Are You a Zetizen?
Show Menu

Merayakan Seni Grafiti di Street Dealin XI

Merayakan Seni Grafiti di Street Dealin XI

Zetizen.com - Festival grafiti dan street art Street Daelin kembali diadakan oleh Gardu House untuk ke-11 kalinya. Di tahun ini, Street Dealin dimulai sejak tanggal 12 Desember hingga 16 Desember kemarin. Street Dealin sejak tahun 2011 telah menjelma menjadi ajang berkreasi berbagai komunitas, nggak cuma komunitas grafiti, namun ada juga komunitas lain seperti komunitas motor hingga film. Di Street Dealin XI, ada beberapa rangkaian acara yang saling melengkapi, mulai dari By Your Run Camp Project, Party Collective Exhibition, Lenscaps, Two Wheels Exhibition serta Big Bang sebagai acara puncakSimak yuk keseruan Street Dealin XI!

Dibuka dengan By Your Run Camp Project, para seniman grafiti secara kolektif menghias sembilan Rukun Tetangga (RT) di Jalan Jatayu, Kebayoran Lama. Dari 9 RT, total ada 35 tembok dan 45 seniman yang terlibat. Kondisi jakarta yang akhir-akhir ini diguyur hujan nggak mengendurkan semangat para seniman grafiti dari berbagai negara. Misalnya dari Filipina, Singapura, Taiwan, Malaysia.

Nggak cuma berkreasi, para seniman juga berinteraksi dengan warga (credit: Taufiq/Zetizen Team)

Saat mengerjakan karyanya, seniman dari berbagai negara ini bisa dengan ramah berinteraksi dengan anak-anak yang tinggal di Jalan Jatayu. Hombre misalnya, salah satu seniman grafiti asal Jerman menceritakan rasa bahagianya waktu menggambar di Jalan Jatayu, "Gue ngerasa waktu berkarya kemarin ngeliat orang Indonesia happy-happy dan friendly, semua kelas membaur dan keliatan bahagia aja nggak seperti orang-orang di Jerman," ujarnya. Acara pembukaan ini berhasil menghasilkan karya-karya ciamik yang menghiasi dinding perumahan warga.

Gudang Sarinah nggak luput jadi tempat berkreasi seniman grafiti (Credit: Taufiq/Zetizen Team)

Puas mengapresiasi seni di perumahan warga, Party Collective Exhibition jadi suguhan selanjutnya. Sebanyak 17 seniman grafiti lewat Party Collective Exhibition memamerkan karya mereka di ruang seni atau galeri. Setiap seniman memproduksi tiga karya mereka untuk dipajang di tiga galeri berbeda, yaitu D'Gallery, Third Eyes Space, dan RURU Gallery. Setelah pameran kolektif di ruang seni, Street Dealin XI menyajikan Lenscaps dan Two Wheels Exhibition.

Street Dealin ditutup dengan Big Bang! (creditL Taufiq/Zetizen Team)

Berbagai acara yang sudah berlangsung rasanya akan semakin sempurna dengan kehadiran penutup manis. Big Bang jadi pesta penutup yang diadakan di Gudang Sarinah, jakarta Selatan. Program Manajer Gardu House, Bima Chris menceritakan keinginannya lewat Street Dealin XI untuk menularkan semangat positif, "Street Dealin ini adalah sebuah movement yang pengen kita sebarin, jadi nggak cuma Gardu House yang ngelakuin namun komunitas lain juga." Untuk ke depannya Bima mengharapkan movement ini bisa dia bawa ke negera lain. Way to go!

 

Editor: Ferry Sandi

RELATED ARTICLES

Please read the following article