Are You a Zetizen?
Show Menu

Kuman Yang Berkembang Saat Kamu Lupa Potong Kuku

Amanda Bestari Amanda Bestari 02 Mar 2017
Kuman Yang Berkembang Saat Kamu Lupa Potong Kuku

Zetizen.com - Sering kali kita mengabaikan kuku yang udah panjang dan kadang ngga sempat untuk potong kuku. Belum lagi keajaiban  gunting kuku yang susah dicari saat dibutuhkan membuat kuku panjang kita makin terbengkalai.  Memang masalah sepele, tapi apa kalian tau bahwa didalam kuku mengandung banyak kuman penyebab penyakit yang berbahaya bagi tubuh? Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang susah disembuhkan. Lalu kuman apa aja yang hidup dikuku dan tangan kalian?

  1. Cacing Gelang

Cacingan merupakan penyakit yang paling umum bila kita ngga rajin memotong kuku. Cacingan yang dialami, biasanya disebut askariasis yang diakibatkan oleh cacing gelang atau Ascaris lumbricoides.  Cacing ini biasanya hidup disela-sela kuku yang panjang dan jika kita memasukkan makanan kedalam mulut cacing gelang akan masuk dan merusak pencernaan kamu. Karena dia akan menyerap protein dan karbohidrat dari makanan kamu. Yang lebih serem dia juga bisa masuk kedalam aliran darah menuju paru-paru.

  1. Infeksi Kuku

Paronychia, merupakan infeksi kulit yang umumnya disebabkan jamur maupun bakteri disekitar kuku. Gejalanya bisa berupa bengkak atau gatal kemerahan yang terjadi secara tiba-tiba. Jika tidak segera ditangani, gejala ini akan bisa berlangsung lama dan bikin bengkak jari-jari tangan, tapi ada juga yang bisa hilang dengan sendirinya.

  1. Bakteri Shigella

Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan ini bakal muncul jika kamu ngga cuci tangan dengan bersih setelah buang air besar. Eiitttss, apa cuci tangan aja cukup? bakteri ini juga bakal sembunyi disela-sela kuku yang sulit dijangkau. Jadi usahakan potong kuku kamu ya.

  1. Bakteri Streptococci

Hati-hati saat memasukkan makanan kedalam mulut, karena bakteri Streptococci ini bisa jadi hidup ditangan kalian dan bersembunyi disela-sela kuku kamu. Maka dari itu jangan lupa cuci tangan sebersih mungkin sebelum makan agar bakteri ini ngga masuk kemulut dan bikin peradangan ditenggorokan.

  1. Kuman Haemophilus

Kebiasaan sebagian orang yang suka mengambil kotoran dihidung dan tidak cuci tangan membuat kuman ini hinggap diujung jari kita. Menyebabkan batuk dan flu jika kita tidak segera membersihkannya. Sepele memang, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ternyata, banyak kuman hidup dikuku dan tangan yang ngga kita ketahui bahayanya bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu rajin-rajin potong kuku dan jangan lupa menyimpan benda keramat, si pemotong kuku ditempat yang mudah ditemukan agar kita ngga menunda-nunda potong kuku saat kuku udah mulai panjang.  Juga wajib cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas.

Hati-hati dalam memotong kuku. Meskipun bisa membuat kuku jadi bersih dan rapi, menurut  penelitian, bakteri dan kuman terkadang masih menyisa disela-sela kuku walaupun kuku sudah dipotong. Untuk itu, pastikan pemotong kuku kalian dalam keadaan bersih sebelum menggunakannya. Dan cuci tangan dengan sabun agar bakteri penyebab penyakit hilang seketika.

RELATED ARTICLES

Please read the following article