Are You a Zetizen?
Show Menu

Good Letter, Better Scores

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 13 Dec 2022
Good Letter, Better Scores

Zetizen-Bahasa bisa jadi salah satu mata pelajaran yang membosankan bagi kamu. Tetapi, bagaimana dengan permainan kata? Di zaman sekarang, banyak banget permainan kata yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu dan tentu bisa memperkaya kosakata dengan cara yang menyenangkan. Seperti apa sih? (c20/kch)

Untuk kamu yang sudah akrab dengan beberapa permainan papan, codenames pasti sudah tidak asing lagi. Dirancang desainer Vlaada Chvátil, codenames menuntut salah satu anggota tim memberikan clue agar rekan timnya dapat menebak beberapa kata kunci untuk menambah poin tim. Karena itu, codenames dapat dimainkan paling sedikit empat orang.

Permainan klasik ini ternyata diciptakan Alfred Mosher Butts, arsitek New York, pada 1933 dan masih populer karena dianggap sebagai ’’leluhur’’ permainan kata masa kini. ’’Q adalah huruf yang jarang muncul dalam teks berbahasa Inggris, maka kita hanya punya 1 tile dan tile tersebut bernilai 10,’’ ujar John Chew selaku co-president North American Scrabble Players Association (NASPA) dilansir dari situs mentalfloss.com.

Boggle adalah permainan kata dengan 16 dadu acak bertulisan huruf. Setiap pemain harus menuliskan kata-kata apa saja yang dapat mereka buat dari huruf-huruf tersebut. Dilansir dari channel YouTube Tech Dummies, Narendra Gowda mengungkapkan bahwa Facebook menggunakan boggle sebagai salah satu tes interview mereka. Pelamar harus menemukan semua kombinasi kata yang mungkin dari sekali acakan permainan boggle.

Zetizen-Dari begitu banyak pilihan boardgame berbasis kata-kata, ada macam-macam tantangan yang harus kamu lalui untuk menjadi pemenang. Apa aja sih trik yang harus kamu tahu kalau melakukan permainan kata semacam scrabble? Yuk, kepoin! (ncl/c20/kch)

Gudang Kosakata

Yap! Penuhi imajinasi dengan berbagai pilihan kata, kamu bisa coba dengan membaca buku atau menonton film tanpa subtitle. Perlahan-lahan, kamu akan memiliki banyak kosakata baru yang bisa membantu memecahkan berbagai huruf atau kata acak.

Kenali Sifat dan Karakter Suatu Kata

Tidak hanya memperkaya kosakata, kamu perlu mengerti kode-kode yang diutarakan lawan bermain. Kode-kode yang dilontarkan biasanya berkaitan dengan kata-kata yang seharusnya dipilih seperti sifat, karakteristik benda, maupun tempat. Kalau kamu sudah tahu hal-hal ini, peluang kamu untuk bisa cepat menebak dan menang semakin besar, loh!

Diskusikan Pilihan yang Tepat

Beberapa permainan kata-kata membutuhkan diskusi yang cermat bersama rekan tim. Nah, dengan chemistry dan pemikiran yang sejalan, tim kamu bisa dengan mudah memenangkan permainan. Cocok banget kan, buat kamu mainkan bersama dengan saudara atau teman-teman dekat?

RELATED ARTICLES

Please read the following article