Are You a Zetizen?
Show Menu

Hidupkan Dunia Para Mainan

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 15 Dec 2022
Hidupkan Dunia Para Mainan

Zetizen-Dunia mainan memang tidak pernah berhenti untuk berevolusi. Sampai-sampai muncul banyak mainan yang dapat berinteraksi langsung dengan sang pemiliknya. Yap, beberapa animatronik memiliki kemampuan secanggih itu. mainan yang dapat bergerak dengan tenaga listrik tersebut nggak pernah berhenti membuat para penggemar mainan itu berdecak kagum. Penasaran ada apa saja? (c12/kch)

Hasbro’s Baby Yoda

Siapa yang nggak kenal karakter yang satu ini? Setelah kemunculan serial The Mandalorian, Baby Yoda benar-benar menjadi hal yang mengguncang internet. mainan yang dirilis pada Maret 2020 itu dapat bergerak dan mengeluarkan suara layaknya Baby Yoda. Jangan bingung kalau si kecil mulai menutup mata dan mengangkat salah satu tangannya karena dia sedang menggunakan force-nya!

Paro

PARO adalah Boneka anjing laut lucu rilisan AIST, salah satu pelopor industri otomasi di Jepang, yang dapat merespons usapan tangan sang pemilik. ”PARO dibuat agar dapat menenangkan orang-orang yang merasa stres, biasanya para lansia. Dengan PARO, mereka dapat tenang, tersenyum, dan merasa nyaman,” ujar Takanori Shibata, salah seorang peneliti dari AIST, saat dilansir dari kanal YouTube Ikinamo, channel tentang penemuan-penemuan Jepang masa kini.

Babble Budz

Mainan berbulu yang satu ini memang imut dan menggemaskan! Mereka bisa menirukan suaramu dengan 3 jenis bunyi. Mereka juga bisa berjalan maju dengan gerakan yang unik. Babble Budz mempunyai 8 varian karakter, mulai beruang hingga unicorn. mainan ”peliharaan” lucu itu bisa kamu bawa pulang dengan harga USD 20 saja, lho!

Marscat

Pernah kepikiran untuk punya peliharaan kucing, tapi malas untuk merawat atau takut mengotori rumah? Marscat membuat kamu punya peliharaan kucing yang super canggih! Dia bakal berjalan ke arahmu layaknya kucing biasa saat kamu memanggil namanya. Dia juga bisa berinteraksi dengan barang-barang yang kamu beri di lingkungan sekitarnya. Super lucu!

Serba-serbi Perkembangan Boneka Bertenaga Robot

Zetizen-Buat kalian yang memahami dunia robotik, nggak ada salahnya kenalan sama yang satu ini. Animatronik merupakan suatu perangkat robot yang dibuat mirip dengan makhluk hidup. Uniknya, dia bisa digerakkan dan bergaya seperti benda aslinya, lho! Seperti apa sih awal kemunculan animatronik dan apa aja yang bikin dia layak buat dikenal lebih jauh? Check it out!

Hasil animatronik sering dilihat di dunia nyata, lho. Misalnya, karakter-karakter dinosaurus di film Jurassic Park ataupun Baby Yoda. Karakternya bisa dibuat menjadi makhluk hidup apa pun. Mulai rekaan manusia, monster, tumbuhan, hingga makhluk hidup lain. Namun, di dalamnya disematkan mesin sehingga menyerupai robot.

Menilik sejarahnya, animatronik memiliki sejarah lucu di Amerika. Mereka bisa terlihat kikuk dengan wujud yang dibentuk sebagai robot doppelganger Abraham Lincoln di Disneyland pada 1965-an.

Saat membuat Mr Lincoln, para insinyur terus-menerus bekerja untuk menciptakan Lincoln yang lebih mirip dengan aslinya. Para pembuat desain selalu membandingkan dengan 26 foto asli dan topeng untuk menciptakan kembali gerak-gerik sang presiden ke-16 Amerika Serikat itu. Kemudian, para insinyur menemukan cara untuk menangkap otot-otot wajah dengan menggunakan 16 motor mini-micro yang mendorong dan menarik kulit silikon dengan rapi.

Sekarang sebuah perusahaan robotika baru mulai mengambil target untuk menciptakan talking toy, tetapi dengan sentuhan yang unik. Wetwire Robotics yang berbasis di Texas menggabungkan teknologi animatronik dengan speaker canggih dan asisten digital untuk memproduksi Lexa Bear, Boneka beruang yang bisa bicara dirancang untuk disinkronkan dengan perangkat Alexa Amazon atau asisten digital yang berkemampuan bluetooth apa pun.

Nggak kalah menarik, animatronikBaby Yoda juga berhasil mencuri perhatian. Nggak heran kalau pembuat mainan terkemuka, Hasbro, memberikan sesuatu yang spesial dengan replika animatronik Baby Yoda itu. Siapa yang nggak menginginkan teman yang imut dan menyenangkan? Baby Yoda tersebut terlihat realistis seperti dalam aksinya di serial The Mandalorian. Baby Yoda juga lengkap dengan mata terkulai, suara berisik, dan akhirnya mendengkur saat tidur. (ncl/c12/kch)

RELATED ARTICLES

Please read the following article