Are You a Zetizen?
Show Menu

Yang Bukan Akhri Cerita

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 07 Dec 2022
Yang Bukan Akhri Cerita

Zetizen-Awalnya tahun lalu Square Enix merilis kingdom hearts III, game yang telah dinantikan selama 14 tahun. Performanya sangat memuaskan. Grafisnya memaksimalkan teknologi PlayStation4 dan ditopang Unreal Engine 4. Permainannya panjang dan bervariasi, di mana para ikon baru disney dan Pixar bermunculan. Seri ini juga memungkasi kisah panjang Sora dan kawan-kawan dalam menghadapi Xehanort dan Organization XIII.

Serial kingdom hearts mempunyai tradisi merilis versi update yang disebut Final Mix. Isinya berbagai tambahan baru. Untuk seri utama yang ketiga ini, bukan lagi update, melainkan ekspansi berjudul kingdom hearts III Re: Mind. game ini baru bisa dimulai setelah permainan utama kingdom hearts III ditamatkan. Isinya adalah tiga skenario baru yang aksesnya terbuka satu per satu dengan menyelesaikan berurutan.

Yang sudah menamatkan kingdom hearts III akan mendapati kenyataan bahwa dua tokoh utamanya menghilang di akhir cerita. Juga ada cuplikan kisah selanjutnya dengan para musuh yang baru. Skenario pertama Re: Mind meneruskan petualangan Sora mencari Kairi di Final World. Ada juga cerita tentang para anggota Organization XIII. Skenario ini memiliki akhir cerita sendiri yang mengarah ke skenario berikutnya yang berjudul Limitcut Episode.

Dalam skenario kedua, sudut pandang beralih ke Riku yang mencari Sora dan Kairi. Kali ini, ia perlu menantang simulasi berisi data tempur para anggota Organization XIII, tetapi dalam versi yang diperkuat. Pemain bakal menghabiskan cukup banyak waktu untuk meningkatkan kemampuan agar bisa mengalahkan mereka. Setelah itu, Riku akan berada di lokasi yang sama dengan Sora, yaitu daerah Shibuya, Tokyo.

Terdengar semakin surealis? Skenario ketiga berjudul Secret Episode. Yakni, bercerita tentang Sora yang memasuki dunia video game dalam kingdom hearts III (iya, dunia game dalam game). Ia harus bertarung melawan tokoh protagonis game tersebut yang kemampuan tempurnya tidak sembarangan. Jika berhasil mengalahkan ataupun kalah, masing-masing mengarah ke akhir cerita yang lain lagi.

Tiga akhir cerita baru ini tidak mengubah pakem akhir cerita kingdom hearts III. Yang sedang menghilang tetap saja menghilang. Untuk mengetahui kelanjutan nasib mereka, para penggemar harus menantikan kingdom hearts IV entah berapa tahun lagi. Skenario pertama mengajak pemain mengenal lebih jauh lagi tentang Organization XIII. Skenario kedua adalah tantangan melawan musuh-musuh lama yang diperkuat. Skenario ketiga membuat pemain mempertanyakan batas kenyataan dan impian.

Bagi yang sudah menamatkan kingdom hearts III, membeli versi Re: Mind sebenarnya bukan keharusan. Apalagi, diperlukan usaha yang lumayan untuk menyelesaikan versi ekspansi ini, terutama skenario keduanya. Tapi, tambahan yang ditawarkan memang menggoda, sebanding dengan berbagai seri sampingan untuk mesin portabel yang dirilis antara kingdom hearts II dan kingdom hearts III. Entah apakah Square Enix masih akan memberikan ekspansi berikutnya. Tetapi, menurut jadwal, semestinya mereka sedang menggarap kingdom hearts III untuk mesin Switch. (c20/ray)

Tadinya kunoichi (ninja perempuan) dari final fantasy VII ini tak direncakan tampil dalam Kingdom Hearts. Ia menggantikan Rikku, gadis dari final fantasy X, yang terpaksa diganti karena kemiripan nama dengan Riku. Kemiripan gestur antara Yuffie dan Rikku membuat Yuffie bisa terlibat dalam petualangan Sora dan kawan-kawan.

Karena serial kingdom hearts membidik penggemar game perempuan, sangat wajar jika si tampan dari final fantasy VIII ini disertakan. Lagi pula, senjata andalan Squall sangat mirip dengan keyblade milik Sora sehingga keterkaitan ceritanya mudah dibuat.

OK, yang ini bukan dari Final Fantasy. Tetapi, peri penolong Cinderella ini juga absen sejak penampilannya dalam kingdom hearts seri pertama dan Kingdom Hearts: Birth by Sleep. Kali ini, ia memberikan petunjuk penting kepada Riku.

Selama Gummi Ship jadi wahana utama penjelajahan dunia Kingdom Hearts, selama itu pula peran Cid dibutuhkan. Ahli teknik ini masih tampil dengan kostum eksklusif Kingdom Hearts-nya yang sangat berbeda dengan kostumnya dalam final fantasy VII.

RELATED ARTICLES

Please read the following article