Rachel Goddard (Foto: Instagram @rachgoddard)

 

Zetizen.com –  Cantik itu universal. Tapi, masih aja ada cewek yang suka nggak PeDe dengan penampilannya. Lewat berbagai media, standar kecantikan malah mengharuskan para cewek buat tampil dengan kulit putih, langsing, dan tinggi. Sedangkan mereka yang kondisi fisiknya bertolak belakang dengan standar ini, malah jadi minder. Padahal, kamu cukup merawat diri tanpa harus merubahnya untuk menuruti standar cantik yang mainstream itu.

“Menurutku cantik nggak melulu harus putih dan tinggi. Yang penting percaya diri dan memiliki sifat yang baik." - Davia Belinda, SMAK Kasih Kemuliaan Jakarta. 

 

“Cantik fisik itu relatif, karena pandangan orang bisa berbeda. Menurutku, cantik yang sebenernya itu dari bagaimana kita bisa merawat diri kita sendiri.” - Cindy Aprilliana, SMAN 2 Surabaya 

 

“Cewek dan cowok juga manusia. Kita punya kekurangan. Jadi, kita gak bisa men-judge seenaknya." - Aisyah Laila, SMAN 16 Surabaya.

 

Yap, para Zetizen setuju buat nggak 'terjebak' dalam arti cantik secara fisik. Then, apa ya pendapat Rachel Goddard tentang definisi cantik? Gimana sih cara agar nggak minder dengan kekurangan yang kita miliki ala Beauty Vlogger yang satu ini?

 

Foto: Instagram @rachgoddard

 

Definisi Cantik Menurut Rachel Goddard itu…

Poin terpenting menurut Rachel, cantik itu adalah nyaman dan bahagia. Meskipun cuma pakai lipstick atau bedak aja, ketika kamu happy, auramu akan terlihat. "Nah, kalau udah merasa nyaman dan bahagia, nantinya aura positif yang ada di dalam diri bakal terpancar dan mempengaruhi orang sekitar," ujar Rachel. 

Beauty YouTuber yang terkenal gokil ini juga mengakui, dirinya nggak sesuai social beauty standard. Misalnya kulitnya yang sawo matang dan tubuhnya yang nggak terlalu tinggi. "Tapi berhubung gue cuek, jadi orang mau bilang gue apa juga nggak bakalan gue dengerin,” ujarnya. Tapi, ketika memiliki kekurangan, kita juga harus bisa menunjukkan kelebihan yang kita miliki. “Kelebihan gue, gue percaya diri dengan apa yang gue milikin. Misalnya, kulit gue gak putih yang which is orang-orang bilang cantik itu putih. Tapi, gue bisa mendobrak istilah cantik itu," tambahnya. 

 

Pengalaman Di-bully dan Cara Mengatasinya

Meskipun punya subscriber 270 ribu di Youtube, bukan berarti Rachel gak pernah di-bully. Ia mengaku dulu sempat down dengan bully verbal yang dialaminya. Rachel sempat diejek mengenai warna kulitnya dan tinggi badannya. Namun untuk mengatasi hal tersebut, ternyata Rachel punya cara tersendiri.“Pokoknya becandain aja, nggak usah diseriusin banget. Karena buat gue, cantik itu bukan sesuatu hal yang physically," ungkap Rachel. Dia juga menyarankan agar menyingkirkan perasaan negatif. “Ketika hati lo nggak bahagia, yang keluar negatif semua dari lo, jadi nggak cantik.”

 

Foto: femaledaily

Cara Nggak Minder dengan Kekurangan yang Dimiliki

Menurut Rachel, kamu harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan dirimu. Setelah tau kelebihan yang dimiliki, baru deh gali potensi yang ada. Selain itu, Rachel juga menyarankan jangan pernah ngomong 'aku gak bisa' kalau belum dicoba. Karena secara gak langsung, apa yang kita ucapkan bisa terjadi. So, stay positive!

Nah, setelah bisa nerima diri sendiri, kamu mulai bisa deh mencintai dan menghargai dirimu. Menurut Rachel, mencintai diri sendiri nggak harus selalu yang muluk-muluk. “Dari hal yang simple aja kayak merawat diri. Pakai deodoran abis mandi, pakai bedak biar seger. Dengan begitu, orang lain bakal menghargai kita ketika kita mencintai diri kita sendiri.”

Rachel Goddard di BeautyFest Asia 2017

Terlepas dari social beauty standar yang ada, Rachel semakin ingin membagi kebahagiaan dan sikap positif kepada semua orang. Buat kamu yang biasanya cuma bisa liatin Rachel dari gadget, kamu bisa ketemu Rachel langsung di acara BeautyFest Asia 2017, loh. Rachel sendiri mengaku nggak sabar dengan acara ini. “Kita bener-bener bisa foto-foto, ngobrol bareng, pokoknya seru-seruan bareng!" ujarnya.

Wah, gimana nih? Mau dapet aura positif juga dari Rachel Goddard? Yuk dateng aja ke BeautyFest Asia 2017! Di sana, kamu bakal diajak untuk memahami kalau tiap cewek itu cantik dengan atau tanpa standar. Bukan cuma sama Rachel Goddard aja, banyak influencer ternama lain seperti Jenn Im, Pearypie, Tina Yong, Soothing Sista, Ayla Dimitri, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang udah nggak sabar, datang ke Ciputra Artpreneur Jakarta pada 18–19 Maret, ya! Kamu bisa membeli tiketnya di www.beautyfest.asia dan kepoin Instagram-nya @beautyfestasia.

 

Editor: Fanny Kurniasari

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!