Are You a Zetizen?
Show Menu

Belum Lolos SBMPTN? Nggak Usah Sedih! 5 Hal Ini Masih Bisa Kamu Lakukan Kok!

Nourma Vidya Nourma Vidya 14 Jun 2017
Belum Lolos SBMPTN? Nggak Usah Sedih! 5 Hal Ini Masih Bisa Kamu Lakukan Kok!

Zetizen.com - Hasil SBMPTN akhirnya diumumkan. Dan yang namanya seleksi, pasti ada aja peserta yang nggak berhasil mendapatkan posisi di Universitas yang udah diidam-idamkan.

Kecewa? Udah pasti. Sedih? Ya iyalah! Tapi kalau putus asa? wah jangan banget deh, Guys. Soalnya, SBMPTN ini samasekali bukan akhir dari perjuanganmu mengejar cita-cita. In fact, masih banyak banget hal yang bisa kamu lakukan buat terus mengejar mimpi dan masa depanmu.

Nih, kelar urusan SBMPTN, hal-hal berikut ini juga bisa mengantarkanmu ke bangku kuliah impian.

Buang Minder dan Segera Tentukan Tujuan

Buang Minder dan Segera Tentukan Tujuan

Buang minder, jalanmu masih panjang! (Lifeisawesome)

Wajar banget kok kalau kamu ngerasa sedih dan minder waktu ngelihat teman-teman yang lolos. Tapi jangan lama-lama ya! Buruan deh buang rasa mindermu! Sebab, kamu juga butuh segera bangkit dan menentukan tujuan. Setelah tahu kalau kamu nggak lolos, langsung aja rancang rencana selanjutnya.

Mau coba ikut tes lain? Cus deh cari informasinya. Atau mau fokus belajar lagi buat menaklukkan SBMPTN tahun depan? Go ahead! Inget selalu kalau kamu nggak perlu sedih, apalagi minder. Inget, everybody has his/her own time. Be optimist!

Ikut Jalur Ujian Mandiri

Ikut Jalur Ujian Mandiri

PTN masih teraih lewat jalur mandiri kok! (Twitter)

Buat kamu yang masih mau melanjutkan ‘perjuangan’ berburu PTN di tahun ini, masih ada jalan yang terbuka kok buat kamu. Yes, kamu masih bisa coba ikut seleksi lewat jalur mandiri. 

Apalagi, buat tahun ini, beberapa PTN nggak lagi membuka seleksi mandiri dengan ujian tulis. Yang berarti, mereka memakai nilai SBMPTN mu buat proses seleksi. Makanya, segera deh cari tahu jadwal dan ketentuan pendaftaran mandiri yang mau kamu ikuti!

Jadwal Pendaftaran Mandiri PTN // Daftar Universitas yang Pakai Nilai SBMPTN

Daftar di Universitas Swasta

Daftar di Universitas Swasta

Negeri dan swasta sama kerennya! (Twitter)

Meski masuk dan menembus PTN emang jadi mimpi banyak orang, tapi jangan lupa kalau sukses nggak melulu harus bermula dari PTN. Asal kamu tahu nih ya, Indonesia juga punya segudang universitas swasta yang nggak kalah kece dan bergengsi.

Makanya, jangan ragu deh buat mulai mempertimbangkan masuk di universitas swasta. Negeri atau swasta nggak jadi penentu kesuksesan, semua sama keren dan bermanfaat ilmunya!

Jadwal Pendaftaran PTS 

Daftar Bimbel Buat Persiapan Tahun Depan

Daftar Bimbel Buat Persiapan Tahun Depan

Ikut bimbel biar persiapanmu tahun depan makin matang! (Arsblog)

Kalau kamu memutuskan buat menunda kuliah dan menunggu seleksi tahun depan, nggak masalah banget kok! Sambil menunggu satu tahun, kamu bisa coba ikut bimbel dan rajin-rajin latihan soal.

Nggak usah minder karena ngerasa tertinggal. Buktinya, banyak kok anak yang malah sukses masuk PTN impian setelah mengejar seleksi tahun berikutnya.

Lihat aja Nivita Adiibah, cewek yang juga pernah punya pengalaman gagal SBMPTN tahun 2014. Memutuskan buat ikut bimbel selama setahun, Nivita malah sukses masuk jurusan ilmu komunikasi Universitas Gajahmada setahun kemudian. Keren banget, kan? 

“Percaya atau enggak, banyak hikmah yang aku dapat setelah gagal SBMPTN. Misalnya nih teman-temanku yang udah keterima banyak yang curhat pengen pindah jurusan. Disitu aku merasa bersyukur banget, karena artinya aku dikasih kesempatan mempersiapkan diri dan berfikir lebih matang. Saranku cari bimbel yang bisa banyak kasih latihan soal ya, karena itu yang paling dibutuhkan. Nggak usah minder!,” - Nivita Adiibah.

Kerja dan Cari Pengalaman

Kerja dan Cari Pengalaman

Sambil kerja, kamu bisa dapat ilmu yang mungkin belum didapat teman-temanmu. Asyik, kan? (Pinterest)

Menunda ikut seleksi tapi juga belum feel buat ikut bimbel lagi? Well, mungkin ini saatnya kamu mencoba cari pengalaman dengan bekerja. Yes, nggak ada salahnya loh kamu eksplor hobi dan passion di dunia kerja.

Nggak cuma bisa memantapkan passion buat kuliah, kamu juga dijamin bakal dapat pengalaman seabrek. Kristian Stevan, cowok asal SMA Tarsisius II Jakarta udah membuktikan sendiri. Dia memutuskan buat bekerja setelah lulus SMA, dan dapat pengalaman yang berharga banget.

“Sambil nunggu seleksi tahun depan, bekerja itu boleh banget dicoba. Di dunia kerja, aku jadi tahu cara berorganisasi, kerjasama, sampai tahu duluan ilmu yang mungkin teman-teman lain belum tahu. Aku bisa ngerasain pengalaman naik jenjang mulai jadi staff accounting, sampai jadi asisten general manager di PT Batik Semar Jakarta. Dari pengalamanku kerja, aku bahkan juga berani bisnis buka restaurant di Jakarta Barat,” Kristian Stevan.

Yes, setelah baca ini, nggak ada lagi deh alasan buat minder karena gagal SBMPTN! 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article