Zetizen.com - Kata orang bijak, buku adalah jendela dunia. Soalnya, mirip kayak jendela, membaca buku bisa bikin kita mengetahui hal baru yang ada diluar 'tembok' keterbatasan kita. Meski begitu, sebagai negara dengan penduduk terbanyak ketiga di dunia, Indonesia justru punya predikat menyedihkan soal kebiasaan membaca buku ini.

Menurut studi UNESCO, hanya 12 dari 1000 orang Indonesia yang suka membaca. Bahkan, sebuah studi di Amerika Serikat menunjukan minat baca orang Indonesia ada di peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei. Hal ini berarti orang Indonesia itu amat sangat malas membaca buku. Padahal, banyak loh hal asik yang bisa bikin kamu jadi ketagihan membaca. Buat memulainya, cobain deh 7 cara berikut.

 

Foto: Youtube

 

Nonton Video Dokumenter/Tutorial

Makin mudahnya sumber informasi berbasis video diakses rasanya jadi salah satu faktor yang bikin orang kamu malas baca. Pengin ngerti sesuatu? nonton aja video dokumentasi atau tutorial di Youtube. Padahal, seharusnya dengan menonton video-video itu kita malah rajin membaca. Soalnya kalau kita kritis, harusnya kita nggak serta-merta percaya sama apa yang diceritakan dalam video. Kita jadi makin perlu buat crosscheck informasi itu buat memastikan kebenarannya. Apalagi sekarang lagi musimnya hoax kan tuh…

 

Foto: Youtube

Main Game Campaign

Ketika bermain game, nggak jarang ada level yang super susah susah dan kamu nggak bisa menemukan jalan keluarnya. Daripada ribet dan akhirnya nge-cheat, kenapa nggak coba baca walkthrough game itu aja? Apalagi kalau tema game yang kita mainin menarik dan bikin kepo lebih jauh seputar hal itu. Membaca tuh nggak harus tentang materi pelajaran yang serius kan? Hal-hal tentang game juga bisa jadi bahan bacaan kok! Misalnya saat menemukan istilah atau hal asing di game yang menarik perhatianmu, langsung aja google dan cari artikel seputar hal itu. Kalau emang kamu tertarik, membaca itu lama-lama bakal jadi kebiasaan.

 

Foto: Eco Wallpapers

Nonton Film yang Bikin Kepo

Coba deh sesekali kamu nyobain genre-genre film yang nggak melulu tentang drama. Misal tentang biografi seseorang, atau mungkin tema-tema yang agak asing di telingamu. Contohnya kayak film Wolf of Wall Street (2013), yang bisa bikin kamu kepo tentang permainan saham/ekonomi. Atau bisa juga The Da Vinci Code (2006) yang nyeritain tentang konspirasi kelompok kuno yang penuh rahasia. Percaya deh, kalau kamu cuma nonton film itu tanpa seenggaknya membaca atau memahami background story nya, pasti kamu bakal bingung. Jadi, bakal seru banget seandainya kamu mulai membiasakan buat membaca dan mencari informasi seputar cerita dalam film yang punya intrik dan masalah rumit kayak gitu.

 

Foto: Talk Yoga

Ngobrol Sama Orang Baru

Kalau kamu tipikal anak yang gaul dan suka ketemu orang baru, harusnya kamu termasuk orang yang berpengetahuan luas dan rajin membaca. Buktinya coba aja kamu ngobrol yang agak lama dan agak dalam sama doi. Tiap orang kan punya cerita yang berbeda-beda. Dia pasti punya pengalaman-pengalaman seru selama hidupnya yang mungkin kamu belum pernah dengar. Buat mengetahui hal-hal asing tersebut, salah satu cara yang paling gampang ya dengan membaca buku.

 

Foto: Culture Trip

Sering Mampir ke Toko Buku

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Makanya biar suka baca buku, cobain deh sering-sering mampir ke toko buku. Meski awalnya nggak ada niatan beli, bukan nggak mungkin kamu berakhir membawa pulang satu atau dua buku gara-gara melihat judul atau tema bahasan yang menarik minatmu waktu melihat-lihat buku yang ada di rak toko buku tadi.

 

Foto: World of Wanderlust

Ngelakuin Hal Baru

Kamu termasuk orang yang lebih suka beraksi langsung daripada berbelit-belit membaca? Kalau gitu, coba aja sering-sering ngelakuin hal baru yang diluar comfort zone-mu. Misalnya aja traveling ke tempat-tempat baru, atau ketrampilan kayak nyoba ngerangkai komputer sendiri. Mau nggak mau, kamu pasti harus mulai membaca. Entah buat mencari tahu cerita asal tempat itu, rekomendasi tempat, atau mungkin aja kamu malah jadi tertarik mempelajari kultur orang-orang dan hal menarik lain dari tempat tujuanmu.

 

Foto: Trendy2

Pantengin Timeline

Mungkin ini cara yang paling gampang dan paling sering dilakuin sama anak sekarang. Entah Line, Instagram, atau mungkin Facebook, pantengin aja timeline-mu pasti bakal segera muncul berita atau meme-meme menarik yang bikin kita kepo. Bukan buat di judge, tapi buat dicari tahu kebenarannya. Iya, berawal dari melihat satu topik yang menarik, bukan nggak mungkin kamu bisa menemukan hal lain yang nggak kalah menarik waktu berusaha mencari informasi tentang hal barusan.

 

Nah, kira-kira gitu deh cara seru yang bisa bikin kamu jadi tertarik buat membaca. Ada yang udah pernah kamu lakuin? atau malah kamu punya cara sendiri yang lebih unik? Share aja dibawah!

 

Editor: Bogiva

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!