Are You a Zetizen?
Show Menu

MICE SMKN 2 Batam, Pamerkan Budaya Indonesia

Zetizen Zetizen 25 May 2016
MICE SMKN 2 Batam, Pamerkan Budaya Indonesia

Zetizen.com - Keberagaman budaya Indonesia adalah sesuatu yang nggak bisa dipungkiri lagi keberadaannya. Setiap daerah punya budaya dan bahasa berbeda. Oleh karena itu, semboyan Bhinneka Tunggal Ika melekat pada Indonesia. Kali ini, SMKN 2 Batam menerapkan semboyan tersebut dalam event Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) sebagai bentuk penghargaan terhadap bangsa yang mulai tergeser budaya asing.

MICE bertemakan "Pariwisata Prajna Artha Bhuwana" yang berarti pariwisata memacu perdamaian dan kesejahteraan dunia ini berlangsung meriah. Sejak pagi hari, siswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang menjadi panitia acara sudah mulai sibuk. Ada yang mendekor ulang, sound cek, koordinasi dan berdandan untuk fashion show pakaian adat. Ketua Paket Keahlian Usaha Perjalanan Wisata, Herlina Dwi Kurnia menjelaskan acara ini merupakan praktek untuk mata pelajaran MICE. "MICE merupakan bagian dari kegiatan pariwisata, karena banyak sekali menggunakan fasilitas pariwisata dalam pelaksanaannya," jelasnya.

Kegiatan fashion show MICE yang diselenggarakan teman-teman SMKN 2 Batam. Foto: Cecep Mulyana Batam Pos

Tujuannya, tambah Herlina agar siswa jurusan UPW mendapatkan wawasan budaya bangsa dan elemen pariwisata. "Serta dapat belajar menjadi Event Organizer (EO) dan pribadi yang disiplin," ujarnya. Rangkaian acara mulai dari fashion show menggunakan pakaian adat, aransemen lagu, stan miniatur dari bahan recycle, tari tradisional, lomba short movie dan penyerahan bantuan kepada panti asuhan menjadi agenda yang nggak kalah serunya.

Mengenai lomba short movie, Ketua Pelaksana 2, Salma Putri Effendi menjelaskan tema yang diangkat juga mengenai Pariwisata Batam. "Kami harap dengan lomba ini, pariwisata Batam bisa terekspose hingga ke luar, semua video akan kami upload ke Youtube," kata Salma. Sementara itu, lomba fashion show pakaian adat sengaja digelar agar siswa yang hadir dapat mengenal budaya lain. "Batam juga kan banyak tuh suku budayanya, jadi bisa lebih menghargai juga," ucapnya. Tidak hanya itu, perlombaan pembuatan miniatur dari bahan recycle juga mengundang decak kagum panitia. Yang paling menarik perhatian ialah miniatur Colosseum dari rantai bekas. "Kita bisa explore kemampuan yang dimiliki jadinya," kata Ketua Pelaksana 1, Nadha Jelang Ramdhani.

Meskipun event ini adalah kegiatan praktik dari mata pelajaran jurusan, semua siswa dapat merasakan efek positif dari kegiatan ini. "Ternyata budaya Indonesia itu kaya loh, anak muda harus bangga. Kalau bukan kita siapa lagi yang lestarikan budaya bangsa," harap kedua siswa kelas XI ini. Tahun depan, Guru dan Siswa SMKN 2 Batam berharap dapat mengundang lebih banyak sekolah lain untuk bergabung dalam event MICE. Tentu saja mengenalkan dan dapat membawa pariwisata Indonesia ke arah lebih baik lagi. (Cr18)

RELATED ARTICLES

Please read the following article