Zetizen.com - Rilis bersamaan, drama Korea Ruler: Master of the Mask (MBC) dan Suspicious Partner (SBS) jelas dibanding-bandingkan. Khususnya dalam hal rating karena genre-nya jelas beda. Berdasarkan AGB Nielsen, Ruler yang dibintangi Yoo Seung-ho dan Kim So-hyun lebih unggul dengan 12,6 persen (episode 4). Sedangkan rivalnya, drama yang dibintangi Ji Chang-wook dan Nam Ji-hyun, cuma 7,7 persen (episode 4). Sebenarnya, siapa yang lebih bagus?

Drama Korea Ruler: Master of the Mask (MBC)

Ruler: Master of the Mask (군주-가면의 주인)

Sutradara: Son Hyeong-seok | Penulis: Park Hye-jin

Historical drama ini dibuka dengan kelompok Pyunsoo membantu Pangeran Yi Yoon naik takhta. Dikepalai Master Dae Mok, kelompok ini punya racun yang harus diminum setiap hari. Kalau berhenti, racun akan menyebar. Karena Yi Yoon (yang kemudian menjadi raja) meminumnya, dia harus menuruti permintaan Pyunsoo agar terus diberi pasokan racun.

Too bad, Putera Mahkota Lee Sun (Yoo Seung-ho) baru lahir, Dae Mok meracuninya. Obat penawar harus ditebus dengan memberi izin Pyunsoo memonopoli air dan menjadikan Lee Sun anggota kelompok Pyunsoo. Nggak mau jatuh ke lubang yang sama, Sang Raja menyembunyikan wajah puteranya dengan topeng. Semua orang yang pernah melihat wajah Lee Sun pun dibunuh.

Yah, namanya remaja, Lee Sun berontak. Dia curi-curi kesempatan kabur dari istana. Dari situlah dia bertemu Han Ga-eun (Kim So-hyun) dan Lee Sun (L Infinite) yang seorang rakyat jelata. Sambil mencari tahu alasan kenapa dia harus memakai topeng, Putera Mahkota Lee Sun menyadari kekejaman Pyunsoo. Bisakah Lee Sun menjadi calon raja yang melindungi rakyat?

Ruler: Master of the Mask punya cerita yang kompleks. Mulai dari politik, sosial, keluarga, romance, sampai (mungkin) bromance. Oleh karena itu, drama ini nggak bakal membosankan deh. Apalagi, tingkah sang putera mahkota yang agak kekanakan dan "bodoh" cukup menghibur di sela-sela kisah politiknya. Kisah romantis antara Lee Sun dan Ga-eun pun jadi cute banget.

Sayangnya, episode pertama agak membosankan. Lebih tepatnya saat sang putera mahkota belum remaja. Tapi, sabar aja. Setelah itu, alur ceritanya berjalan cepat kok. Dijamin kamu nggak bakal bosan dan malah ketagihan.

Kim So-hyun
Kim So-hyun menjadi karakter yang pintar ilmu pengobatan (Foto: donga)

Bagi yang nonton Rebel: Thief Who Stole the People juga, drama ini jelas lebih bagus. Sorry to say, alur drama yang dibintangi Yoon Kyun-sang itu memang agak lambat. Alhasil, setelah episode 20, cerita terkesan membosankandan kehilangan fokus cerita. Hopefully Ruler nggak akan mengalami nasib yang sama.

By the way, pada awalnya, mungkin kamu bakal terganggu dengan sikap kekanakan Lee Sun yang dimainkan Yoo Seung-ho. Bagi yang belum bisa move on dari karakter Seo Jin-woo dalam Remember: The War of the Son (2015) dan Harry dalam I Miss You (2012)), Seung-ho terkesan awkward. Biasanya dia kan tampil serius dan dewasa. Tapi, pada episode ke-2, kamu bakal terbiasa kok.

Drama Korea Ruler: Master of the Mask Yoo Seung-ho
Putera Mahkota Lee Sun (Yoo Seung-ho) memakai topeng sejak lahir (Foto: donga)

********

Drama Korea Suspicious Partner SBS

Suspicious Partner (수상한 파트너)

Sutradara: Park Sun-ho | Penulis: Kwon Ki-young

 

Dari segi pemilihan pemain, Suspicious Partner sebenarnya lebih unggul. Sebab, setelah sekian lama akhirnya Ji Chang-wook nggak jadi agen rahasia, bodyguard, dan sejenisnya! Meski dia nggak jadi chaebol seperti yang dia harapkan, paling nggak kita bisa menikmati sisi lain aktor kelahiran 1987 ini.

Suspicious Partner sepertinya dibuat untuk penikmat drama Korea Strong Woman Do Bong-soon (JTBC). Drama ini bercerita tentang Eun Bong-hee (Nam Ji-hyun) yang bertemu No Ji-wook (Ji Chang-wook) in an awkward situation. Mengira nggak bakal ketemu lagi, ternyata Bong-hee magang dibawah bimbingan Ji-wook, seorang jaksa yang paling dibenci pengacara. Hate-love relationship emang seru buat diikuti. Banyak kejadian-kejadian konyol yang bikin kita tertawa.

Sayangnya, bagi yang belum move on dari adegan aksi yang biasanya dilakukan Chang-wook, drama ini mungkin jadi nggak menarik. Karena jadi seorang jaksa, rasanya kita geregetan menanti dia berhadapan langsung dengan penjahat. Kalau itu yang kamu cari, don't bother. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati adegan shirtless Chang-wook yang super seksi kok he he he.

Memasuki episode 2, Suspicious Partner malah semakin membosankan. Tuduhan pembunuhan yang dijatuhkan pada Bong-hee terkesan dibuat-buat. Alhasil, drama ini jadi hilang fokus: mau jadi drama romantis atau drama crime? Kalau sengaja dicampur, rasanya jadi setengah-setengah. Sisi romantisnya hilang, sisi crime-nya pun kalah dibanding Whisper (yang masih tayang) dan Defendant. Keduanya sama-sama produksi SBS.

Bagi fans fanatik Chang-wook, drama ini tentu wajib ditonton sampai habis. Tapi, bagi yang lebih mementingkan cerita, mungkin kamu perlu menunggu drama-drama lain yang juga rilis Mei iniSorry to say, akting Ji-hyun pun nggak terlalu menonjol. Sepertinya dia akan susah keluar dari image innocent yang dia bangun dalam Shopping King Louis (2016).

Suspicious Partner
Karakter Bong-hee yang agak rebel (Foto: YouTube)

Bagaimana menurutmu? Mana yang lebih bagus?

Share
Create Your Own Article!