Are You a Zetizen?
Show Menu

Acar Crunchy yang Lagi Viral

Narendra Mg Narendra Mg 16 Dec 2022
Acar Crunchy  yang Lagi  Viral

Zetizen-Tren makanan di TikTok emang nggak pernah gagal mengejutkan kita. Kali ini muncul tren memakan acar bawang dengan saus pedas sriracha. Meski nggak umum untuk dikombinasikan, beberapa TikTok-ers yang mencobanya mengatakan enak loh! Penasaran sama acar bawang? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Acar bawang emang memiliki rasa yang lebih ringan dan manis daripada memakan bawang mentah langsung. Ditambah dengan tekstur crunchy-nya yang bikin kecanduan untuk nggak berhenti mengunyah. acar bawang biasanya dimakan sebagai sampingan, tapi ternyata nggak jarang juga orang mengonsumsinya sebagai camilan. Dalam pembuatannya, pengawetan acar sendiri merupakan proses yang menarik loh!

Pengawetan acar merupakan kerajinan kuliner yang sudah ada selama ribuan tahun. Pickle, bahasa inggris acar, berasal dari bahasa Jerman pókel yang berarti garam atau air asin. Dua komponen itulah yang sangat penting dalam pengawetan acar. Karena hasil pengawetan acar yang bertahan lama, acar dimakan pelaut ketika berlayar dan saat musim dingin melanda.

Acar sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu acar yang diawetkan dengan cuka dan yang diawetkan dengan larutan air garam. Biasanya yang diawetkan dengan cuka bisa kita dapatkan di acar timun khas Amerika Serikat. Kalau pengawetan dengan air garam bisa kamu temukan di daerah Asia seperti acar bawang, sayuran, dan kimci. Pengawetan nggak hanya untuk menjaga agar bahan tidak rusak, tapi juga mengubah rasa dan tekstur menjadi semakin menarik.

Melansir dari Nourish, bikin acar bawang itu cukup mudah. Untuk membuat acar bawang, kamu butuh stoples yang bersih. Kupas bersih bawang dan cuci bawang dengan air hangat. Masukkan bawang ke stoples, kemudian tambahkan air, garam, dan bumbu lain seperti cabai sesuai selera. Jika sudah selesai, tutup stoples dan biarkan di suhu ruangan 3–6 minggu.

Acar bawang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan telah digunakan untuk pengobatan sejak dulu. Meski bermanfaat, makan acar bawang dengan saus pedas tidak dianjurkan. Sebab, asam dari acar dan kepedasan saus sriracha dapat melukai lambung kamu loh! Hasil studi European Journal of Cancer 2015 juga menyatakan makanan tinggi garam seperti acar dikaitkan dengan risiko kanker perut. Nah, kalau mau konsumsi acar bawang, secukupnya aja, ya! (elv/c13/lai)

LEWAT beberapa penelitian, acar memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pengawetan dapat meningkatkan jumlah nutrisi dan memudahkan untuk diserap tubuh kita. Nah, berikut beberapa manfaat konsumsi acar bawang! (elv/c13/lai)

Salah satu penelitian terbanyak tentang manfaat bawang adalah berkaitan dengan jantung. Kolesterol menjadi indikator dalam kesehatan jantung. acar bawang sendiri dapat membantu mengurangi level kolesterol. Kandungan sulfur dalam bawang membantu meredakan peradangan pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bawang putih mengandung antioksidan untuk mencegah kanker dan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Terutama, di masa pandemi ini, kita harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi acar bawang untuk meningkatkan imunitas.

 

Manfaat yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing. Bawang emang dikenal dengan manfaat antibakteri. acar bawang bisa membunuh bakteri, terutama bakteri dalam pencernaan dengan alisin, molekul dalam bawang yang menghambat pertumbuhan bakteri. Eitss, ternyata selain bakteri, acar bawang menghambat pertumbuhan jamur loh!

RELATED ARTICLES

Please read the following article