foto: expertbeacon

Zetizen.com – Kalau jam belajar di sekolah dan tempat les biasanya udah ditentukan, ternyata nggak begitu halnya dengan otak dan pikiranmu. Soalnya, ternyata waktu dalam sehari punya pengaruh yang besar terhadap kemampuan otak memahami pelajaran. Yuk kita lihat kemampuan otakmu menyerap informasi di pagi, siang, dan sore sampai malam hari.

 

Pagi Hari

JAM : 08.00-12.00

foto:fit.edu

Plus: Di jam ini, otak dalam fase Declarative memory task, sehingga akan cepat menangkap hal-hal yang sifatnya eksak kayak angka, nama, lokasi, dll. Jadi, di jam- jam ini mata pelajaran kayak biologi, fisika, matematika, geologi bahkan sejarah akan lebih cepat terekam di memory kita.

Minus: sayangnya nih, di jam-jam ini, rata-rata kita masih merasa ngantuk. Hal ini dikarenakan overcarbohidrat saat sarapan atau kurang tidur karena begadang di malam hari. alhasil, otak yang mestinya udah refreshed setelah bangun tidur malah terasa lelah karena kurang istirahat.

 

Siang Hari

Jam 12.00 – 14.00 PM

Plus: memasuki tengah hari, otak kanan lah yang akan mulai mencapai kemampuan maksimalnya. Waktu-waktu ini cocok dipakai mempelajari atau melatih hal-hal yang berhubungan dengan seni dan bahasa. Selain itu, kamu yang biasa berfikir pun bakal lebih banyak mendapat ide cemerlang di jam-jam ini.

Minus: jujur aja, jam segini otak kamu udah mulai jenuh. Soalnya sepanjang hari kalian udah belajar secara penuh. Jadinya, kadang kamu jadi males dan mengantuk. Apalagi dikasih mata pelajaran berat kaya matematika. Ohiya, asupan makan siangmu juga mempengaruhi kinerja otak di jam-jam ini. 

 

Sore sampai Malam Hari

foto:lifeteen

Jam 14.00-19.00

Plus: Memasuki akhir hari, otak kita berpindah ke fase semantic memory. Hal ini membuat otak kita akan lebih mudah mengingat dan menancapkan ilmu yang udah dipelajari seharian tadi. Jadi, akan lebih bagus kalau selama jam ini kamu mereview segala pelajaranmu yang sudah kamu dapat di sekolah.

Minus:  Sayangnya di jam segini, pikiranmu pasti pingin buat segera isitirahat, akhirnya jadi males buat baca-baca. Apalagi udah diajak kencan sama gebetan. Pasti kamu bakal ngeiyain tanpa pikir dua kali. Ohiya, selepas jam 8 hingga 9 malam, sebenarnya otak udah nggak efektif dipakai belajar. Jadi

 

Nah, karena tiap jam emang ada plus dan minusnya, Dr. Jane Oakhill,psikolog dari University of Sussex mengatakan kalau sebenarnya nggak ada jam terbaik buat belajar. Supaya efektif, yang paling penting itu belajar dengan konstan dan terjadwal tiap harinya. Jadi, kalau kamu mau sukses jadi juara kelas, jangan suka belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam ya, Guys!

 

source: rocketmemory,masterofmemory,studyandexam

Editor: Bogiva

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!