Are You a Zetizen?
Show Menu

Tips Makan Puas dan Anti Rugi di Restaurant All You Can Eat

Nourma Vidya Nourma Vidya 20 Apr 2017
Tips Makan Puas dan Anti Rugi di Restaurant All You Can Eat

Zetizen.com – Ngelihat deretan makanan super lezat di resto all you can eat, rasanya nggak puas kalau nggak makan semuanya. Sayangnya, banyak orang yang end up nggak bisa makan banyak karena keburu kekenyangan. Alhasil, budget cukup besar yang udah dikeluarkan pun seolah jadi nggak sebanding sama kepuasan yang didapat. Nah, biar kamu nggak rugi waktu makan di tempat kayak gini, coba deh ikutin tips berikut

 

Say No To Perut Kosong

Jangan kosongi perut sebelum <a href= makan di resto All You Can Eat" width="1200" />
Jangan sampai perut kosong sebelum 'bertempur' di resto all you can eat ya! (Foto : teardrops)

Saat udah punya planning buat makan di resto All You Can Eat, kebanyakan orang biasanya terlebih dulu mengosongkan perut. Biasanya mereka sengaja nggak makan dari pagi dengan harapan bisa makan puas di sana. Padahal, strategi ini sebenarnya salah. Soalnya, perut yang berada dalam kondisi kosong justru bakal bikin kamu cepat merasa kenyang.

Hal ini sama seperti yang terjadi saat kamu berpuasa. Meski udah berpuasa seharian, kamu pasti merasa cepat kenyang kan waktu berbuka? Hal ini karena nggak makan seharian justru bakal bikin lambung dan pencernaanmu menyusut. Sehingga, kamu nggak punya cukup kapasitas buat makan dalam jumlah banyak. Bahkan kalau dipaksakan,  perutmu bisa-bisa malah ‘kaget’ dan bisa menyebabkan mual dan kembung loh. Makanya, isi perut secukupnya aja sebelum kamu 'menggila' di resto all-you-can-eat nantinya.

 

Berpisah Dulu Sama Nasi

Hindari <a href= makan nasi di resto All You Can Eat" width="1200" />
Di resto All You Can Eat, say goodbye dulu deh sama nasi (Foto : Twitter)

Menu daging-dagingan dan segala variasinya selalu jadi andalan resto all-you-can-eat dimana-mana. Mulai dari yang di-grill sampai direbus ala shabu-shabu, macam-macam menu itu bikin kamu bisa kalap saat memakannya. Banyaknya menu daging-dagingan inilah yang bikin harga per person buat makan di resto all-you-can-eat jadi cenderung mahal.

Maka, selagi punya budget buat makan All You Can Eat, puas-puasin deh menyantap segala jenis daging yang disediakan. Biar tujuanmu pesta daging ini bisa tercapai, say goodbye dulu sama segala hal yang berbau nasi. Meski kebanyakan resto all you can eat menyediakan menu sushi, ada baiknya kamu nggak makan banyak-banyak deh. Karena, kandungan karbohidrat pada nasi bakal bikin kamu cepat kenyang. Nggak mau dong rencana ‘makan besar’ mu jadi gagal gara-gara kenyang duluan?

 

Susun ‘Prioritas’ Menu Favorit

Susun Prioritas Menu Favorit di <a href= resto All You Can Eat" width="1200" />
Prioritaskan menu favoritmu dulu (Foto : foodnetwork)

Keunggulan resto all you can eat yang bikin banyak orang jadi ‘kalap’, adalah berbagai hidangan yang disajikan secara super variatif. Mulai dari daging-dagingan, sosis, sayuran, dessert, sampai berbagai jenis minuman lengkap tersedia. Gara-gara ini, kamu jadi gampang bingung menentukan pilihan makanan. Salah-salah, kamu justru jadi buang-buang waktu karena kelamaan berifikir, atau malah melewatkan menu-menu yang harusnya jadi favoritmu.

