Zetizen.com - Selain identik dengan hujan yang bikin ingat kenangan plus mantan, bulan November juga dekat dengan penyelenggaraan latihan dasar kepemimpinan siswa atau LDKS. Ajang pelatihan yang biasa dilakukan di luar kota ini dilakukan untuk menemukan bibit-bibit unggul yang siap duduk di jajaran kursi OSIS dan MPK sekolah. Nah, buat kamu yang mau ikutan LDKS, yuk lakuin trik ini biar LDKS yang kamu ikuti makin berfaedah.

Jangan Makan Buah Terlalu Banyak

Ilustrasi: Rama/ Zetizen Team

It’s sounds weird, doesn’t it? Meskipun mengandung vitamin dan berbagai kandungan yang mampu menyehatkan tubuh, tapi mengonsumsi buah apalagi yang banyak serat justru makin memperlancar pencernaanmu. Alhasil, kamu bakalan sering mulas dan ingin buang air besar. Padahal LDKS memiliki seabrek kegiatan yang nggak bisa serta merta kita tinggal untuk buang air besar. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi beragam makanan yang bisa meningkatkan stamina sekaligus menjaga daya tahan tubuh seperti olahan daging sapi, ikan, atau ayam. Oiya, jangan lupa juga penuhi kebutuhan vitaminmu dengan multivitamin yang bikin tubuhmu nggak cepet sakit meskipun aktifitasmu lebih banyak dari biasanya.

Bawa Cokelat Kecil yang Banyak

Ilustrasi: Rama/ Zetizen Team

Eits, ini bukan buat dimakan sendiri, lho. Tapi, kamu bisa melakukan ‘diplomasi cokelat’ dengan selalu menyimpan cokelat batangan kecil-kecil di kantongmu. Yap! kamu bisa menambah teman dari kelas atau angkatan lain dengan cara membagikan cokelat. Tapi, bukan serta merta langsung membagikan cokelat ke semua orang.

Caranya, kamu bisa mencari orang yang belum kamu kenal. Biar nggak canggung sebelum menanyakan nama, kamu bisa menawarkan cokelat untuknya terlebih dahulu. Setelah diterima, baru deh kamu mengangsurkan tangan sambil tersenyum dan mengenalkan namamu. Setelah itu, dijamin deh obrolan akan mengalir dengan sendirinya. Bisa juga kok dicoba ke seseorang yang kamu suka hehe. 

Raih Predikat Peserta Terbaik dengan Aktif di Tiap Kegiatan

Ilustrasi: Rama/ Zetizen Team

LDKS nggak juga diisi dengan acara maupun tantangan ketangkasan yang memacu adrenalin. Tapi, pembekalan berbagai materi juga diharapkan mampu menambah kreativitas dan membuatmu makin keren. Biasanya, di hari terakhir LDKS bakal ada pemilihan peserta terbaik atau teraktif.  Biar bisa mendapatkan posisi tersebut kamu cukup aktif di setiap pemberian materi. Caranya adalah dengan mencatat poin-poin penting di tiap materi. lalu, tanyakan hal yang sekiranya belum kamu pahami di poin-poin tersebut di akhir sesi.

By the way, tanyanya juga yang penting-penting aja ya! Nggak perlu terlalu banyak dan berlebihan. Tanpa kamu sadari, perilakumu yang aktif dan ceria menjadi nilai tambah sendiri bagi panitia untuk imemilihmi sebagai peserta teraktif. Are you dare?

Dekati si Kakak dengan Kado Unik

Ilustrasi: Rama/ Zetizen Team

Sebagai kegiatan diluar sekolah yang memakan waktu cukup lama. Nggak heran kalau LDKS juga jadi ajang bagi beberapa orang untuk menemukan pasangannya. Berada dalam tempat yang sama dan terlibat interaksi yang cukup intens dijamin mampu menumbuhkan benih-benih cinta  di antara beberapa orang. 

Well, kalau kamu kepingin segera mengakhiri status jomblomu, kamu bisa memulai PDKT ketika LDKS, nih. Nah, kalau targetmu kebetulan adalah Kakak Senior yang juga sebagai panitia acara,  pastikan sebelum berangkat kamu sudah menyiapkan kado spesial untuknya. Bisa berupa sebuah boneka, coklat, atau beberapa barang handmade yang kamu buat sendiri. Biar nggak  terlalu frontal saat memberikan, kamu bisa bilang kalau itu murni hadiah karena dia dan panitia sudah bekerja keras. Whoa, dijamin kakak kesayangamu tadi bakal kepikiran sama kamu terus!

Amankan Jurit Malam dengan Mengenal Senior

Ilustrasi: Rama/ Zetizen Team

Salah satu hal yang paling bikin LDKS ngangenin adalah sesi jurit malam atau jelajah malam. Biasanya, para peserta akan dibangunkan tengah malam  lalu akan diberi clue dan diwajibkan  untuk 3 berjalan seorang diri menyusuri jalanan yang sudah ditentukan. Nah, disinilah para senior bekerja dengan baik sebagai hantu. OMG!

Hal yang wajib kamu lakukan supaya nggak ketakutan di sesi tersebut adalah menghafalkan satu persatu panitia yang ada di LDKSmu. Tujuanya, biar kamu bisa mengenali dia hantu beneran atau seniormu. Jadi kamu bakal lebih percaya diri ketika sedang ditakut-takutin. Bahkan kamu bisa men-counter seranganya dengan memanggil nama kakak kelasmu.Tapi, kalau kamu nemu seseorang yang nggak menjawab panggilanmu, mendingan kamu langsung lari. Siapa tahu  dia hantu beneran. Hii!

 

Editor: Afrieza Zaqi

Share
Create Your Own Article!