Are You a Zetizen?
Show Menu

DKV Awards 2017: Satukan Keberagaman Lewat Kreatifitas

Nourma Vidya Nourma Vidya 24 May 2017
DKV Awards 2017: Satukan Keberagaman Lewat Kreatifitas

 

Zetizen.com – DKV Awards, ajang kompetisi kreatifitas dari himpunan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), Institus Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, kembali digelar. Memperlombakan 13 kategori lomba, DKV Awards 2017 sukses memancing antusiasme lebih dari 400 peserta. Menariknya, masing-masing kategori bisa diikuti seluruh mahasiswa aktif STIKOM dan pelajar SMA/SMK se-Jawa.

Setelah masa pengumpulan karya sejak 1-21 April, hari ini (24/5) tiba waktunya buat mengetahui peraih penghargaan DKV Awards 2017. Suasana ekslusif ala awarding night benar-benar terasa di Ex Perpus Lt. 1 Institut Bisnis dan Informatika STIKOM. Tiap tamu undangan yang tampil elegan dalam balutan dresscode batik dan kebaya modern membuat suasana keberagaman Indonesia terasa kental banget.

Mengusung tema Unity in Diversity, DKV Awards 2017 kental dengan suasana tradisional Indonesia

 

Rupanya, suasana serba etnik dan nasionalis itu nggak lepas dari slogan Unity in Diversity yang diusung sebagai tema utama. Nggak cuma berkomitmen mewadahi kreatifitas, DKV Awards 2017 juga punya misi mulia buat mengajak para pemuda bersatu dalam keberagaman melalui karya yang dibuat. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Program Studi S1 DKV STIKOM, Siswo Martono, S.Kom., M.M.

“Selain menjadi wadah apresiasi kreatifitas, DKV Awards 2017 juga diharapkan bisa menyadarkan para pemuda tentang pentingnya menjaga persatuan dalam perbedaan. Ikut mewujudkan arti Bhineka Tunggal Ika melalui karya,” ujarnya.

Karena misi itu jugalah tiap peserta dituntut menciptakan karya yang Indonesia banget. Misalnya, lomba fotografi periklanan mengusung tema Produk Lokal, lomba desain karakter mengusung tema Culture Hero of Indonesia, dan lomba iklan TVC serta iklan layanan masyarakat mengusung tema Wonderful Indonesia. Seru kan?

Pembacaan nominasi DKV Awards 2017

 

Setelah dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan hymne STIKOM, satu demi satu pemenang DKV Awards 2017 disebutkan. Dari lima nominasi dalam tiap kategori, cuma ada satu karya terbaik yang mendapat piala DKV Awards 2017. Saking bergengsinya nih, beberapa pemenang sampai speechless waktu harus memberi speech kemenangan di atas panggung.

“Ini kemenangan kedua setelah tahun lalu. Nggak nyangka dan senang banget, padahal awalnya aku pesimis karena tahun ini cuma ikut di satu kategori. Bersyukur dan bangga banget,” ujar Henny Miftachu, mahasiswa DKV STIKOM angkatan 2014, yang sukses menyabet penghargaan kategori desain poster lewat karyanya yang berjudul ‘Beda Bahasa Suku Budaya Tetap Sama’.

Henny Miftachu, pemenang kategori desain poster

 

Nggak cuma pemenang internal, euforia kemenangan juga dirasakan peserta kategori SMA/SMK. Beberapa di antaranya bahkan datang jauh-jauh dari luar kota demi sesi awarding. Misalnya Dhimas Aji Kurniawan, siswa SMA As-Sa’dah Gresik yang menyabet penghargaan kategori Animasi 2D SMA. “Bisa menang kompetisi kayak gini bikin kita lebih termotivasi. Aku yang masih kelas satu ini jadi makin semangat berkarya,” ujarnya bangga.

Well, selamat ya buat para pemenang. Jangan capek dan bosan buat terus berkarya untuk Indonesia.

 

Fotografer: Rifqy Zetizen | Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article