Are You a Zetizen?
Show Menu

Pekerjaan Unik di Finlandia: Pengamat Aurora Borealis

Zetizen Zetizen 03 Oct 2016
Pekerjaan Unik di Finlandia: Pengamat Aurora Borealis

 

Zetizen.comSaat ini, cahaya aurora lagi gencar-gencarnya muncul di Finlandia. Cahaya indah ini dimasukkan dalam bucket list oleh hampir semua orang. Tapi, gimana ya rasanya kalau melihat cahaya aurora dijadikan pekerjaan dan menghasilkan uang? Yap, Pekerjaan Unik itu ada di Arctic Snow Hotel Finlandia.

 

Cuma Modal Melek Malam

Image orang kerja pada umumnya kan duduk selama delapan jam di kantor. Berangkat macet, pulang macet. Pulang-pulang stres dan capek. Tapi, hal itu nggak bakal kamu rasakan kalau kamu menjadi pengamat aurora. Sebab, kamu cuma perlu terjaga semalaman (23.00–6.30) dan memandangi langit.

 

Kalau ada cahaya aurora yang terlihat, kamu wajib membangunkan para pengunjung hotel buat menyaksikannya. Kalau aurora lagi nggak muncul, bintang-bintang pun jadi hiburanmu. Kualifikasinya nggak susah lho. Kamu cuma nggak boleh tidur malam, bisa bahasa Inggris, dan sigap kalau aurora muncul. Anak zaman sekarang pasti bisa. Kan biasa main HP sampai jam 02.00. Ya nggak?

 

FYI, jangka kerjanya cuma empat bulan. Sebab, cahaya aurora cuma muncul pada bulan-bulan tertentu. Pas banget buat magang.

 

Kenapa Sampai Merekrut Karyawan Khusus untuk Mengamati Aurora?

Jangan salah. Bagi negara di ujung dunia kayak Finlandia, dimana-mana cuma ada salju. Praktis, aurora jadi salah satu daya tarik wisata utama di sana. Nah, kebetulan lokasi Arctic Snow Hotel ada di tanah terbuka dan berbentuk gubuk-gubuk. Jadi, kamarnya didesain agar pengunjung bisa melihat aurora sambil tiduran di kamar!

 

Nah, Oktober adalah puncak kemunculan aurora. Jadi, turis yang ke sana banyak banget. Apalagi, ilmuwan memperkirakan fenomena aurora bakal menghilang selama satu dekade mulai tahun depan gara-gara perubahan sistem surya! Sebelum keindahan ini vakum lama, sekaranglah kesempatan turis buat menikmatinya.

 

Buat yang belum pernah melihat aurora, sabar dulu ya. Kita tunggu kloter selanjutnya aja. Itung-itung nabung dulu lah 10 tahun. (traveler/clapway/fhr/rat)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article