Are You a Zetizen?
Show Menu

Mainkan Ceritamu dengan RPG Figurine

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 30 Nov 2022
Mainkan Ceritamu dengan RPG Figurine

Zetizen-Main game RPG pasti terasa kurang lengkap kalau nggak ada wujud yang mewakili karakter kita, dong? Namanya aja ’’roleplaying’’. Karena itu, nggak sedikit para pemain TRPG atau Tabletop Role-Playing Games yang membuat karakter mereka dalam wujud figurine! Keren, kan?

Sejak kemunculan Dungeons & Dragons atau biasa disingkat D&D, dalam salah satu serial Netflix yang cukup populer, Stranger Things, nama Tabletop Role-Playing Games kembali melejit. Nggak cuma membawa TRPG dan D&D, Stranger Things juga nggak melupakan figur-figur yang digunakan untuk memerankan karakter mereka dalam permainan.

figur-figur tersebut digunakan dalam permainan hanya untuk memperindah tampilan? Dalam film atau serial TV, mungkin. Namun, menurut Lewis Pulsipher, penulis buku game Design: How to Create Video and Tabletop Games, Start to Finish, avatar (figurine) adalah entitas yang menggambarkan tindakan pemain dalam game. Kalau entitas tersebut hilang, artinya karakter sang pemain mati dan pemain tersebut kalah.

Jadi, seberapa penting adanya Figurine dalam satu permainan TRPG? Sam Liberty, co-founder Extra Ludic, badan konsultan game berbasis di Boston, Massachusetts, mengungkapkan bahwa RPG mempunyai satu elemen penting, yaitu sang pemain membuat keputusan bagi karakternya, masuk ke peran tersebut, dan berperan seakan-akan mereka adalah karakter itu. Dalam kata lain, Figurine bisa banget menghidupkan elemen tersebut. (c20/kch)

Your character Your Figurine

PENTING atau nggaknya ada figur RPG yang menemani petualangan kita memang bergantung pemain sendiri. Meanwhile, nggak ada salahnya kalau kamu mau coba bikin figur RPG-mu sendiri. Kedengaran susah? Not really. Kamu selalu bisa mulai kapan pun, kok. Nih, Zetizen bocorin caranya! (c20/kch)

STEP 1 – GAMBAR

Sebelum membuat figur RPG, kamu perlu tahu dulu bagaimana karaktermu nanti. ’’Biasanya kita lihat setting campaign-nya. Yakni, futuristik, medieval, atau campuran. Ada unsur magic-nya atau tidak. Ada teknologinya atau nggak. Setelah itu, baru digambar sesuai keinginan,” ujar Megi, salah satu anggota D&D Komunitas Roleplay Surabaya (KoRoSu)

STEP 2 - 3D DESIGN

Untuk mengetahui bentuk Figurine kita nanti, pasti gambar yang kita buat harus didesain dalam bentuk tiga dimensi. Karena step ini dapat dibilang paling susah, nggak jarang orang-orang memilih memesan desainnya kepada para 3D artist. Meskipun begitu, kamu tetap bisa coba membuat desain sendiri, kok! Beberapa aplikasi 3D design yang gratis seperti Blender cukup mumpuni untuk membuat desain tiga dimensi.

STEP 3 – PRINTING

Biasanya, di step ini kamu bakal mencari jasa 3D printing yang bagus dan tepat. Pencetakan 3D yang baik dapat menambah detail-detail kecil dalam karaktermu dan membantumu saat proses pengecatan nanti. ’’Disarankan menggunakan bahan liquid photopolymer resin untuk bahan printing-nya agar karakter kita ending-nya nggak kehilangan detail kecil yang rumit,” ungkap Megi.

STEP 4 – PAINTING & FINISHING

Di tahap ini, kamu bakal mengecat dan menambah detail pada figur 3D-mu agar terlihat lebih kece dan siap dipakai bermain. ’’Umumnya sih, pakai cat akrilik dengan kuas yang paling kecil. Mungkin ukurannya sekitar 0,1. Nah, untuk penambahan tekstur, bisa pakai sponge cuci,’’ tutur Megi.

RELATED ARTICLES

Please read the following article