebut, duo youtuber andovi da lopez dan Jovial da lopez menginginkan agar para viewer-nya dapat merasakan manfaat dari mereka. Salah satunya adalah dengan menghadirkan beasiswa da lopez yaitu beasiswa IPA dan IPS bagi 2 orang pelajar SMA yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri.

"Youtuber yang lain memberikan giveaway dalam bentuk barang ke penontonnya, tapi kita nggak. Kita memutuskan untuk memberikan beasiswa dari uang kita sendiri," ujar andovi da Lopez.

Dari 398 submissions Jovi dan Dovi berhasil memilih 48 video dari 48 finalis. Video yang mereka submit berisikan alasan kenapa mereka harus mendapatkan beasiswa da Lopez. 48 finalis ini kemudian disaring kembali menjadi 2 finalis. Mereka juga bekerja sama dengan start up digital pendidikan yang didirikan Iman Usman, ruangguru.com.

 

Smart, fun, dan inspiratif adalah 3 kata untuk mendeskripsikan Faye Simajuntak (Credit : Taufiq/Zetizen Team)

Setelah SkinnyIndonesian24 menginspirasi lewat platform Youtubenya. Faye Simanjutak pendiri rumah Faye, sebuah NGO atau organisasi non profit yang fokus membahas children trafficking membagi ceritanya di panggung Ideafest. Faye dengan usianya yang baru menginjak 15 tahun memberikan 9 tips bagaimana menciptakan perubahan, meskipun Faye menyadari bahwa anak muda masih sering diremehkan.

Sosok yang ceria ini mengatakan perubahan dapat lahir dari 9 hal: koneksi, kejujuran, konsistensi, pengorbanan, branding, menyadari prioritas, dukungan orang-orang di sekitar, kemampuan take care of yourself, dan sadar akan alasan kenapa melakukan. Cewek yang udah pernah dibahas Forbes ini berusaha meyakinkan semua anak muda bahwa perubahan dapat tercipta asalkan mau memulainya. 

 

Casey yang sempat merasakan naik ojek sesampainya di Jakarta (Credit: Taufiq/Zetizen Team)

Sebagai highlight sekaligus penutup, Ideafest berkesempatan mengundang Casey Neistat. Youtuber asal New York City yang telah memiliki subscriber hampir 8 juta, menceritakan kisah awal mula dirinya membuat video sebagai media untuk menyampaikan pesan. Awalnya pesan yang Casey ingin sampaikan adalah protesnya kepada perusahaan Apple yang tidak mau mengganti rugi kerusakan iPodnya. Video protesnya kepada Apple ini mendadak viral hingga mendapat respon berupa surat ancaman dari Steve Jobs sang pendiri Apple langsung.

Dari situ, Casey menyadari bahwa pendapatnya dapat didengar melalui video. Video pun menjadi media pilihan Casey, dan dia sudah jatuh cinta. "Cari tahu apa yang paling kamu inginkan sepanjang hidupmu, dan lakukan. Seperti aku yang jatuh cinta dengan pembuatan video," ungkap Casey. 

Youtuber yang pernah memiliki acara di HBO berjudul "The Neistat Brother" ini juga menambahkan bahwa komitmen terhadap passion pasti akan membuahkan karya yang menakjubkan.  "Berkomitmen lah kepada passion-mu, kamu akan mendapat kesuksesan," ujar cowok yang nggak sempat menyelesaikan SMA nya dan memilih pindah ke New York.

Berbagi inspirasi adalah salah satu cara untuk membangkitkan semangat beraksi dan tetap konsisten melakukan, seperti yang Casey Neistat pesankan: "Don't give up until it's good".

 Editor: Fahri Syadia

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article