Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenapa sih Kita Rawan Flu saat Pergantian Musim?

Fahri Syadia Fahri Syadia 23 Oct 2016
Kenapa sih Kita Rawan Flu saat Pergantian Musim?

Zetizen.com - Akhir-akhir ini, musim pancaroba mulai kembali datang. Sebentar panas terik, nggak lama kemudian mendung. Belum sempat berteduh, tiba-tiba hujan deras. Iya, keadaan cuaca yang nggak menentu itu emang lagi sering banget terjadi. Nyebelinnya, di musim kayak gini, ada satu penyakit yang sering banget hinggap di tubuh banyak orang. Apalagi kalau bukan flu alias influenzea. Kenapa ya kita mudah terkena flu saat pergantian musim kayak gini?

 

Udara Pergantian Musim Cocok buat Virus Influenza

Meski sebenarnya mekanisme penularan virus flu itu belum benar-benar diketahui, namun, penelitian udah menunjukan kalau perubahan cuaca yang nggak stabil dan cenderung dingin serta kering membuat virus flu bisa bertahan hidup lebih lama. Pada temperatur dibawah 20 derajat celcius, virus flu bisa bertahan hingga 23 jam. Sementara di udara panas dan terkena matahari, virus ini nggak bisa hidup lebih dari satu jam.

Hal itu juga sesuai dengan fakta kalau Center for Disease Control and Pervention, badan kesehatan Amerika Serikat, yang menemukan kalau kasus flu di negara tersebut meningkat tajam setiap memasuki musim dingin.  

Sedangkan di negara tropis kayak Indonesia, influenza mudah menyebar saat udara yang sebelumnya panas seketika berubah jadi dingin. Yap, karena itu lah saat-saat pergantian musim ketika udara berubah drastis virus influenza jadi marak.

Virus Influenza, penyebab penyakit flu. Foto: Sampan

 

Padahal selain bikin aktivitas nggak nyaman, flu ini juga sering berujung ke gejala lainnya, misal demam, sakit kepala, bahkan bisa juga memicu gejala kayak muntah hingga diare. Sering kan, gara-gara kena flu, kita jadi terpaksa bolos sekolah dan nggak bisa beraktifitas.

Bahkan menurut WHO, virus influenza ini menghilangkan 250.000 - 500.000 nyawa loh per tahunnya, terutama pada penderita yang berusia tua atau yang memang ketahanan imunnya sudah lemah. Nahloh, jadi gimana ya cara menghindarinya?

 

Tips Mengatasinya? 

Umumnya virus Influenza itu menyebar lewat udara, tepatnya waktu kita batuk dan bersin. Tapi nggak jarang juga virus itu menyebar lewat jabat tangan, gara-gara waktu bersin kita menutup mulut dengan tangan hingga virus itu menempel di sana. 

So, ada beberapa trik mudah buat menghindarkan diri dari flu terutama di musim-musim Pancaroba kayak sekarang. Misalnya begini: 

 Virus influenza menyebar lewat udara, karena itu gunakan masker terutama di tempat-tempat keramaian

  • Konsumsi vaksin dan vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh
  • Jangan telat makan! Tubuh yang lemah itu rawan terserang virus
  • Jaga keberisihan rumah dan usahakan sirkulasi udara terus berjalan
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk/bersin, jangan dengan tangan. Buang tisu setelah digunakan agar tidak menyebar ke orang lain

 

(Source: cdc, everydayhealth, scientificamerican)

Edited by: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article