Are You a Zetizen?
Show Menu

Sekolah atau Kerja? Why Not Both

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 21 Dec 2022
Sekolah atau Kerja? Why Not Both

Zetizen-Sejauh ini kalau tinggal di luar negeri, mungkin yang ada di pikiran kamu cuma dua: sekolah atau kerja. Tapi, di Jerman ada program menarik yang memberikan kamu kesempatan untuk bekerja sekaligus mendapatkan pendidikan sesuai bidang yang kamu pilih. This is it. Ausbildung. (c20/fik)

Ausbildung adalah program pendidikan kejuruan di Jerman dan terbuka bagi siapa pun, termasuk warga negara di luar Jerman. Bidang yang ditawarkan juga banyak. Mulai perhotelan, pariwisata, restoran, hingga otomotif. Kamu bisa pilih sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Di Ausbildung ada dua kategori. Yakni, duale Ausbildung yang lebih mengutamakan praktik kerja daripada kegiatan belajar di sekolah dan schulische Ausbildung yang sebaliknya. Karena program ini setara dengan diploma, jadi biasanya kamu membutuhkan 2,5–3 tahun untuk menyelesaikan program ini.

Sebenarnya, cara ikutan program ini simpel banget. Kamu cukup mendaftarkan diri ke salah satu perusahaan di Jerman sebagai peserta program Ausbildung. Kalau diterima, kamu bisa langsung berangkat ke Jerman untuk mengikuti pendidikan sekaligus bekerja secara profesional di perusahaan tersebut.

Pasti kamu harus menyiapkan visa, tiket pesawat, tempat tinggal, hingga kebutuhan akomodasi sementara lainnya. Sebab, nanti perusahaan tempat kamu bekerja mem-fasilitasi segala keperluanmu selama di Jerman. Nggak mau ribet? Kamu bisa kontak agen-agen pendidikan di Indonesia untuk membantu kamu loh.

Zetizen-Pasti banyak di antara kamu yang penasaran gimana serunya ikutan Ausbildung, kan? Zetizen bakalan berbagi cerita dari salah satu peserta Ausbildung nih. Let’s meet Dwi Anggraini!

Dwi Anggraini atau yang biasa disapa Angie adalah salah satu peserta program Ausbildung yang berangkat awal tahun ini. Tiga bulan hidup di negara asal Beethoven, Angie pasti merasakan banyak pengalaman baru. Apalagi, dia di sana bukan untuk berlibur, tapi bekerja sekaligus sekolah.

’’Untuk aku sendiri kan emang punya basic perhotelan. Kuliahku juga di jurusan manajemen perhotelan. Jadi, ketika milih program untuk Ausbildung pun, pasti nggak jauh dari dunia perhotelan. So far, seru banget sih. Apalagi, di sini akomodasiku difasilitasi dari hotel tempatku kerja. Mulai apartemen sampai transportasi,” ujarnya.

Meskipun ada beragam pilihan bidang pada program Ausbildung, menurut Angie, masih banyak pelajar atau mahasiswa di Indonesia yang belum mengetahui program ini. Menurut dia, kebanyakan masih berpikiran bahwa beasiswa ke Jerman cuma lewat jalur perkuliahan. ’’Contohnya aja, teman[1]temanku kebanyakan milih program Ausbildung untuk perhotelan dan restoran. Padahal, ada juga untuk bidang-bidang teknik,’’ tuturnya.

Selama berada di Jerman, kamu pun pasti mengembangkan kemampuan berbahasamu dengan lebih baik lagi. Apalagi, keterbatasan penggunaan bahasa Inggris jadi salah satu tantangan tersendiri. ’’Pastiin basic bahasa Jerman kamu benar-benar kuat atau seenggaknya ada keinginan kuat buat belajar. Karena hampir semua di sini menggunakan bahasa Jerman. Jarang yang menggunakan bahasa Inggris,’’ ucapnya.

Walaupun bisa mengurus program Ausbildung sendiri, sebaiknya kamu tetap menggunakan jasa agen pendidikan. ’’Ini penting banget sih menurutku. Karena agen-agen ini kan pasti punya perwakilan di setiap kota. Jadi, kalau ada permasalahan apalagi terkait administrasi, bisa cepat diurus. Ini aku berkaca dari pengalamanku dan teman-temanku sih,’’ jelasnya.

Selain kesempatan untuk hidup di Jerman, kamu bakal mendapatkan tambahan pengalaman. Baik dalam hal profesional kerja maupun pendidikan. Nggak menutup kemungkinan juga kamu bisa melanjutkan karir ataupun pendidikanmu di sini. Gimana? Tertarik mencoba? (c20/fik)

RELATED ARTICLES

Please read the following article