Zetizen.com – Akhir pekan jangan melulu dihabiskan di mall, guys. Sesekali, cobain hangout ke Taman Suropati Jakarta yang rindang. Nggak bakal bosan kok! Soalnya kamu bisa belajar musik dengan Taman Suropati Chamber (TSC), komunitas musik orkestra yang tiap minggu berlatih di pelataran taman yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat itu.

TSC berbeda dari orkestra kebanyakan. Mulai dari pemilihan tempat outdoor sampai pengelompokan ‘kelas latihan’ yang berdasarkan skill bukan umur menjadi ciri dari TSC. That’s why, komunitas ini banyak menarik minat masyarakat. Kelas rutin dilaksanakan di hari Minggu dari jam 10 pagi sampai 2 siang.

 

Suasana latihan
Suasana latihan Taman Suropati Chamber, pesertanya cukup beragam dari anak-anak sampai orang dewasa

 

Yasminka Subekti selaku pengurus manajemen TSC menjelaskan, ide pembentukan TSC berasal dari sang suami, Agustinus yang akrab disapa Agas. Banyaknya anak muda yang mudah terpengaruh hal-hal negatif membuat Agas berinisiatif membentuk komunitas musik sebagai wadah pengasah potensi. “Tepat pada 7 Mei 2007 TSC terbentuk dan berkembang hingga sekarang,” ujar Yasmin yang ditemui Minggu (24/4) lalu.

Meski promosi kelas musik ini hanya melalui mulut ke mulut, anggota TSC terus bertambah. Setiap pertemuan, ada lebih dari 100 anggota yang dilatih oleh pengajar khusus. “Pengajar adalah rekan saya dan mas Agas, juga dari alumni TSC yang sudah mahir,” jelas Yasmin.

Range umur anggota pun beragam mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa berumur di atas 50 tahun. Kelas TSC dibagi menjadi 9 kelas, dari kelas introduction untuk mereka yang belum pernah belajar alat musik hingga kelas hingga kelas buah sebagai kelas dengan level tertinggi.

 

Sesi latihan biola
Sesi latihan biola dengan peserta yang ramai dan cuaca yang sejuk karena pepohonan

 

Proses pendaftaran cukup dengan registrasi formulir dan uang pendaftaran yang bisa didiskusikan dengan tim TSC. Sebab, komunitas ini menganut sistem subsidi silang sehingga anggotanya bisa membantu urusan operasional bersama. Prestasi TSC juga nggak bisa dianggap remeh. Hingga saat ini, TSC sudah tampil di banyak acara, termasuk mengisi acara Hari Pendidikan Nasional 2010 di Istana Negara. Bahkan pada 3 Juni mendatang, TSC siap menghibur dengan konser tunggalnya yang bertajuk Wisata Khatulistiwa di Gedung Kesenian Jakarta. Salut! (ver/zhr)

Share
Create Your Own Article!