Are You a Zetizen?
Show Menu

Puzzle Super Sulit Bikin Melilit

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 05 Dec 2022
Puzzle Super Sulit Bikin Melilit

Zetizen-Pernah nggak sih, kamu emosi karena nggak bisa-bisa menyelesaikan puzzle? Entah karena tingkat kesulitannya yang tinggi atau sudah nggak tahu bisa diapain lagi. Nah, yang satu ini malah dibuat sebagai puzzle yang sulit dipecahkan. Yap, Hanayama Cast Puzzle! Sesulit apa sih?

Karena sulit dipecahkan, puzzle-puzzle Hanayama ini dijuluki sebagai pengasah otak terbaik di dunia. Bahkan, banyak inventor di dunia yang bersaing agar dapat memasukkan desain puzzle miliknya ke dalam jajaran puzzle Hanayama. Hanayama puzzle hadir dengan berbahan dasar besi untuk menjaga kualitas meski sering diutak-atik pemainnya.

Hanayama puzzle dibagi dalam enam tingkat kesulitan yang berbeda. Mulai level mudah, challenging, hingga level yang paling susah dipecahkan. Di tiap tingkat kesulitan ada minimal sepuluh jenis puzzle dengan cara pemecahan yang jauh berbeda untuk setiap tipe. Salah satu yang paling terkenal, Devil Puzzle, dikategorikan dalam level 4 atau challenging.

Kepopuleran puzzle-puzzle berbahan dasar kayu dan besi ini mulai meningkat sejak akhir 1890-an. Dilansir dari situs Art of Play, banyak bentuk puzzle yang didesain secara manual. Juga digunakan gambar digital CAD untuk memproses mesin yang mencetak material-material kayu maupun logam kuningan menjadi kepingan puzzle yang unik dan presisi. Semua dilakukan untuk menghasilkan puzzle yang pas sehingga ukurannya nggak berbeda.

Tahu nggak sih, kalau puzzle-puzzle ini nggak cuma didesain untuk anak-anak kecil saja? Dr Susanne Jäggi dari Universitas Michigan bahkan berhasil membuktikan bahwa orang-orang dewasa juga bisa mendapat benefit melalui bermain puzzle. ’’Dengan memainkan puzzle Dual N-Back selama 25 menit setiap hari, orang dewasa dapat meningkatkan IQ-nya sebanyak 4 poin,’’ tuturnya. (c20/kch)

Zetizen-Kata ’’mainan’’ tidak selalu semata-mata untuk have fun dan menghabiskan waktu luang. Mainan-mainan puzzle yang unik dan menuntut pemainnya untuk berpikir juga nggak kalah favorit, loh! Berikut ada beberapa mainan yang terlihat menyenangkan, namun ternyata tetap mempunyai fungsi-fungsi khusus. Penasaran? (c20/kch)

Kadang, puzzle yang cara penyelesaiannya perlu dipikir digunakan untuk membuat tangan sang pemain tetap sibuk. Begitu juga Squeeze Peas Extrusion! Meskipun cara kerjanya hanya ditekan-tekan, dijamin bisa bikin tangan kamu tetap sibuk, deh! Apalagi kalau melihat kacang-kacang di dalamnya keluar dengan muka superlucu. Bikin mood naik lagi!

Puzzle kayu yang satu ini mungkin sering banget kita temui sebagai mainan yang dianggap dapat mengasah otak kita. Cara memainkan Arthur’s Wild Staircase adalah melepas puzzle tersebut menjadi ba[1]gian terpisah, lalu mengga[1]bungkannya kembali. Selagi kamu mengutak-atik puzzle ini, ternyata Arthur’s Wild Staircase juga melatih kerja motorik otak kamu, loh!

Meski umurnya cukup tua, yaitu sejak 1960, Etch A Sketch masih banyak diminati karena dapat menghasilkan lukisan keren walau hanya dengan dua tombol yang diputar-putar. Tanpa baterai dan suara, mainan ini menghasilkan kombinasi yang menarik untuk melatih kerja motorik dan kreativitasmu. Bikin gambar keren dengan media terbatas? Why not?

RELATED ARTICLES

Please read the following article