Are You a Zetizen?
Show Menu

Makin Mudah Belajar di Luar Negeri

Narendra Mg Narendra Mg 29 Nov 2022
Makin Mudah Belajar di Luar Negeri

Zetizen-Kuliah di luar negeri nggak lagi jadi angan-angan! Banyak beasiswa exchange fully funded yang bisa diikuti. Nah, kali ini Zetizen bakal sharing bareng Putri Nabilah, awardee Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA 2021. Program Kemendikbudristek itu sudah membiayai lebih dari 1.000 mahasiswa tingkat S-1 untuk belajar di perguruan tinggi top dunia. Wah, gimana ya pengalaman Putri Nabilah selama satu semester kuliah di Belanda?

’’Aku selalu punya mimpi untuk ke luar negeri, eksplorasi, dan kenalan sama orang yang kebudayaannya berbeda denganku. Mimpi itu sempat tertahan karena kondisi ekonomi nggak memungkinkan. Doaku seakan-akan terjawab dengan adanya program ini. So, I’ll just give it a go,’’ tutur Putnab, sapaan akrabnya.

Putnab harus menyelesaikan beberapa tahapan sebelum dinyatakan lolos. Ada seleksi administrasi dan wawancara. Dia juga perlu mempersiapkan dokumen seperti English
proficiency test, transkrip nilai, surat rekomendasi, dan esai atau motivation letter. Putnab bahkan kerap meminta bantuan kakak tingkat untuk merevisi esai yang dibuatnya.

’’Yang cukup sulit adalah ketika memilih universitas dan membuat esai. Aku berkonsultasi dengan dosen wali, kepala program studi, dan orang tua untuk memutuskan universitas dan negara mana yang nantinya aku tinggali,’’ jelas mahasiswa Universitas Airlangga itu.

Pilihannya jatuh pada University of Twente di Belanda. Sebab, World QS Ranking-nya cukup tinggi (Top 200) di dunia. University of Twente juga menyediakan beragam mata
kuliah yang sesuai minat Putnab. Belanda juga masih memiliki hubungan sejarah dengan Indonesia sehingga banyak tempat yang ingin dikunjunginya.

’’Kuliah di sana ada 3–5 pertemuan dalam seminggu. Di luar kuliah, aku aktif mengikuti kegiatan kampus lain seperti klub olahraga dan komunitas debat tingkat universitas. Aku juga sering menghadiri kuliah umum karena selalu mengundang tamu terhormat seperti CEO dan orang yang menginspirasi lainnya,’’ ungkapnya.

Sesama awardee IISMA di sana juga sempat mengadakan Food Festival untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, lho! Mereka mengenalkan makanan khas Indonesia ke mahasiswa lokal.

Saat weekend, Putnab nggak pernah absen mengeksplorasi tempat-tempat baru. Mulai museum, kincir angin, hingga negara tetangga. Dia mendapat banyak pengalaman menarik. Di antaranya, merasakan salju untuk kali pertama, naik kereta cepat, berinteraksi langsung dengan Pak Mayerfas dari Kedutaan Besar Indonesia di Belanda, hingga mengalami kejadian unik seperti ketinggalan kereta, terkena scam, dan nyasar.

Putnab berharap bisa mendorong informasi tentang kesempatan yang didapatnya dari beasiswa tersebut. Dia juga optimistis untuk menempuh studi lanjut di luar negeri dan berkontribusi pada kemajuan Indonesia. Kesempatan belajar sampai luar negeri mungkin hanya datang sekali seumur hidup. So, jangan sia-siakan masa mudamu, kawan! (elv/c12/lai)

Persiapkan Dengan Matang

Pertimbangkan Pilihanmu
Jangan asal pilih universitas dan mata kuliah! Research sebelum memutuskan negara, kampus, dan jurusan apa yang dipilih. Perhatikan juga persyaratan administrasi tiap universitas. Jangan ngotot memilih universitas yang nggak sanggup kamu penuhi persyaratannya seperti IPK dan English test.

Latihan Interview
Interview biasanya dilakukan dengan bahasa Inggris. Kamu bisa coba buat kemungkinan pertanyaan yang bakal ditanyakan dan berlatih menjawabnya. Minta bantuan temanmu atau berlatih di depan cermin biar nggak gagap saat hari H.

Cari Teman Seperjuangan
Berjuang bersama lebih menyenangkan. Kamu bisa bergabung grup beasiswa atau ikut talk show seputar exchange. Jangan sungkan bertanya ke teman, kakak tingkat, dan juga awardee tahun sebelumnya. Informasi yang kamu dapat bakal sangat membantu dalam proses seleksi ke depannya. (elv/c12/lai)

 

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article