Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Perilaku Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Mencemari Laut Loh!

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 09 Jun 2017
5 Perilaku Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Mencemari Laut Loh!

Zetizen.com – Ternyata selain membuang sampah ke laut, pencemaran laut bisa berasal dari hal simpel yang nggak kamu sadari loh. Bahkan dari lingkungan rumah kita. Kalau dilakukan terus-menerus, bisa-bisa beberapa tahun lagi laut dan biota-biotanya bakal rusak. Apa aja sih kebiasaan yang nggak sadar sering kita lakukan?

 

burung-burung laut sering memakan balon yang ia temukan di laut (foto:countingcoots)

Melepaskan Balon ke Udara

Pernah penasaran nggak sih, kalo kita melepas balon ke udara dia akan terbawa dan meletus dimana? Selain bisa membunuh burung karena terjerat, banyak banget balon-balon yang terbawa angin hingga kelaut. Nah, buktinya survey yang dilakukan oleh U.S. Fish and Wildlife Service menemukan ratusan balon yang berada di sekitar laut maupun bibir pantai. Parahnya lagi, beberapa hewan akhirnya memakan sampah balon itu. Nggak sedikit juga burung atau ikan yang akhirnya mati karena memakannya. Kasian banget kan?

 

busa yang ada di dalam air sungai atau laut dapat merubah PH air dan membuat hewan laut terganggu kehidupannya (foto: wikimedia)

Membuang Deterjen Langsung ke Selokan

Setelah kalian mencuci, kira-kira air cucian yang tercampur deterjen tersebut akan kamu buang kemana? pasti akan keselokan kan? Nah, ternyata nih air deterjen yang kamu buang tadi bisa meningkatkan PH air. Dampaknya, organisme dan makhluk air akan tercemar dan bisa-bisa mati karena keracunan zat kimia.

 

pestisida dapat terbawa oleh sungai menuju ke laut (foto: creativefair)

Menggunakan Pestisida Berlebihan

Pestisida memang dikenal ampuh melawan serangga atau hama yang ada di tanaman. Namun, penggunaannya yang berlebihan ini juga sangat berbahaya loh. selain bisa mencemari tanah, pestisida bisa mencemari laut. Hal ini dikarenakan pestisida akan terbawa dari selokan, sungai, dan menuju ke laut. Nah loh, masa kamu mau makan ikan yang tercemar pestisida?

 

pisahkan sampah popok dan pembalut dari sampah lain (foto:thebaffler)

Membuang Pembalut Sembarangan

Seringkali para cewek masih suka menggabungkan sampah pembalut dengan sampah lainnya. Did you know, kebiasaan itu ternyata nggak baik loh. Karena disatukan dengan sampah lainnya, bisa jadi sampah pembalut tadi terbongkar oleh hewan. Bisa-bisa sampah pembalut tadi ikut dibongkar dan terbawa dari selokan hingga ke laut.

Selain bisa mencemari dari bahan kimianya, ikan atau makhluk berukuran besar akan mengira itu makanan dan memakannya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuangnya dengan terpisah. Sebab, sekarang TPA sudah melengkapi dengan pengolahan limbah pembalut dan popok. Sehingga bakalan lebih aman guys untuk lingkungan.

 

hemat listrik bisa menjaga laut (foto: omo.co)

Hemat Listrik = Menjaga Laut

Kok bisa sih listrik berhubungan dengan laut? Eh jangan salah, hampir 80% energi listrik kita dibuat dari olahan minyak. Nah, minyak sendiri berasal dari mikroorganisme yang umumnya dapat menjaga PH laut agar seimbang. Kalau kamu terus-terusan boros menggunakan listrik, berarti sama aja terus mengambil minyak yang ada di laut. Alhasil penjaga PH di laut akan berkurang terus menerus. FYI nih, PH di laut yang berubah dapat merusak ekosistem laut secara perlahan loh!

 

source: livestrong, hidustantimes

Editor : Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article