Zetizen.com - Buat kamu yang pengin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Singapura punya tawaran beasiswa buat tahun ajaran 2016-2017 nanti loh. Dinamai ASEAN Scholarship for Indonesia, beasiswa ini disediakan bagi lulusan SMP yang ingin lanjut SMA di Singapura juga, guys! Kalau kalian tertarik, ikutin 5 step pendaftaran dibawa ini ya!

 

Step 1: Cek Persyaratan
Persyaratan:
1. Warga Negara Indonesia
2. Lahir pada 2000-2002
3. Sedang menempuh kelas 3 SMP dan telah mengikuti ujian akhir nasional (UAN)
4. Memiliki prestasi cemerlang di sekolah
5. Mahir berbahasa Inggris dan berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

Step 2: Siapkan Berkas Penting
Data yang diperlukan:

  • Latar belakang pendidikan
  • Nilai rapor sekolah dua tahun terakhir
  • Latar belakang keluarga
  • Prestasi di luar sekolah dalam dua tahun terakhir
  • Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dua tahun terakhir

Step 3: Catat Jadwal Penting

Jadwal Beasiswa ASEAN 2017:
Periode Pendaftaran               : 27 Mei – 29 Juni 2016
Seleksi tes                               : Akhir Juli 2016
Seleksi wawancara                  : pertengahan September 2016
Pengumuman pemenang         : Akhir September 2016
Kedatangan ke Singapura       : Akhir Oktober 2016

 

 

Step 4: Yuk Segera Apply!

Pendaftaran Beasiswa ASEAN untuk Indonesia dilakukan secara online dengan melengkapi formulir beasiswa ASEAN 2017 di sini. Lalu, buat akun untuk mengajukan aplikasi. Siapkan data atau dokumen yang dibutuhkan di atas dan kirim paling lambat 29 Juni 2016. Kendala teknis pendaftaran bisa Anda sampaikan ke pusat layanan customer +65 6872 2220.

 

Step 5: Siap ikut Seleksi

Bagi kandidat yang masuk short-listed akan berkesempatan untuk mengikuti tes dan wawancara. Pemberitahuan mengenai tes bakal disampaikan paling lambat seminggu sebelum tes berlangsung. Seleksi tes dan wawancara untuk menjaring kandidat dilakukan di beberapa kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Singapura.

Nah, udah paham kan? Beasiswa ini nantinya diberikan selama 4 tahun. Dua tahun pertama untuk mengambil secondary school atau setingkat SMA. Sisanya untuk pre university di junior college Singapura. Seluruh penerima beasiswa akan memulai sekolah di tingkat secondary 3 atau kelas 3 SMP. Setelah menyelesaikan tingkat empat diikuti dengan ujian GCE O-level. Finally, setelah dua tahun menjalani pre university diikuti ujian GCE A-level deh.

Banyak banget fasilitas serta tunjangan yang bakal kalian dapat. Mulai dari tunjangan tahunan sebesar 2.200 dolar Singapura atau sekira 21 juta rupiah, biaya asrama sebesar 400 dolar Singapura atau sekira 3,9 juta rupiah, tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura serta tanggungan biaya sekolah. Selain itu penerima beasiswa juga akan dapat unjangan berupa subsidi fasilitas kesehatan dan asuransi kecelakaan loh. Tertarik buat daftar? (dhs/sam)

Share
Create Your Own Article!