Are You a Zetizen?
Show Menu

Jelajah Masa Depan dari Museum

Narendra Mg Narendra Mg 02 Mar 2022
Jelajah Masa Depan dari Museum

Zetizen-Welcome to the future! Mengunjungi museum dengan koleksi barang bernilai sejarah rasanya udah biasa. Gimana kalau museum tentang masa depan? museum of the Future di dubai baru saja resmi dibuka pada Selasa (22/2). Desain yang indah dan futuristis menjadikan museum itu sebagai salah satu museum terindah di dunia, lho! Wah, ada apa aja ya di dalamnya? (arm/c12/lai)

OSS Hope
Let’s fly to the moon! Di perjalanan pertama, pengunjung diajak menjelajah ke lantai 5 museum. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, kamu bisa merasakan atmosfer luar angkasa yang terasa nyata di OSS Hope. Kamu bisa memantau fenomena alam, mempelajari spesies multi-planet, hingga mene mukan cara menyelesaikan permasalahan yang dialami bumi. Uniknya, lift di sana dirancang mirip pesawat NASA pada 1981, lho

Heal Institute
Nah, kalau di Heal Institute, pengunjung bakal dikenalkan dengan hutan Amazon digital yang luar biasa. Lalu, melihat dan mempelajari 2.400 spesimen di perpustakaan DNA Vault of Life. Sebagian koleksi merupakan spesies yang sudah punah dan sebagian lagi masih hidup sampai saat ini. Bagian tersebut mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam agar di masa depan bisa hidup dengan keindahan rain forest.

Al Waha Oasis
Museum of the Future nggak lupa mengajak pengunjungnya beristirahat sejenak di Al Waha Oasis. Lantai ruangan didesain serupa pasir virtual yang bergerak mengikuti langkah pengunjung. Ada juga Feel Station yang memberikan pengunjung pijatan tangan melalui gelombang supersonik dari perangkat terjaring, Grounding Station dengan gong yang menghasilkan getaran, dan Connect Station sebagai ruang interaktif. It’s a kind of satisfying room!

Tomorrow Today
Di lantai 2, pengunjung bisa menikmati pameran teknologi bertajuk Tomorrow Today. Terdapat lebih dari 50 prototipe dan produk teknologi yang dipamerkan. Di antaranya, mobil self-driving, jet suit, drone, dan robot-robot unik. Semua itu didedikasikan untuk mengatasi tantangan di masa depan. Mulai masalah pertanian, ketahanan pangan, pengelolaan sampah berkelanjutan, hingga perlindungan lingkungan.

 

    Fun Facts

  • Museum of the Future didesain arsitek Shaun Killa. Temanya terinspirasi dari konsep fengsui.
  • Bentuk bangunan menyerupai mata yang bisa menerawang ke masa depan.
  • Dibangun dengan ketinggian 252 kaki atau sekitar 77 meter dan membentang di atas area sekitar 17.600 meter persegi.
  • Konstruksinya menggunakan sekitar 1.024 panel baja tahan karat dan kaca serat.
  • Kerangka museum ditutupi kutipan puisi Sheikh Muhammed bin Rashid Al Maktoum dalam kaligrafi Arab.
  • Bangunan tersebut menggunakan sistem irigasi pintar yang mampu menyesuaikan kadar penggunaan air pada taman dengan sistem data dan sensor.
  • Jendela berbentuk kaligrafi membuat bangunan lebih ramah lingkungan dengan memaksimalkan sumber cahaya matahari.
  • Museum juga dilengkapi kedai kopiyang dijalankan robot.
  • Masuk daftar 14 museum terindahdi dunia oleh majalah NationalGeographic. (arm/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article