Zetizen.comSmartphone makin canggih, apps makin hits tapi kuota data makin tipis. Yaa gitu deh derita pengguna smartphone zaman sekarang. Nggak heran kalau ngelihat anak zaman sekarang rebutan free wifi udah kayak ngelihat ibu ibu rebutan sembako. But wait, sebenarnya kamu bisa kok lebih menghemat kuota paket datamu. Caranya, cukup kurangi aja frekuensi kamu pakai aplikasi pemakan kuota data berikut. (dhs/giv)

 

Snapchat

Ngalah ngalahin kepopuleran facebook, twitter, path dan seabrek social media apps lainnya, Snapchat jadi aplikasi socmed smartphone paling populer saat ini. Tapi tau nggak sih kalau aplikasi ini ternyata juga menempati nomor satu aplikasi paling menghabiskan kuota data dan baterai. Bayangkan, dengan berbagai fitur gambar dan video yang ditawarkan, rata rata pengguna snapchat bisa menghabiskan kuota data hingga 1,25GB Cuma dalam satu minggu!

Untungnya, Snapchat ternyata punya fitur yang bisa jadi solusi dari masalah ini. Fitur tersebut adalah “Travel Mode” yang menjadikan foto dan video di stream hanya akan di download saat kita ingin melihatnya. Well, katanya sih, fitur ini bisa menghemat data hingga 2GB jika dibandingkan pemakaian normal.

 

Spotify

Baru-baru ini, Indonesia kedatangan layanan streaming musik populer yang satu ini. Namun, penggunaan data yang cukup besar membuat kita harus berhati-hati saat menggunakan Spotify. Sebab, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang juga banyak menguras kuota. Bayangkan aja kalau setiap lagu berkualitas tinggi yang kamu dengarkan akan menguras kuota datamu antara 5 sampai 10MB.

That’s why, buat kamu yang nggak terlalu ambil pusing soal kualitas suara, coba aja atur setelan kualitas musik yang kamu streaming. Caranya dengan membuka Setting dan tap Streaming Quality. Kemudian kita akan melihat empat opsi, yaitu Automatic, Normal, High, dan Extreme. Pilihlah kualitas Normal supaya nggak begitu banyak memakan kuota data.

 

Youtube

 

Serupa layanan lainnya, memutar sebuah video pada Youtube pastinya juga akan menghabiskan paket kuota yang kita punya. Oleh karenanya, layanan berbagi video milik Google ini menawarkan pengaturan untuk memutar video berkualitas HD hanya jika Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Nah, caranya pertama, buka YouTube, tap tombol titik tiga yang terdapat pada sudut kanan atas. Kemudian tap Setting, tap Turn on Play HD on Wi-Fi only, gampang kan?

 

Facebook

 

Aplikasi Facebook selain menghabiskan kapasitas memori, juga menguras layanan kuota. Penyebabnya adalah fitur autoplaying video dan push notification yang ada di dalamnya. Untuk menyelamatkan kuota data, kalian bisa membatasi penggunaan autoplay video, dengan memilih autoplay hanya untuk koneksi Wi-Fi saja. Sehingga, fitur ini akan aktif jika ponsel terhubung dengan Wi-Fi. Opsi kedua adalah menonaktifkan fitur tersebut.

Buat yang nggak tau caranya, gampang kok tinggal buka aplikasi Facebook, tap tombol More pada sudut kanan, kemudian tap Setting. Selanjutnya, pilih Account Setting, tap Video and Photos, kemudian pilih On Wi-Fi Connections Only atau Never Autoplay Video.

 

Instagram

 

Hampir sama dengan Facebook, Instagram juga memiliki fitur memainkan video secara otomatis alias preloading video and photo. Untuk menghemat kuota data, dibutuhkan pengaturan yang caranya dengan membuka profile dan buka Settings. Selanjutnya, tap Celllular Data Use kemudian pilih Use Less Data. Meski pengaturan ini tidak akan menghentikan autoplaying video, namun akan melambatkan preloading video. Setelah memilih Use Less Data, Instagram akan memberitahu, dengan pengaturan Use Less Data yang ditandai juga dengan durasi lebih lama saat kita memutar.

Share
Create Your Own Article!