Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini Kunci Kesuksesan Game Tahu Bulat Geser Clash of Clans

Zetizen Zetizen 30 May 2016
Ini Kunci Kesuksesan Game Tahu Bulat Geser Clash of Clans

 

‘Tahu bulat, digoreng dadakan, di mobil, lima ratusan, gurih.. gurih.. gurih... nyoii’

 

Zetizen.com – Siapa sangka, jingle sederhana diatas ternyata berhasil membuat sebuah game karya anak bangsa berjudul tahu bulat melesat ke peringkat satu kategori top free di Google Play Store? Terinspirasi dari boomingnya jajanan tahu bulat yang baru baru ini juga sedang populer, permainan karya Own games ini bahkan berhasil merebut ‘tahta’ yang selama ini dipegang game populer clash of clans (CoC) di Google Play Store. Keren kan! Tapi, kok bisa ya? Well, ini rahasianya. (aw/giv)

 

Peka Pasar

Meski baru di rilis pada bulan April lalu, game besutan developer lokal ini telah memuncaki charts top free di Playstore dengan total download hingga 500.000 lebih.

Selidik punya selidik, kesuksesan itu rupanya berawal dari kepekaan tim developer pada situasi yang sedang booming di masyarakat. Saat diwawancara seputar kesuksesan game buatannya tersebut, Eldwin Viriya pemilik dari Own games sendiri mengaku game tahu bulat bermula dari masukan pengunjung di acara pasar komik Bandung pada 7 Mei tahun lalu.

“Waktu itu lagi rame-ramenya bahas makanan. Nah, kebetulan kami emang ada konsepan buat game itu (tahu bulat). Akhirnya kami coba tawarkan ke pengunjung yang datang, eh banyak yang suka,” Ujar Edwin.

Berangkat dari situ, game yang semula masih berupa prototype tersebut langsung dikebut pengerjaannya hingga jadi versi rilis hanya dalam satu minggu. Wow!

 

Kerja Keras

Tahukah kamu, ternyata tim developer tahu bulat hanya berjumlah dua orang. Iya, dalam pengembangannya, Eldwin hanya dibantu oleh adiknya seorang. “Awalnya, tim kami ada 6 orang. Tapi sekarang yang aktif tinggal dua,” ujar lulusan teknik informatika universitas Parahyangan Bandung tersebut.

Namun, jumlah tim yang hanya dua orang itu nggak lantas menghentikan langkahnya untuk terus bekerja keras dan berdedikasi pada pekerjaannya. And voila! Hasilnya memang nggak mengecewakan. Di usianya yang baru berkisar satu bulan, tahu bulat sudah berhasil menggeser posisi game ‘sejuta umat’, clash of clans di puncak kategori Top Free.

 

Terus Update

Di zaman yang serba cepat ini, eksisme suatu produk emang ditentukan oleh kemampuannya beradaptasi. Nggak heran, kalau sebagai developer, Eldwin pun terus mengupdate game nya dengan berbagai fitur baru yang bisa meng-enhance alur permainan.

“Kami banyak dapat masukan buat nambah lokasi baru. Akhirnya update 15 Mei lalu kami coba tambah beberapa lokasi di Jakarta (kedalam game),” Ujar cowok yang sudah mulai serius menggarap game sejak 2011 ini. Nantinya, selain penambahan lokasi, tahu bulat juga akan mendapat berbagai pengembangan dan fitur fitur baru.

RELATED ARTICLES

Please read the following article