Biar hal ini nggak terjadi, maka makan sesuai ‘prioritas’ makanan favorit bisa dicoba. Menyusun prioritas disini nggak literally harus menyusun list secara tertulis gitu ya. Cukup dengan memfokuskan diri buat makan menu-menu favoritmu dulu, sebelum mencoba menu-menu lain. Misalnya nih kamu penggemar sup dan daging, maka puas-puasin deh makan kedua menu ini dulu. Jika dirasa cukup, baru deh kamu bisa mencoba beberapa menu menarik lain. Makanan favorit puas disantap, budget yang dikeluarkan pun jadi nggak sia-sia. Asyik, kan?

 

Makan Perlahan Tapi Pasti

Makan Perlahan Tapi Pasti di <a href= resto All You Can Eat" width="1200" />
Jangan buru-buru! makan perlahan tapi pasti (Foto : Twitter)

Saking nafsunya buat makan sebanyak-banyaknya di resto All You Can Eat, kebanyakan orang biasanya jadi cenderung ‘brutal’ dan makan secara tergesa-gesa. Maksud hati biar nggak kehabisan waktu makan banyak, tapi jatuhnya kamu malah akan tampak nggak classy. Di samping itu, makan tergesa-gesa juga nggak baik loh buat kesehatan pencernaanmu.

Saat makan terburu-buru, pencernaanmu dipaksa bekerja keras secara tiba-tiba. Alhasil, kamu akan merasa sesak atau bahkan tersedak. Kalau udah begini, gagal deh rencana buat makan banyak karena kamu udah keburu nggak fit. Nah, biar nggak kayak gitu, coba deh makannya pelan-pelan aja. Selain sehat, makan perlahan juga bikin kenikmatan menu-menu yang kamu santap lebih terasa, kan?

 

Porsi Sedikit Tapi Rata

Ambil porsi sedikit tapi merata di <a href= resto All You Can Eat" width="1200" />
Biar semua menu tercicipi. ambil porsi kecil tapi rata (Foto : dailyhealthpost)

Meski emang menu-menu favoritmu sebaiknya jadi prioritas, terlalu asyik menyantap menu favorit dalam jumlah besar bisa bikin kamu keburu kenyang dan nggak sempat mencicipi menu lain.

Maka, kalau kamu udah punya misi buat mencoba semua makanan, ambil porsi masing-masing menu dalam jumlah secukupnya. Nggak perlu deh memaksakan diri menyantap banyak porsi di tiap menu yang ada. Cukup ambil sedikit-sedikit tapi rata, malah bikin kamu jadi lebih merasa puas. Baru deh kalau semua menu udah dicoba, kamu boleh nambah dalam jumlah porsi yang lebih besar kalau perutmu masih muat.

 

Jalan-Jalan Menurunkan Makanan

Jalan-jalan kecil saat perut penuh di <a href= resto all you can eat" width="1200" />
Jangan ragu buat jalan-jalan kecil saat perut terasa mulai penuh (Foto : walkboston)

Saking asyiknya menyantap beraneka menu di resto All You Can Eat, kamu biasanya nggak sadar kalau udah duduk terlalu lama. Sekalinya berdiri, biasanya cuma untuk ambil menu lain. Lalu, duduk lagi deh buat menghabiskan makanan demi makanan yang udah diambil. Pola yang terus berulang ini, bikin perutmu  ‘kelelahan’ saking penuhnya. 

Supaya makanan yang kamu makan punya waktu untuk dicerna, ada baiknya kamu memberi jeda jika dirasa perlu. Kalau belum cukup dengan ngobrol, nggak ada salahnya kamu sedikit berjalan-jalan di area resto. Entah itu ke kamar kecil, sekedar melihat menu, atau apapun yang bisa membuatmu beranjak dari tempat duduk. Dengan begitu, makanan yang kamu santap juga akan lebih cepat ‘turun’ sehingga kamu siap untuk menyantap menu-menu lain. Gimana, udah siap ‘berpesta’ dan ‘menggila’ di resto All You Can Eat?

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article