Are You a Zetizen?
Show Menu

Bolehkah Berolahraga Ketika Puasa? Ini Penjelasannya!

Zetizen Zetizen 16 Jun 2016
Bolehkah Berolahraga Ketika Puasa? Ini Penjelasannya!

 

Zetizen.com - Nggak kerasa ya guys, sekarang udah memasuki minggu kedua bulan Ramadhan. Walau badan nggak menerima asupan seharian, ternyata tubuhmu tetap butuh olahraga secara rutin lho. Menurut Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga, dr. Mariani Roizari Sp.KO, olahraga tetap boleh dilakukan ketika berpuasa asalkan dilakukan pada waktu yang tepat.

Puasa terkadang memberi efek lemas pada tubuh karena tidak mendapat asupan nutrisi selama hampir 14 jam. Dalam kondisi demikian, olahraga yang menguras energi akan membuat tubuh makin kekurangan cairan tubuh. Makanya, kamu disarankan berolahraga di waktu menjelang berbuka. “Waktu yang tepat adalah sore hari sebelum berbuka. Karena tidak lama kemudian kan waktu berbuka, sehingga cairan tubuh bisa segera tergantikan,” ujar Mariani yang juga Wakil Pimpinan Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas ini.

Tapi, nggak ada salahnya kok jika berolahraga malam hari setelah buka puasa.  Kondisi perut yang terisi akan membuatmu makin maksimal berolahraga. “Tapi sebaiknya ada jeda setelah makan selama 2 jam,” jelas dr. Mariani.

Well, waktu berolahraga ini juga harus disesuaikan dengan kondisi badan kalian. Jika kamu udah terbiasa berolahraga agar badan terasa segar, sebaiknya ambilah waktu sebelum berbuka. But, jika olahraga bertujuan menambah masa otot dengan olahraga yang berat, maka ambilah waktu setelah berbuka. “Intinya, jangan memaksakan diri berolahraga berat jika belum terbiasa,” tambah Mariani.

Fyi, jenis olahraga apapun ternyata boleh kamu lakukan. Seperti push up, jogging, bersepeda, dan latihan otot sederhana lainnya. Dengan syarat, intensitasnya dikurangi. "Idealnya, olahraga cukup dengan 20 hingga 60 menit ketika dalam kondisi berpuasa," tutup Mariani. (afk/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article