Are You a Zetizen?
Show Menu

1st Anniversary Zetizen Surabaya: Jelajah Kenjeran Sambil Bersihkan Sampah

Zetizen Zetizen 02 Mar 2017
1st Anniversary Zetizen Surabaya: Jelajah Kenjeran Sambil Bersihkan Sampah

Zetizen.com - Surabaya, Nggak kerasa Zetizen udah memasuki usia satu tahun. Sebagai bentuk perayaan, kemarin (25/2) diadakan acara #1dayescape di kawasan Kenjeran Park, Surabaya. Mengusung tema Wanderlust, para peserta nggak cuma hunting foto, tapi tiap tim juga diharuskan menulis naskah dan membuat video. Psst, mereka juga mendapatkan challenge untuk mengumpulkan sampah-sampah di lokasi hunting. Wih, kayak apa sih serunya acara first anniversary Zetizen ini? (nrm/als/c25/grc)

Peserta 1dayescape saat memulai perjalanan dari depan Pagoda di area Kenjeran Surabaya. (Foto: Ivan)

Starting Point untuk Berburu Sampah

Mengawali perjalanan, para peserta diajak berkumpul dan mengambil foto di depan pagoda lebih dulu. Uniknya, beberapa tim justru tampak betah berlama-lama mengelilingi spot itu. Usut punya usut, ternyata mereka masih semangat-semangatnya mengumpulkan sampah. Misalnya, yang dilakukan Abdullah Abdurrahman, writer asal MTS Unggulan Al Khusnaniyah Surabaya. ”Bisa dibilang, challenge ini sekaligus membantu aku yang emang pengin mengangkat persoalan sampah dan kehijauan di area Kenjeran,” ujarnya.

Foto: Ivan Zetizen

Hidden Gem di Area Klenteng

Salah satu titik klimaks keseruan #1dayescape tiba saat para tim dibebaskan hunting spot sesuai preferensi mereka. Salah satu yang banyak dituju adalah Vihara Sanggar Agung. Spot patung naga yang tampak megah di halaman belakang klenteng menjadi spot tersembunyi yang ternyata belum banyak diketahui para peserta seperti Fanani Adis, writer asal SMAN 1 Surabaya. ”Meski ikonik dan banyak yang tahu, nggak banyak yang benar-benar tahu letak patung naganya. Soalnya, ada di belakang kelenteng dan tersembunyi gitu kan,” terangnya.

Foto: Ivan Zetizen

Pesona Abandoned Place

Udah bukan rahasia kalau tempat yang misterius dan meninggalkan kesan terbengkalai bisa jadi objek foto yang oke. Itulah yang ditemukan para peserta di area sirkuit Kenjeran Surabaya. Kesan misterius pun didapatkan dari area tribun yang terbengkalai serta pepohonan di sekitarnya. Salah satu yang mengaku menemukan banyak capturable moment di area tersebut adalah Ahmad Nur Aziz, fotografer asal SMKN 8 Surabaya. ”Aku mengeksplorasi sampai ke area hutan di sekitar sirkuit. Suasana misterius sebuah abandoned place-nya itu menarik banget buat difoto,” jelasnya.

Foto: Ivan Zetizen

Area Mangrove Penuh Tantangan

Kenjeran emang identik dengan kawasan pantai. Nggak heran kalau suasana khas pantai menjadi salah satu hal seru buat dieksplorasi. Salah satunya adalah daerah mangrove yang berlokasi di dekat patung sembilan naga. Kondisi pantai yang surut dan tanah berlumpur cukup menawarkan tantangan seru buat dieskplorasi. Tapi, para peserta tentu nggak menyerah begitu aja. ”Karena surut, jadi kelihatan kosong dan nggak ada objek. Buat ngakalinnya, aku ambil foto waktu ada burung yang terbang di sana,” kata Arian Juan, fotografer asal SMA Hang Tuah 2 Surabaya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article