Are You a Zetizen?
Show Menu

Gapai Mimpi sampa Brunei

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 01 Dec 2022
Gapai Mimpi sampa Brunei

Zetizen-Pengin kuliah di luar negeri, tapi nggak mau yang terlalu jauh? brunei Darussalam merupakan negara yang bisa membantumu untuk mencapai mimpi itu. Awal tahun ini, Pemerintah brunei baru merilis brunei Darussalam Government Scholarship yang tersebar di empat universitas, yakni Universiti brunei Darussalam, Univesiti Islam Sultan Sharif Ali, Universiti Teknologi Brunei, serta Politeknik Brunei. Sebelum daftar, yuk kenalan dengan tiga awardee beasiswa ini! (c12/raf)

PERSIAPKAN DIRI KETIKA WAWANCARA

”Di antara semua tahap persiapan untuk lolos, kamu harus benar-benar memperhatikan tahap wawancara. Pada tahap kedua ini, tim panitia BDGS mempersilakan kita untuk memperkenalkan diri terlebih dulu. Kamu bisa mendapat nilai plus dalam wawancara kalau bercerita tentang visi, hobi, dan kebiasaan yang membuatmu diterima. Nah, biasanya bahasa yang dipakai adalah bahasa pengantar kuliah yang kita tuju. Setelah itu, kamu juga diminta untuk baca Alquran.”

KEMUDAHAN BIAYA

”Sebagai awardee beasiswa program oleh pemerintah, living cost atau biaya hidup sehari-hari ditanggung. Biar lebih hemat, biasanya mahasiswa memilih untuk memasak atau makan di kantin. Kurs brunei sebesar 10.300. Sementara untuk satu bulan, biasanya butuh 150 BND–200 BND. Bahkan, bisa kurang dari angka tersebut. Selain itu, mahasiswa merasa terbantu dan senang dengan warga lokal yang sangat terbuka.”

KURIKULUM NGGAK MEMBERATKAN

”Kadang ada yang takut kuliah di luar negeri karena memikirkan kurikulum atau sistem belajar yang memberatkan. Padahal, ada beberapa kampus yang menerapkan sistem yang nggak jauh berbeda dengan Indonesia. Misalnya, brunei yang menerapkan sistem credit hours seperti SKS (satuan kredit semester). Jadi, kamu bisa memilih program studi sesuai dengan rencana dan keinginan mahasiswa. Bedanya, brunei mempunyai standar dalam jurusan. Misalnya, jurusan agama mengikuti standar Mesir dan Jordania. Sementara itu, jurusan umumnya menggunakan standar universitas UK.”

Zetizen-Biasanya, awal tahun merupakan waktu yang paling tepat bagi scholarship hunter untuk mengirimkan aplikasi dan pendaftaran. Soalnya, banyak banget kampus dan pemerintah yang membuka program beasiswa. Di antara berbagai kampus yang menawarkan beasiswa itu, brunei layak mendapat tempat di hatimu berkat beberapa alasan ini. Apa aja? (c12/raf)

MELAYU ISLAM BERAJA

Artinya, brunei adalah kerajaan Islam dan bukan negara sekuler. Sehingga warganya sangat ramah. ”Karena sehari-hari pakai bahasa Melayu, kita jadi mudah berkomunikasi dan beradaptasi,’’ ujar Risma Nur Baiti, mahasiswi S-2 Fakulti Ushuluddin Universiti Islam Sultan Sharif Ali brunei Darussalam.

LINGKUNGAN RELATIF TENANG

Berdasar data laman web KBRI Bandar Seri Begawan, pada 2013 total populasi penduduk tercatat 406.200 orang. ”Lingkungan relatif tenang dan damai dengan tingkat kejahatan yang rendah. Jadi sangat nyaman untuk mengadu nasib di brunei dalam bekerja maupun belajar,” lanjut Risma.

BISA DICAPAI DENGAN BERAGAM AKSES

Posisi negara brunei di bagian utara Pulau Kalimantan d a p a t ditempuh dengan perjalanan udara maupun darat melalui Pontianak (Indonesia) melewati Serawak (Malaysia). ”Waktu tempuh dan biaya perjalanan dari Indonesia ke brunei tidak lama dan tidak mahal sehingga pilihan mengadu nasib di brunei menjadi lebih masuk akal daripada negara lain,” tutur Risma. Go grab your chance!

RELATED ARTICLES

Please read the following article